We The Fest 2023 Day 3: Sebuah Ajang Pembuktian Eksistensi Sebuah Festival Musik Terbesar di Indonesia

Oleh: dundhee - 02 Aug 2023

Photo: Budi Susanto

Hari ketiga We The Fest 2023 ini dimulai dengan kejutan yang sebenarnya tidak mengenakkan, dibatalkannya performance dari The 1975 yang semula dijadwalkan menjadi penutup even akbar tahunan ini. Ya, memang ini adalah langkah terbaik yang dilakukan oleh WTF2023 mengingat kejadian di Malaysia beberapa hari sebelumnya yang menuai kontroversi. Banyak penonton, atau setidaknya penulis sendiri, kemudian berpikir musisi siapa yang akan menggantikan The 1975 untuk menjadi penutup. Langkah cepat ditempuh oleh tim WTF2023 dengan menghadirkan A$AP Ferg sebagai line up tambahan, sementara jadwal dari NxWORRIES dari Anderson .Paak & KNXWLEDGE digeser menjadi line up penutup.


Saat gate dibuka, nyatanya penonton masih antusias untuk menonton musisi-musisi favorit mereka di hari terakhir ini. Memang line up dari WTF2023 di hari ketiga masih dipenuhi banyak musisi yang sayang untuk dilewatkan. Sebut saja, Mikha Angelo yang baru pertama kalinya manggung sebagai solois di WTF, Cokelat, Raisa yang penampilannya memang sudah tidak diragukan lagi, dan beberapa musisi internasional yang juga baru pertama kalinya manggung di even bergengsi Indonesia ini, seperti: Jake Scott, Dhruv, Alyph, hingga Alexander23.

Di tengah acara sedang berjalan, kurang lebih di jam 6 sore, kejutan kembali diberikan oleh pihak WTF2023 dengan menghadirkan line up tambahan SHEILA ON 7. Ini tentu sebuah kejutan yang sangat mencengangkan, mengingat di hari yang sama band tersebut juga tampil di sebuah acara di tempat lain.

Kejutan manis itu menambah antusias para penonton yang segera memadati We The Fest Stage bahkan sebelum Sheila on 7 tampil. Tepat di jam 9 malam, Duta Cs menyambut penonton WTF2023 dengan performance yang maksimal lengkap dengan guyonan-guyonan kecil di sela-sela performancenya.

Beberapa line up yang juga harus disebutkan karena memberikan warna yang sangat beranekaragam di gelaran hari ketiga WTF2023 antara lain adalah Tiara Andini, Ziva Magnolia, Hindia, Syarikat Idola Remaja, Sajama Cut, Ali, hingga Kurosuke. Selain itu, A.Nayaka dan Ben Utomo ikut meramaikan panggung Alyph yang membuat para penonton berjingkrakan lewat lagu-lagu HipHop yang mereka bawakan.

WTF2023 hari ketiga ini menjadi semacam pembuktian buat tim We The Fest bahwa mereka adalah salah satu ajang festival musik terbesar di Indonesia yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Kemampuan mereka untuk meramu line up yang beranekaragam namun tidak sembarangan, ditambah kesigapan mereka untuk merespon tentang segala hal yang terjadi di luar event sangat patut diacungi jempol!

Tentu WTF2023 menjadi salah satu even yang tidak terlupakan baik karena line up-nya yang penuh dengan ‘first-timer’ hingga luar biasanya surprise line up yang diberikan. Salute!

dundhee
More from Creative Disc