Creativedisc Exclusive Interview with Justus Bennetts: Tantangan Terbesar Musikku Adalah Diriku Sendiri!

Oleh: dundhee - 03 Mar 2022

Perkenalkan musisi yang bisa jadi mengambil hati dan perhatianmu lewat musiknya yaitu Justus Bennetts. Musisi yang lahir di Seattle tahun 2000 ini sedang aktif-aktifnya dalam merilis musik-musik yang dia tulis. Yang terbaru merupakan kolaborasi bersama Gayle yang tekenal lewat single viral ‘abcdefu’ berjudul ‘Don’t Trip’. Di akhir tahun lalu, saat lagunya yang berjudul ‘Cool Kids’ juga viral di TikTok, Creativedisc mendapatkan kesempatan untuk ngobrol bersama musisi muda yang berbakat ini lewat zoom.

Saat diwawancara, Justus mengaku dirinya memang sudah menyukai musik sejak dulu. Tapi, dia tidak pernah menulis lagu sampai 7 tahun lalu. “Aku memang sangat menikmati musik sejak dulu tapi tidak pernah menulis lagu, setidaknya sampai 7 tahun lalu saat aku pindah ke Carolina Utara dari Seattle,” kisahnya. “Aku memilih musik karena itulah yang jadi passion dan hal yang ingin kulakukan sejak dulu. Apapun yang kulakukan, semuanya akan berakhir dengan aku menulis lagu,” lanjutnya.

Itulah kenapa, sejak awal pandemi melanda, Justus merasa dirinya memang harus fokus pada passion yang dari dulu ingin dia dalami, menjadi musisi. “Saat awal pandemi, aku merasa harus lebih fokus pada hal yang menjadi passionku sebenarnya. Itu juga adalah saat dimana aku merasa lebih percaya diri sebagai seorang seniman, sehingga aku akhirnya semakin mendorong diriku untuk melakukannya,” kata Justus. Keputusan ini, bagi Justus memang terbilang cukup berat, terlebih karena dirinya sendirilah yang menjadi penghalang.

“Diriku sendirilah yang menjadi penghalang karena aku terkadang merasa ragu akan diriku sendiri. Merilis musik juga terkadang membuka jalan untuk orang-orang merendahkanku atau musikku. Itulah tantangan yang kurasakan. Tentu, itu tidak terlalu besar jika dibandingkan oleh musisi lain. Tapi, hal tersebut benar-benar membawa pengaruh yang signifikan pada diriku. Untungnya, aku selalu mencoba untuk mengambil hikmah dari itu semua dan mendorong diriku lepas dari hal tersebut. Aku punya kepercayaan pada diriku dan itu sangat membantuku,” kisah Justus panjang.

Memiliki lagu yang viral di TikTok merupakan pengalaman yang merubahkan kehidupan Justus yang sebelumnya dia tidak pernah sangka. Diapun mengungkapkan bahwa dirinya bersyukur akan kesempatan tersebut, “Aku benar-benar tidak menyangka hal itu bisa terjadi, tapi aku bersyukur karena hal itu telah mengubah kehidupanku dan perspektifku tentang segala sesuatu.” Tidak bisa dipungkiri bahwa TikTok memegang peranan penting untuk dapat memberikan kesempatan musisi indie seperti Justus untuk mendapatkan tempat dan perhatian dari para pecinta musik. Ini jugalah yang dirasakan oleh Justus saat salah satu singlenya menjadi viral di TikTok. “Hal ini memang terasa gila tapi itu membuktikan bagaimana segala hal berubah dan bertumbuh. Menjadi musisi Indie sekarang ini adalah sesuatu yang jadi semakin mudah diakses tiap tahunnya. Terutama dengan perkembangan TikTok yang sekaligus memicu perkembangan industri musik yang membuat banyak orang bisa membuat musik mereka tanpa harus terikat dengan label rekaman,” jelas Justus.

Simak obrolan Creativedisc bersama Justus Bennetts lewat video di bawah ini:

dundhee
More from Creative Disc