Missy Elliott Raup Jutaan Dollar Dari Lagu Milik Bad Bunny, 'Safaera'

Oleh: admincd - 19 Mar 2022

Bad Bunny melakukan kesalahan besar saat merilis single berjudul 'Safaera' tanpa mendapatkan perizinan yang layak untuk track yang sarat dengan sampel tersebut. Lagu sempat tidak tersedia di platform streaming selepas DJ Playero mengajukan tuntutan hukum dengan tuduhan Bad Bunny melakukan pelanggaran hak cipta karena melakukan inkorporasi tak berizin untuk beberapa lagu sang DJ, 'Besa Tu Cuerpo', 'Chocha Con Bicho' dan 'Sigan Bailando' ke dalam 'Safaera'.

Tapi rupanya DJ Playero bukan satu-satunya musisi yang lagunya digunakan Bad Bunny tanpa izin. 'Safaera' juga melakukan sampel tak berizin untuk hits klasik Missy Elliott rilisan 2001, 'Get Your Freak On'. Selepas mengetahui jika lagunya digunakan tanpa izin, Missy pun melakukan tuntutan hukum kepada Bad Bunny dan pencipta lagu lainnya, Jowell & Randy, label Rimas Entertainment, dan produser DJ Orma Tainy.

Dalam sebuah wawancara kepada Molsuco TV, Jowell menyebutkan Missy meminta jutaan dollar sebagai kompensasi dan sebuah perjanjian yang muncul sebagai hasil negoisasi menyebabkan para penulis lagunya kini hanya mendapatkan royalti sebesar 1% saja, dengan sisanya yang bernilai jutaan dollar jatuh ke tangan Missy.

Jowell menyebutkan ia seharusnya memiliki lagu hits terbesar di sepanjang karirnya dengan 'Safaera', dan mendatangkan pundi-pundi besar kepadanya. Tapi karena kasus tersebut, maka hal itu pun batal terjadi. Di Spotify sendiri lagu telah distream sebanyak lebih dari 600 juta kali.

admincd
More from Creative Disc