Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya DEWA 19 : Ajang Konser Penuh Kejutan dan Nostalgia ala Dewa 19

Oleh: dundhee - 09 Feb 2023

Dewa 19 memang bisa dibilang merupakan salah satu band legenda di Indonesia karena karya-karyanya yang sangat everlasting. Tidak terasa bahwa band satu ini telah berkarier di Indonesia lebih dari 30 tahun lamanya. Dengan banyaknya perubahan dan penyesuaian personel, nyatanya nama Dewa 19 sampai sekarang masih dekat dengan para fansnya (Baladewa dan Baladewi). Oleh karena itu, saat tahun kemarin Dewa 19 mengumumkan akan mengadakan tour untuk memperingati 30 tahun mereka berkarya, sambutan meriah diberikan oleh para penikmat musik di Indonesia.

Tour Pesta Rakyat – 30 Tahun Berkarya Dewa 19 ini sebenarnya sudah diadakan tahun lalu di beberapa kota di Indonesia, dan sejatinya akan diadakan di Jakarta pada bulan November 2022 lalu. Namun, karena regulasi pemerintah untuk mengadakan konser saat itu diperketat, maka mau tidak mau konser tersebut digeser menjadi 4 Februari 2023 kemarin. Masih bertempat di Jakarta International Stadium, konser yang dipromotori oleh RedLine Kreasindo ini tidak main-main karena menghadirkan 4 vokalis dan 5 drummer dari Dewa 19.

Rundown dari konser dimulai sejak jam 5 sore dengan penampilan dari Mulan Jameela membawakan lagu-lagu hits yang sempat dia rilis dahulu. Walau masih baru penampilan pembuka dan Dewa 19 dijadwalkan baru akan tampil sekitar jam 7 malam, nyatanya Baladewa dan Baladewi benar-benar sudah memadati JIS saat itu. JIS terlihat semakin penuh dengan banyak orang, saat menjelang performance dari Dewa 19 akan dimulai. Setidaknya, berdasarkan klaim dari promotor, sebanyak 65 ribu orang memadati JIS untuk menyaksikan konser terbesar yang pernah diadakan oleh Dewa 19 ini.

Konser dimulai dengan menghentak oleh Marcello Tahitoe dan Virzha yang merupakan 2 vokalis baru Dewa 19. Kedua pria berambut gondrong tersebut membuka konser ini dengan single ‘Angin’. Semua lagu hits Dewa 19 dibawakan tanpa terkecuali selama konser ini. Vokalis yang bernyanyi akhirnya bergantian dari Marcello Tahitoe, Virzha, Once Mekel, untuk kemudian ditutup oleh Ari Lasso dengan single-single lawas Dewa 19.

Tidak terkecuali Ahmad Dhani yang juga turut menyanyikan single ‘Aku Cinta Kau Dan Dia’ juga ‘Sedang Ingin Bercinta’. Ada kejutan seru saat Ahmad Dhani menyanyikan lagu ‘Sedang Ingin Bercinta’, Ratu Dangdut Indonesia, Elvy Sukaesih ikut juga bernyanyi bersama Ahmad Dhani di lagu tersebut. Tidak sampai disana, Elvy Sukaesih juga bernyanyi duet bersama Mulan Jameela dan mengajak seluruh penonton ‘dangdutan’ malam itu.

Kejutan konser Pesta Rakyat tidak berhenti sampai disana saja, karena Trio Al, El, Dul yang tergabung pada band The Lucky Laki juga sempat tampil membawakan 3 lagu termasuk single ‘Superman’ dimana mereka bertiga berkolaborasi dengan anak dari Andra Ramadhan, Timur Zavier.


Selain The Lucky Laki, ada pula Andre Taulany yang ternyata menjadi tamu kejutan berikutnya di konser ini. Alih-alih membawakan lagu Dewa 19, Andre menyanyikan lagu hits dari band-nya yang terdahulu ‘Mungkinkah’. Lagu ini menjadi terasa kekinian karena telah sedikit di remix oleh Ahmad Dhani.

Tidak hanya penampilan Dewa 19 yang penuh kejutan saja yang menjadi daya tarik konser ini, tapi juga beberapa tokoh publik figur dan politik yang turut hadir di acara ini. Diantaranya ada Anies Baswedan, Prabowo, Bambang Pamungkas, AHY dan Annisa Pohan, Bambang Pamungkas, Whisnutama, dan masih banyak lainnya.

Konser Pesta Rakyat – 30 Tahun Berkarya Dewa 19 ditutup dengan penampilan 4 vokalis Dewa 19 membawakan ‘Separuh Nafas’. Lebih dari 30 lagu dibawakan pada konser yang memakan waktu lebih dari 3 jam ini. Tidak tanpa cela, ada juga beberapa protes dari para penonton mulai dari audio yang kurang mendukung yang menyebabkan penonton di tribun tidak terlalu mendengar dengan baik, proses transisi dan jeda konser terasa ‘garing’, hingga akses jalan dan transportasi yang tersedia di JIS membuat penonton banyak yang harus menunggu hingga berjam-jam untuk keluar dari lokasi tersebut.

Foto: Budi Susanto

dundhee
More from Creative Disc