Lana Del Rey Selesaikan Gugatan Hak Cipta Atas Video Musik 'Summertime Sadness'

Oleh: riadini - 25 Jun 2023

Lana Del Rey telah mencapai penyelesaian untuk mengakhiri gugatan yang mengklaim video musiknya, 'Summertime Sadness' telah menampilkan materi 17 detik yang diambil langsung dari film pendek berhak cipta, beberapa minggu setelah hakim federal menolak untuk membatalkan kasus tersebut.

Lucas Bolaño menggugat penyanyi bernama asli Elizabeth Grant tersebut dan Universal Music Group tahun lalu, menuduh mereka "mengabaikan secara terang-terangan" atas haknya. Dirinya mengklaim video di tahun 2012 itu tidak hanya menyalin cuplikan dari film pendeknya "Sky", tetapi bahkan mencuri audio dari suara yang mengatakan, "Ingat, aku akan selalu mencintaimu, sampai jumpa."

Namun dalam pengajuan di pengadilan federal California pada hari Selasa, pengacara dari kedua belah pihak mengatakan mereka telah mencapai kesepakatan agar Lucas Bolaño membatalkan kasusnya. Ketentuan khusus penyelesaian tidak diungkapkan dan tidak ada pihak yang segera menjawab permintaan komentar.

Penyelesaian itu terjadi hanya sebulan setelah hakim federal menolak untuk membatalkan gugatan terhadap penyanyi yang baru saja berulang tahun ke-38 tersebut. Pengacara sang bintang berpendapat bahwa Lucas Bolaño menunggu terlalu lama untuk menuntut, tetapi dalam putusan 16 Mei, Hakim Stephen Wilson mengirim kasus tersebut ke juri pengadilan, proposisi yang berisiko bahkan untuk terdakwa mana pun.

Lucas Bolaño melayangkan gugatan pada Juli 2022, mengklaim 17 detik pertama dari video musik 'Summertime Sadness' disalin langsung dari filmnya, dengan "hanya perbedaan kecil" seperti pemotongan dan saturasi warna: "Perubahan kecil ini tidak membuat penyalinan Tergugat terlihat berkurang.”

Pengacaranya mengklaim video tersebut, yang ditonton lebih dari 350 juta kali di YouTube ketika dia mengajukan kasusnya, telah "menghasilkan royalti jutaan dolar" untuk Lana Del Rey dan UMG. “Sayangnya, Penggugat belum melihat sepeser pun dari hasil yang diperoleh secara tidak sah ini dan bahkan tidak pernah dikreditkan atas pekerjaan mereka," ungkapnya.

Pada bulan April, pengacara Del Rey meminta hakim federal untuk membatalkan kasus tersebut. Mereka tidak memperdebatkan apakah klip itu muncul di video musik atau tidak, tetapi hanya mengatakan bahwa Lucas Bolaño telah menunggu terlalu lama untuk menuntut. Secara khusus, mereka menunjuk ke sebuah komentar di YouTube film pendeknya pada tahun 2015, di mana seorang pengguna mengatakan "ini digunakan dalam 'Summertime Sadness'!"

"Fakta yang tak terbantahkan menunjukkan bahwa penggugat benar-benar mengetahui video musik dan penggunaan atas karya mereka oleh Lana Del Rey paling lambat tahun 2015," tulis pengacara sang bintang. "Mengabaikan pemberitahuan yang jelas, tak terbantahkan, dan spesifik, penggugat menunggu tujuh tahun kemudian untuk mengajukan gugatan ini."

Tapi Lucas Bolaño berpendapat bahwa dia tidak pernah melihat komentar itu dan tidak memperhatikan video Lana Del Rey hingga 2021. Dan bulan lalu, Hakim Wilson mengatakan juri mungkin percaya argumen itu: "Argumen ini lebih baik diselesaikan di hadapan juri."


riadini
More from Creative Disc