Trending News

Blog Post

Creativedisc Exclusive Interview with MXMTOON: Cerita Pengalaman Hidup Kutuangkan dalam Laguku
Artist Interviews

Creativedisc Exclusive Interview with MXMTOON: Cerita Pengalaman Hidup Kutuangkan dalam Laguku 

Tidak semua orang tahu MXMTOON, tapi jangan salah, musisi satu ini terbilang musisi yang sangat produktif, terbukti dari puluhan single, beberapa EP, dan 1 album telah dia rilis. Bernama asli Maia, MXMTOON adalah musisi asal Amerika Serikat. Sejak tahun 2017, MXMTOON sudah mulai merilis lagu-lagunya yang sebenarnya didasarkan pada kisah hidupnya sendiri. “Lagu yang aku ciptakan memang berdasarkan pengalaman dimana aku merasa sedang di posisi ‘bawah’ atau ‘atas’ saat itu. Aku cuma ingin menulis lagu yang setidaknya menceritakan pengalaman setia orang yang pernah mereka juga rasakan setidaknya sekali dalam kehidupan”, jelas Maia saat Creativedisc mendapatkan kesempatan untuk ngobrol dengannya beberapa waktu lalu.

Seperti yang dibilang sebelumnya, Maia termasuk musisi yang produktif. Baru saja merilis album berjudul “The Masquerade” yang berisi 20 lagu, kini dia baru saja merilis EP terbarunya yang berjudul “dawn” yang berisi 7 lagu di dalamnya. Memang, tidak ada alasan pasti kenapa Maia memutuskan untuk se-segera mungkin merilis track terbarunya. Tapi, dia menjelaskan kalau dia ingin pendengarnya tetap bisa keep up dengan apa yang sedang dia senangi atau kerjakan. “Memang aku langsung mengerjakan beberapa lagu setelah merilis album. Jadi, ini semacam menjaga momentum dari MXMTOON dengan musik-musik terbaru, dan hal-hal terbaru apa yang sedang aku kerjakan ke pendengarku”, katanya. Sempat tampil dalam konser virtual milik 88Rising berjudul “Asia Rising Forever”, MXMTOON membawakan 1 lagu cover milik Rex Orange County yang ternyata merupakan Idolanya sejak dulu. Bahkan, dia bermimpi untuk bisa berkolaborasi dengan Rex. Tidak hanya Rex Orange County, ternyata Maggie Rogers juga menjadi idolanya. “Aku bahkan mungkin bisa mati kalau ada di satu ruangan bareng mereka walau hanya untuk ngobrol saja”, ujarnya sambil bercanda.

Dikulik mengenai musisi, Maia sempat menyebutkan Artic Monkeys, The Black Keys dan Sufjan Stevens sebagai musisi yang menjadi inspirasinya dalam bermusik. Hal ini ternyata Artic Monkeys dan The Black Keys adalah 2 band pertama yang ‘dikenalkan’ oleh orang tua Maia padanya saat kecil. Itulah yang akhirnya membuat Maia terinspirasi. Sementara Sufjan Stevens, Maia menganggapnya sebagai seorang musisi yang lagu-lagunya mampu beresonansi dengannya. “Aspek sedih dari lagu-lagunya aku suka. Sebagai musisi sekarang, aku bisa merasa bagaimana dia (Sufjan Stevens) mempengaruhiku dalam bermusik”, kata Maia.

Dengarkan interview Creativedisc bersama Maia a.k.a MXMTOON lewat podcast di bawah ini. Dalam interview, Maia juga menyebutkan 5 hal yang tidak pernah diketahui oleh para fansnya, selain juga bagaimana statusnya sebagai musisi Asian American mempengaruhinya dalam bermusik.

Teks & Interview by Dundhee Yuwono

Related posts

Leave a Reply