Birdy Hadirkan Nuansa Kate Bush dalam Album "Portraits"

Oleh: welly - 24 Aug 2023

Teks: Tristin Hartono

Siapa yang tak kenal Kate Bush? Musisi yang lagunya sempat kembali hits di 2022 ini, vibe-nya bisa kamu rasakan lagi melalui album terbaru Birdy, "Portraits". Album yang perilisannya sempat ditunda ini akhirnya berhasil dirilis pada 18 Agustus 2023, berisi 11 lagu dan dibuka dengan suara berat musisi asal Inggris yang diiringi dengan musik synth, bak mengadopsi suasana lagu Kate Bush, dalam ‘Paradise Calling’.

Ketika membahas Birdy, beberapa dari kita mungkin akan mengingat musisi kelahiran 15 Mei 1996 ini dengan ciri khasnya sebagai music prodigy yang merilis album pertamanya di usia 15 tahun. Selain itu, sosok Birdy juga sering muncul bersama piano yang dimainkannya, sembari meng-cover lagu musisi terkenal, seperti ‘White Winter Hymnal’ dari Fleet Foxes, ‘1901’ oleh Phoenix, dan ‘Skinny Love’ milik Bon Iver.

Meski begitu, melalui album yang diproduseri Anya Jones, Birdy, dan King Ed ini, masih menampilkan ciri khas Birdy dengan alunan piano dan slow beat yang bisa kamu dengarkan di beberapa tracks, seperti ‘Your Arms’, ‘I Wish I Was A Shooting Star’, dan ‘Portraits’. Album yang kental dengan kenangan di masa lalu ini seakan turut menyayat hati pendengarnya, terlepas dari seberapa energik musik yang dimainkan.

Ibarat ditarik kembali ke tahun ‘80-an, kamu akan diajak berjoget dengan hentakan penuh semangat dari ‘Paradise Calling’ dan ‘Automatic’. Lalu ‘Raincatchers’ dan ‘Heartbreaker’ melanjutkan vibe 1980-an dengan ketukan musiknya.

Ruins I dan Ruins II menjahit nuansa pop dan synth a la musisi dengan nama asli Jasmine van den Bogaerde ini. Terakhir, ‘Battlefield’ dan ‘Tears Don’t Fall’ kemudian menutup album ini bagai menyematkan pita ke kotak kado, yakni Portraits.

Bila pun Indonesia memiliki empat musim, album Portraits dari musisi berusia 27 tahun ini ibarat menjadi penutup musim panas yang manis namun getir, sarat kenangan indah yang terkadang menimbulkan penyesalan. Coba pilih, lagu mana yang akan jadi favoritmu saat ingin flashback galau? Komen, yuk!

welly
More from Creative Disc