"Speak Now (Taylor's Version)" Rilis, Dengan Tambahan 6 Lagu Baru

Oleh: cung2 - 07 Jul 2023

Taylor Swift terus menghadirkan kejutan bagi para penggemarnya. Termasuk perilisan ulang album tahun 2010 nya, “Speak Now (Taylor’s Version)” yang menunjukkan visi tajam dari Swift dalam mengelola karya musiknya sendiri. 

Rekaman ulang album studio Taylor Swift tahun 2010 ini mencakup 16 lagu dari versi asli dan versi deluxe proyek tersebut. Ada juga tambahan 6 lagu "From the Vault" yang belum pernah dirilis sebelumnya, termasuk dua kolaborasi dengan Hayley Williams dan Fall Out Boy.

"Karena Speak Now sepenuhnya tentang proses penulisan lagu saya, saya memutuskan untuk mengajak artis yang menurut saya paling berpengaruh sebagai penulis lirik pada saat itu untuk bernyanyi dalam album ini," tulis Swift saat dirinya mengungkap daftar lagu. 

Salah satu topik paling hangat menjelang perilisan album ini, adalah apakah ada perubahan lirik, terutama dalam lagu ‘Better Than Revenge’ yang dianggap kurang relevan sejak rekaman aslinya dirilis pada tahun 2010.

 

Di Taylor’s Version, lirik tersebut diubah. "She's better known for the things that she does on the mattress" menjadi: "He was a moth to the flame, she was holding the matches". Entah menjadi lebih ‘sopan’ atau ada maksud tersendiri, namun perubahan lirik ini justru menimbulkan keramaian tersendiri di sosial media.

Tapi memang, itu sudah sewajarnya. Versi asli “Speak Now” ditulis ketika dirinya masih sekitar 20 tahun, hampir 14 tahun berbeda dari usianya saat ini. Sehingga ada beberapa frasa atau lirik yang harus dirubah menjadi lebih relevan.


cung2
More from Creative Disc