CreativeDisc Exclusive Interview With jaye: Menggabungkan Teknologi dan Visual Dengan Musik

Oleh: luthfi - 16 Jun 2023

Artis asal Singapura bernama jaye bukan seorang artis biasa karena ia adalah seorang musisi dan juga pengusaha di bidang seni dan teknologi. Ia sangat senang membuat dunianya sendiri dan berkata bahwa ia berasal dari planet lain dan menjadikan musik sebagai salah satu sarana untuk menyampaikan pemikiran dan unek-uneknya. Ia pernah membuat musik video dimana penonton bisa menentukan ke mana arah cerita musik videonya dan lewat single terbarunya berjudul “Kids” dimana ia menggunakan AI untuk membuat visualnya.

“Aku bereksperimen dengan teknologi AI gratis dimana kamu bisa mengunggah videomu lalu AI ini akan mencari gambar dengan frame yang sesuai di videonya dari database yang mereka punya dan membuat kolase video dari situ.”, ungkap jaye ketika ditemui oleh CreativeDisc melalui Zoom. Tema yang sangat eksperimental dan unik ini cocok dengan tema yang ingin ia sampaikan di “Kids” dimana ia bernostalgia dengan masa kecilnya yang penuh dengan keseruan dan mencoba hal-hal baru, sesuatu yang ia terus tunjukkan sampai sekarang sambal mengenang hal itu.


jaye paham betul bahwa seorang artis harus menunjukkan sisi visualnya dan hal itu yang membuat karyanya terlihat unik dan mendapatkan atensi dari para pengguna internet apalagi jaye saat ini sedang mendalami tren teknologi terbaru seperti Web3, NFT, dan AI. “Alasan kenapa aku selalu mengedepankan visual sebenarnya simpel. Ketika kita berkenalan dengan seseorang kita pasti melihat penampilannya dulu ketimbang suaranya atau hal-hal lain. Menurutku penampilan visual yang kuat sangat bagus untuk memperkenalkan identitas dirimu dan hal yang kamu ingin tunjukkan kepada orang-orang sehingga orang tersebut menaruh perhatian kepadamu.”


Penyuka game genre horror ini memang merupakan seorang artis yang benar-benar sadar visual dan selalu update dengan teknologi terbaru demi membawa musiknya ke tempat yang lebih tinggi dan dikenal banyak orang. Sangat ditunggu apa yang jaye akan lakukan berikutnya dengan menggabungkan teknologi, visual dan musik di karya dia berikutnya pasca “Kids”.


Simak wawancara eksklusif CreativeDisc dengan jaye dimana kami bercerita tentang masa kecilnya, penggabungan musik, visual, dan teknologi serta kecintaannya akan game horror lewat video di bawah ini:



luthfi
More from Creative Disc