Sia Tampil Bak Motivator di Album Terbaru "Reasonable Woman"

Oleh: cung2 - 04 May 2024

Tetap produktif, Sia merilis album ke-10 nya, “Reasonable Woman”. Iya, produktif sekaligus konsisten, mengingat Sia selalu merilis ‘sesuatu’ setiap 3-4 tahun sekali.

Album pop terakhir Sia, adalah “This is Acting” (2016), meskipun tahun 2017 dan 2021 dirinya sempat merilis album “Music - Songs from and Inspired by the Motion Picture” berdasarkan musikal yang disutradarainya. Wajar jika banyak yang menanti arah musik pop Sia, apalagi setelah trademark ‘tidak-memperlihatkan-wajah’, dan seringnya Sia menciptakan lagu untuk musisi lain, bahkan sibuk dengan LSD, meskipun, kalau boleh jujur, banyak yang menilai keterlibatan Sia di proyek film sedikit ‘zonk’, namun Sia seakan tetap berkibar di album terbarunya, “Reasonable Woman”.

Kali ini di “Reasonable Woman” Sia memberikan banyak bintang tamu istimewa: Chaka Khan, Tierra Whack, Kaliii, Jimmy Jolliff, Labrinth, Kylie Minogue sampai Paris Hilton. Sia tampil bak motivator, yang seakan mengembalikan Sia setelah dinilai ‘jatuh’. Dengan amunisi kolaborasi dan single yang seakan dengan tegas mengembalikan posisi Sia sebagai salah satu sosok yang berpengaruh di dunia musik.

Chaka Khan muncul dalam ‘Immortal Queen’; Kylie Minogue memberikan unsur dance-pop ringan ‘Dance Alone’, dan tentunya Paris Hilton di ‘Fame Won’t Love You”, yang disebut sebagai lagu yang paling mudah diingat dalam album ini. Ya, banyak yang beranggapan album ini tidak easy-listening, namun Sia memberikan himne motivasi lewat kata-katanya yang cukup blak-blakan.

Dengan bantuan dari Greg Kurstin dan Jesse Shaktin, kolaborator jangka panjangnya yang membantunya membuat ‘Chandelier’, album “Reasonable Woman” lebih terasa pendekatan Sia yang totalitas terhadap penulisan lagu. Seperti di lagu balada piano ‘I Forgive You’, yang juga merupakan kesegaran untuk kemampuannya melompat dari rentang suaranya yang suram ke register atas yang membahana, sambil terdengar sedih, tangguh, dan penuh semangat lahir kembali.

“Reasonable Woman” seperti pengingat bahwa zaman telah berubah, dan lagu-lagu mungkin tidak akan ada di tangga lagu internasional, namun Sia, dan siapapun yang mendengarkannya masih bisa tegar seperti titanium.

 

cung2
More from Creative Disc