Inilah 10 Musisi Yang Membenci Lagu Hit Mereka

Oleh: welly - 28 Aug 2021

Sebagai seorang musisi, pastinya mereka punya sebuah ‘signature song’, atau sebuah lagu hit yang menjadi ciri khas mereka. Tapi ternyata tidak semua musisi itu menyukai lagu itu. Dilansir dari officialcharts.com berikut ini daftar 10 musisi yang ternyata membenci lagu hit mereka:

10. Selena Gomez – Come & Get It

Dirilis pada tahun 2013, ‘Come and Get It’ merupakan single solo debutnya dari album “Stars Dance” selepas dirinya keluar dari band, Selena Gomez & The Scene. Lagu ini menjadi global hits dan berada di 10 besar Billboard Hot 100 dan UK Official Charts. Tapi ternyata Selena mengaku bahwa dirinya merasa kesulitan membawakan lagu ini secara live. Dikutip dari Entertainment Weekly, Selena mengaku bahwa lagu yang diproduseri Stargate ini seperti bukan lagu miliknya, ini seperti lagu Rihanna. (Memang benar, lagu ini sebenarnya ditulis untuk Rihanna, namun diberikan kepada Selena).

9. Kanye West ft Jamie Foxx– Gold Digger

Salah satu lagu hit dari Kanye West, ‘Gold Digger’ yang rilis pada tahun 2005 ini menjadi #1 di Billboard Hot 100 dan #2 di UK Official Charts. Dengan mengambil sample lagu ‘I Got a Woman’ dari Ray Charles, lagu ini memang tidak terbantahkan punya hook yang catchy. Namun, rapper yang ingin mengganti namanya menjadi ‘Ye’ ini mengaku kepada Zane Lowe di tahun 2017, bahwa sejatinya dia tidak suka lagu ini, namun tetap dibawakan karena menghasilkan uang. Now, who’s the gold digger?

8. Madonna – Holiday & Like A Virgin

Dengan karir selama 4 dekade, pastinya kita tahu dengan lagu-lagu hit yang membesarkan nama Madonna di awal karirnya. Di wawancaranya bersama radio Z100 pada tahun 2008, dirinya mengaku sudah muak dengan lagu ‘Holiday’ dan ‘Like A Virgin’. Menurutnya dirinya tidak akan pernah membawakan lagu ini lagi, kecuali dibayar 30 juta USD, atau sekitar 450 miliar rupiah. Tapi, ternyata Madonna sempat membawakan ulang lagu ini pada tur Rebel Heart di tahun 2015-2016 dengan versi baru tentunya.

7. Britney Spears – Sometimes

Selain ‘…Baby One More Time’, salah satu lagu ikonik Britney Spears adalah ‘Sometimes’. Ternyata sang popstar ini sempat lupa membawakan lagu ini di tur Onyx Hotel pada tahun 2003 lalu. Sambil melambaikan tangan ke penonton dirinya mengaku bahwa dirinya belum menyanyikan lagu ini, tapi sejujurnya, aku tidak pernah suka lagunya. Ouch!

6. Radiohead – Creep

Nama Radiohead selalu identik dengan single debut mereka, ‘Creep’ yang walau tidak begitu sukses di tangga lagu dunia, namun menjadi lagu ikonik mereka. Sang member, Johnny Greenwood mengaku sempat mencoba merusak lagu ketika rekaman dengan memainkan gitarnya secara sangat kerasa pada bagian bait. Lagu ini dirilis ulang tahun 2021 dengan versi baru dari Thom Yorke feat. Radiohead "Creep" (Very 2021 Rmx).

5. Paramore - Misery Business

Dirilis pada tahun 2007, ‘Misery Business’ diambil dari album kedua Paramore, “Riot!”. Sayangnya, sang vokalis, Hayley Williams mengumumkan di sebuah konser mereka di Nashville, bahwa mereka tidak akan membawakan lagu ini setelah dikritik bahwa liriknya anti-feminis.

4. Demi Lovato – Give Your Heart A Break

Di sebuah sesi wawancara bersama Latina Magazine di tahun 2016, Demi sempat mengatakan dirinya tidak peduli dengan hit radio karena cepat bosan ketika menyanyikannya selama tur. ‘Give Your Heart A Break’ dan ‘Confident’ merupakan lagu yang sudah bosan dinyanyikannya. Sementara ‘Stone Cold’ merupakan lagu favorit Demi.

3. Nirvana – Smells Like Teen Spirit

Siapa yang tak kenal dengan lagu anthem Generation X ini? Ternyata Kurt Cobain sudah muak dengan lagunya. Dalam sebuah wawancara dengan Rolling Stone pada tahun 1993, Kurt mengaku bahwa orang-orang terlalu fokus dengan lagu itu yang sudah tertanam di otak mereka dan dirinya ingin melempar gitar dan pergi.

2. R.E.M. – Shiny Happy People

Lagu ini awalnya direkam sebagai lelucon oleh R.E.M. setelah sang label meminta band ini untuk membawakan lagu yang bahagia dan up-tempo. Kemudian mereka merilis ‘Shiny Happy People’ yang ternyata menjadi hit. Namun tidak semua orang bahagia, terutama sang vokalis Michael Stipe. Kepada BBC pada tahun 2016, dirinya mengaku, “jika ada satu lagu yang dikirim ke luar angkasa untuk mewakili R.E.M. untuk sisa waktu, inilah lagunya, saya tidak ingin menjadi ‘Shiny Happy People’”.

1. Oasis – Wonderwall

Salah satu imej band legendaris asal Inggris, Oasis adalah ‘Wonderwall’. Lagu yang dirilis pada tahun 1995 dari album “(What's the Story) Morning Glory? “ ini ternyata tidak disukai oleh sang vokalis, Liam Gallagher. Menurutnya dirinya sudah tidak tahan dengan lagu sialan itu, setiap kali ke Amerika dirinya selalu ditanya, “Apakah kamu Mr. Wonderwall?”.

Yang terbaru di tahun 2021:

Jessie J, Ariana Grande, Nicki Minaj - Bang Bang

Kolaborasi 'Bang Bang' pada tahun 2014 ini memang menjadi hit global. Namun ternyata Ariana Grande sempat memberitahu di sebuah acara tanya jawab di Twitter pada tahun 2018 lalu, jelas bahwa dia tidak akan membawakan lagunya ini. Begitu juga dengan kasus terbaru, di mana Nicki Minaj yang ternyata dibayar label untuk menyanyikan bagian rap di lagu ini. Baca selengkapnya di link berikut.

welly
More from Creative Disc