Mantan Manajer Coldplay Tuntut Komisi yang Belum Dibayar: Jumlahnya Lebih dari $12 Juta!

Oleh: riadini - 03 Sep 2023

Mantan manajer Coldplay menggugat band tersebut dengan komisi yang belum dibayar senilai lebih dari £10 juta atau $12 juta (sekitar 191,6 miliar Rp).

Dave Holmes, yang mengelola band yang digawangi Chris Martin selama lebih dari 20 tahun, telah berpisah dengan pelantun 'Viva La Vida' tersebut sejak 16 Agustus dan kini mengajukan gugatan di Pengadilan Tinggi Inggris.

Dokumen yang diajukan ke pengadilan kini menjelaskan apa yang menyebabkan perselisihan tersebut. Dave Holmes menuduh dalam pengajuannya bahwa Coldplay telah mengingkari kontrak yang dijanjikan mengenai album kesepuluh dan kesebelas mereka, di mana manajer akan dibayar komisi.

Menurut gugatan, Coldplay dibayar di muka sebesar £35 juta ($44 juta) untuk album kesepuluh mereka yang belum dirilis dan £30 juta ($38 juta) untuk album kesebelas dan kedua belas mereka, yang menurut Dave Holmes ia seharusnya menerima komisi. Dia dibayar komisi antara 8% dan 13% berdasarkan kontrak sebelumnya, yang mencakup album kedelapan dan kesembilan band, “Everyday Life” dan “Music of the Spheres.”

Selain mengelola logistik untuk persiapan dan perekaman album, mulai dari menyiapkan anggaran dan mengatur sesi rekaman di London, Aspen dan Jamaika hingga bekerja sama dengan produser musik Max Martin dan sampel lisensi, Dave Holmes mengatakan dalam gugatannya bahwa dia juga mengerjakan tur Coldplay termasuk tur AS, Australia, dan Asia.

riadini