10 Sound Viral yang Populer di TikTok 2023

Oleh: riadini - 21 Sep 2023

Hingga saat ini, TikTok masih menjadi platform yang ramai digunakan oleh para creator untuk membuat promosi baik produk maupun sebagai personal branding. Tak terkecuali para musisi yang ikut menggunakan platform asal Tiongkok tersebut untuk membagikan lagu-lagu mereka dan bahkan tak sedikit yang menjadi viral dan booming di mana-mana.

Setelah membuat daftar 10 lagu viral di Instagram Reels 2023 beberapa waktu lalu, kali ini CreativeDisc kembali merangkum 10 single yang berhasil lalu-lalang di aplikasi TikTok di tahun 2023:

Jung Kook, Latto - Seven

Di posisi pertama list kali ini, ada single debut solo dari salah satu member BTS, Jung Kook, yang berkolaborasi dengan Latto dalam, 'Seven.' Harus diakui, single ini berhasil berseliweran di TikTok khususnya untuk kompilasi video maupun foto dan bahkan memiliki banyak template yang bisa langsung digunakan oleh para pengguna. 'Seven' dirilis pada bulan Juli lalu dan hingga saat ini MV nya masih menduduki posisi ke-9 dunia di YouTube.

Doja Cat - Paint The Town Red

Salah satu lagu yang bisa dibilang baru milik Doja Cat ini sangat sering digunakan oleh creator TikTok untuk konten video dance dan juga transisi. Lagu ini juga berhasil meraih posisi puncak dalam Billboard Hot 100 dan menjadi single kedua dari penyanyi bernama asli Amala Ratna Zandile Dlamini yang berhasil bertengger di posisi 1 tangga lagu bergengsi tersebut. 'Paint The Town Red' juga masuk dalam album keempat Doja Cat, "Scarlet", yang akan segera dirilis bulan ini.

Paloma Faith - Only Love Can Hurt Like This (sped up+slowed)

Lagu Paloma Faith yang satu ini emang dalem banget! Meski dikemas dengan melodi dan beat yang santai, namun liriknya benar-benar menggambarkan bagaimana cinta dan patah hati dapat membuat seseorang menderita. 'Only Love Can Hurt Like This' baik sped up maupun slowed version-nya pun banyak digunakan oleh para pengguna TikTok untuk video-video galau. Siapa sangka, lagu ini rupanya telah dirilis di tahun 2014 silam yang merupakan bagian dalam album "A Perfect Contradiction."

Libianca - People

Single yang juga sering lewat di TikTok selanjutnya adalah milik penyanyi berdarah Kamerun-Amerika, Libianca, yang dirilis pada bulan Desember 2022 lalu berjudul 'People.' Meski terkesan mellow single ini rupanya banyak digunakan oleh para TikTokers untuk unjuk kebolehan dalam video dance khususnya untuk versi sped up nya.

Dua Lipa - Dance The Night

Tentu saja lagu 'Dance The Night' milik Dua Lipa juga masuk ke dalam list top 10 kali ini. Single yang juga merupakan salah satu original soundtrack untuk film yang booming bulan lalu, "Barbie", jelas sangat cocok untuk berdansa dan menari. Tak heran, banyak pengguna TikTok yang bersemangat membuat konten menggunakan lagu hit tersebut.

Rema, Selena Gomez - Calm Down

Berikutnya, ada lagu populer milik penyanyi asal Nigeria, Rema, yang kemudian di-remix bersama Selena Gomez dan membuat lagu tersebut semakin meledak, 'Calm Down.' Lagu ini bahkan berhasil masuk dalam Top 10 Billboard Hottest 100 dan menjadi sejarah baru bagi penyanyi asal Nigeria serta baru saja memenangkan Best Afrobeat yang pertama dalam ajang penghargaan MTV VMA 2023. Siapa nih yang suka bikin video dance pakai single 'Calm Down' ini, hayo?

Thuy - Girls Like Me Don't Cry

Single yang terasa santai namun memiliki lirik yang deep milik penyanyi berdarah Vietnam-Amerika, Thuy, berjudul 'Girls Like Me Don't Cry' ini telah berhasil mencuri perhatian para pengguna TikTok. Pasalnya, audio dari lagu ini sering berseliweran dengan video-video dance yang bahkan beberapa diantaranya di mashed up dengan single yang juga viral, 'If We Ever Broke Up' milik Mae Stephens.

Fifty Fifty - Cupid

"I gave a second chance to Cupid / But now I'm left here feelin' stupid / Oh, the way he makes me feel that love isn't real / Cupid is so dumb."

Single yang satu ini benar-benar nempel di kepala dan bikin terngiang-ngiang. 'Cupid' pun berhasil membawa nama Fifty Fifty yang merupakan grup baru dikenal secara luas dan berhasil masuk dalam tangga lagu Spotify's Global 200 dan bahkan Billboard Hot 100. Single dari Saena, Aran, Keena, dan Sio ini juga viral dengan #dancechallenge di TikTok.

Alan Walker & Emma Steinbakken - Not You

Lagu ballad satu ini juga berhasil mengambil hati para TikTokers. Single kolaborasi antara Alan Walker & Emma Steinbakken 'Not You' yang rilis pada 2021 lalu tersebut sering digunakan untuk video bertema galau dan juga dinyanyikan ulang dengan berbagai instrument oleh para pengguna TikTok.

NewJeans - Super Shy

Lagu terakhir dalam list kali ini adalah single milik NewJeans berjudul 'Super Shy.' Dengan gerakan dance yang unik dan mudah diingat, single milik Minji, Hanni, Danielle, Haerin dan Hyein ini pun menjadi viral dan banyak dipakai oleh para pengguna TikTok. Grup ini juga mengajak para penggemarnya untuk ikut dalam #imsupershy challenge yang membuatnya makin booming lagi. Single ini juga telah mencetak sejarah dengan menjadi lagu milik grup K-Pop tercepat yang berhasil masuk dalam Billboard Hot 100.

Itulah 10 Sound Viral yang Populer di TikTok 2023 versi CreativeDisc. Kalau kamu lagi main TikTok, paling sering pakai audio dari single yang mana nih, CD Bestie?

riadini
More from Creative Disc