Dua Lipa Sementara Ini Menang Dalam Kasus Copyright 'Levitating'

Oleh: riadini - 09 Jun 2023

Dua Lipa untuk sementara memenangkan gugatan pelanggaran hak cipta yang diajukan terhadapnya untuk lagu hit 2020, 'Levitating'.

Diajukan pada bulan Maret tahun lalu oleh band reggae Florida, Artikal Sound System, gugatan tersebut menuduh bahwa 'Levitating' milik Dua Lipa menyalin lagu tahun 2017 mereka 'Live Your Life'. Meskipun pengajuan awal mereka tidak menyertakan bukti eksplisit tentang bagaimana Dua Lipa menyalin 'Live Your Life', band tersebut menuduh bahwa penyanyi berdarah Albania tersebut memiliki "akses" ke dalam track.

Saat ini menurut laporan Billboard, Hakim Distrik AS, Sunshine Sykes, untuk sementara menolak kasus tersebut demi Dua Lipa, dengan mengatakan bahwa Artikal Sound System tidak dapat membuktikan tuduhan mereka.

Dalam gugatan, band reggae mengajukan satu teori yang mengklaim salah satu rekan penulis Dua Lipa di masa lalu pernah bekerja dengan seseorang yang kabarnya diajari bermain gitar oleh saudara ipar salah satu anggota band.

"Tautan yang dilemahkan ini, yang memiliki sedikit hubungan dengan salah satu dari dua komposisi musik yang dipermasalahkan di sini, juga tidak menunjukkan kemungkinan yang masuk akal bahwa tergugat benar-benar menemukan lagu penggugat," tulis Hakim Sykes.

Namun, kasusnya tidak sepenuhnya ditutup, karena Hakim Sykes telah memutuskan bahwa Artikal Sound System memiliki waktu hingga 16 Juni untuk mengajukan kembali pengaduan mereka jika mereka dapat memberikan bukti yang kuat untuk mendukung tuduhan.

Sebagai informasi, bulan lalu Dua Lipa membagikan lagu baru 'Dance The Night', single utama dari soundtrack film Barbie yang akan datang. Selain menjadi single utama, Dua Lipa juga tampil sebagai cameo dalam film tersebut sebagai Barbie versi putri duyung.


riadini
More from Creative Disc