CreativeDisc Exclusive Interview With Rasya: Solois Indonesia Baru Yang Ingin Banyak Bercerita

Oleh: luthfi - 12 Apr 2022

Penyanyi serta penulis lagu pendatang baru, Rasya ingin banyak bercerita lewat karyanya. Dirinya siap membawakan ceritanya meskipun ceritanya tidak berasal dari dunia nyata. Setelah ia merilis single perdananya berjudul “A Song About Craving You” yang berirama folk santai dan bercerita tentang hubungan jarak jauh yang harus ia jalani sekarang ia bercerita tentang cerita yang ia karang sendiri sebelum tidur agar bisa merasakan langsung sensasinya berjudul “Doux Escape”.

“Sebenarnya cerita lagu ini cukup aneh buatku juga karena lagu ini berdasarkan skenario buatanku sebelum tidur. Ini satu-satunya lagu yang liriknya ga nyata karena ini representasi keinginanku pada saat itu kepada seseorang dan jadilah lagu ini”, ungkap Rasya tentang lagu ini kepada CreativeDisc. Tema lagu yang sedikit absurd dan terkesan tidak nyata ini memang sedikit membingungkan jika dipahami melalui bahasa lisan, tetapi jika lagu ini didengarkan secara baik kita seperti dibawa langsung ke alam dunia mimpi yang sensual dan lembut lewat musik dan vokalnya.

Beruntung Rasya bertemu dengan produser Joseph Saryuf yang terkenal menjadi dedengkot shoegaze lokal dan menjadi otak dibalik duo dream pop/indie pop Santamonica yang terkenal di kalangan pecinta musik sidestream lokal di pertengahan 2000’an. Joseph meracik lagu ini dengan nuansa folk yang dreamy dan empuk, kepiawaiannya dalam membuat musik yang atmosferik membuat lagu ini terasa seperti lagu folk dan trip hop yang sering dibawakan oleh Moloko dan Feist. Rasya juga memiliki tipe vokal yang halus sehingga lagu ini menjadi sebuah pengalaman audio yang imersif dan membuai, cocok dengan tema lagunya tentang sebuah perjalanan mimpi. Bisa jadi vokal halus yang dibawakan Rasya ini akibat ia pernah menjalani studi banding di Perancis dan ia ditempatkan di desa kecil sehingga membuat vokal dan pengucapannya mempunyai sedikit aksen Perancis yang halus dan dreamy.

“Ketika aku di Perancis aku malah bukan tinggal di kota besarnya melainkan di sebuah pedesaan kecil dimana rumah keluarga yang aku tempati sering memutar lagu traditional folk dan country Perancis. Mungkin itu secara tidak sadar menjadi salah satu pengaruh terbesar dalam musikku juga.”, ungkap Rasya. Secara tidak langsung pengalamannya di Perancis ternyata membuat vokal Rasya menjadi terkesan sangat Eropa dan cocok dengan nuansa lagu yang ia bawakan. Ia juga mengatakan bahwa ia sebenarnya mempunyai banyak materi yang sudah ia tulis semenjak ia masih sekolah dan ia tidak sabar untuk mengeluarkan kata-kata yang pernah ia tulis menjadi sebuah lagu. “Mungkin aku pilih dulu kali ya tulisan mana yang pas buat lagu baruku soalnya banyak tulisannya itu pas aku masih sekolah jadi kaya takut ga relevan lagi sama akunya”, kata Rasya sambil tertawa.

Dengarkan “Doux Escape” di bawah ini:

Simak wawancara eksklusif CreativeDisc Bersama Rasya dimana kami bercerita soal “Doux Escape”, inspirasinya membuat lagu, pengalamannya di Perancis, bertukar rekomendasi lagu Perancis, serta keinginannya untuk membuat materi lebih banyak lagi di masa depan lewat video di bawah ini.

p>

luthfi
More from Creative Disc