Buruan Balik dan Konser di Jakarta Lagi Yuk, pH-1!

Oleh: RON - 10 May 2023

Kedatangan pH-1 di Jakarta sudah sangat dinantikan oleh para penggemarnya. Terasa sekali antusiasme mereka saat menghadiri konser bertajuk About Damn Time yang digelar di Sutera Hall, Mall @ Alam Sutera, 6 Mei 2023. Dengan panggung dan penonton yang humble, konser yang digelar oleh CK Star Entertainment ini tidak hanya berlangsung meriah tetapi juga hangat. Selama hampir dua jam, pH-1 menghibur para penggemar yang terbagi ke dalam beberapa section penonton dengan lagu-lagu hitsnya yang menghibur dan menghentak. Tidak satu pun dari para penonton bisa diam berdiri kecuali mereka menari mengikuti irama.


Dari pintu masuk venue, para penggemar terlihat sudah mempersiapkan kejutan untuk pria bernama Harry itu. Mereka membawa sebuah handbanner dibuat spesial untuk konser malam itu. Handbanner bertuliskan ‘We like you for no reason’ itu berwarna oranye lengkap dengan sosok pH-1 di sana. Lalu di fans juga mempersiapkan selotip berwarna senada yang nantinya akan ditempel di flashlight ponsel dan dinyalakan sesuai aba-aba.


“Jangan kasih lihat Harry sebelum waktunya!” demikian terbaca di belakang handbanner tersebut. Jadi makin excited untuk melihat reaksi pH-1 saat proyek ini dilakukan nanti.


pH-1 membuka penampilan perdananya di Jakarta dengan lagu-lagu seperti Malibu, Pack It Up, Zombie, Tipsy, hingga Yuppie Thing. Tampil dengan kaus garis-garis sederhana di sepanjang konser, pH-1 terlihat sangat nyaman dan tak berjarak dengan penggemar meski panggung tempatnya berdansa dan bernyanyi terbilang mini. Karena ini merupakan pertama kalinya pH-1 menggelar konser di Jakarta jadi dia mengaku sangat bersemangat. Di awal dia sudah mengajak penonton untuk berteriak ‘About Damn Time!’ berkali-kali demi menghidupkan suasana.


“Ini pertama kalinya aku ke Jakarta, aku sangat senang bertemu kalian. Jadi ketika aku bilang ‘I’m here!’ kalian teriak ‘about damn time’, oke?” ujarnya. Tentu saja ajakan ini disambut tanpa pikir panjang oleh para penggemar.


Ada kesan tak percaya dalam diri pH-1 bahwa dirinya bisa sampai di titik ini. Memulai kariernya lewat SMTM (Show Me The Money), kini dia jadi salah satu penyanyi berbasis Korea yang sukses menggelar tur dunia. Hal itu juga dia ungkapkan di atas panggung konser About Damn Time malam itu.


“Kalian ada yang nonton Show Me The Money? Aku pernah jadi kontestan di season 7 acara itu dan mungkin itu season tersulit karena banyak rapper keren. Aku nggak menang juara satu sih, aku ada di posisi 4 atau 5. Tapi hey, nggak apa-apa. Lihat siapa yang bisa menggelar world tour sekarang!” katanya dengan bangga disambut teriakan dan tepukan tangan dari fans yang juga ikut senang dan berbangga.


Di antara puluhan lagu yang dinyanyikan oleh pH-1 termasuk Cupid, My Bad, Homebody, Groupie, Nerdy, TELEFONO, ACHOO, Orange, The Purge, Good Day, Like Me, hingga DVD, pH-1 selalu menyelipkan interaksi yang menarik dengan penggemarnya. Di salah satu momen misalnya dia bercanda sambil bertanya apakah memang orang-orang di Indonesia semuanya kalem dan sopan-sopan karena dia merasa dari atas panggung semuanya terlihat tertib. Meski tidak sedikit dari penggemar yang tidak setuju dengan ‘kecurigaan’ pH-1 itu, tapi sang idola tampak senang karena acara malam itu berjalan lancar.


“Ah! Aku sudah merasa spesial tadinya karena kalian kok sopan-sopan banget,” ujar dia.


Interaksi lain yang dilakukan pH-1 dari atas panggung adalah melempar t-shirt ke penonton. Meski tentu saja lemparannya nggak akan sampai ke barisan penonton paling belakang, tapi momen ini sempat bikin heboh di barisan terdepan dan paling dekat panggung. Nggak hanya t-shirt saja, pH-1 juga membagi-bagian CD dari atas panggung, lalu berfoto dengan polaroid yang hasilnya juga akan diberikan ke para penggemar.


Paham bahwa tidak semua orang bisa berinteraksi langsung dengannya di atas panggung, pH-1 berusaha untuk terhubung dengan penonton yang ada di barisan paling belakang.


“Yang belakang gimana kondisinya? Aku bisa melihat kalian dari sini. Aku cinta kalian banget!” katanya. Di satu momen bahkan ada yang mengaku sedang berulang tahun hari itu sehingga pH-1 menyanyikan selamat ulang tahun untuknya. Aduh spesial banget!


Kejutan buat pH-1 dari penggemar diberikan ketika dia menyanyikan lagu Like Me dan DVD. Di lagu Like Me, fans mengangkat handbanner yang mereka persiapkan sehingga suasana berubah jadi bernuansa oranye. pH-1 tentu melihat ini dengan bahagia. Terlebih ketika semua penggemar berteriak kompak ‘LIKE YOU! LIKE YOU!” yang membuat suasana jadi semakin hidup. Di lagu DVD, semua flashlight dari ponsel fans menyala berwarna oranye karena sudah ditempel stiker transparan. Pemandangan dari atas panggung pasti sangat indah makanya pH-1 terlihat bahagia banget.


Oh iya, berkali-kali pH-1 juga menyiramkan air dari botol air mineral dari atas panggung. Tentunya setelah fans mengizinkan. Tapi, ya masa nggak diizinin sih! Kan kapan lagi bisa disiram idola?


Dari awal sampai akhir konser, pH-1 secara non-stop menghajar penggemar dengan lagu-lagu menghentak dan pesonanya yang luar biasa. Sebelum menutup konser malam itu, dia tidak lupa berterima kasih ke fans dan juga Ramengvrl yang tampil sebagai opening act di konsernya.

RON