Joyland Festival 2022: Sebuah Festival Gado-Gado Paket Lengkap yang Rapih dan Menyenangkan!

Oleh: dundhee - 12 Nov 2022 | Views: 38

Kapan terakhir kali kamu datang ke sebuah festival yang sangat family friendly? Buat saya sendiri, pengalaman itu sudah sangat lama sekali. Sering kali festival dipenuhi oleh para festivalgoers, pasangan kekasih, teman satu geng, atau bahkan partner kerja. Namun, tidak banyak – bahkan jarang – ada satu festival yang sangat family friendly, hingga penontonnya bisa membawa serta anak-anak mereka. Festival yang saya maksud adalah Joyland Festival, yang diadakan di Softball Fields – Gelora Bung Karno, Jakarta tanggal 4-6 November 2022 silam.



Festival Family Friendly memang harus disematkan ke Joyland Festival, karena memang banyak sekali terlihat para penonton dari festival ini yang memboyong keluarga mereka untuk meramaikan. Ini terbukti dari banyaknya anak-anak yang ada di venue Joyland Festival sejak sore hingga mendekati acara berakhir. Terutama di hari kedua dan ketiga dimana kita bisa melihat keluarga-keluarga kecil yang seolah merubah Joyland Festival seperti tempat piknik keluarga kecil mereka. Fakta ini kemudian memang didukung oleh schedule dari Joyland yang memang menyisipkan beberapa aktifitas yang juga dapat diikuti oleh anak-anak. Selain itu, ada juga beberapa penampilan yang memang ditujukan juga untuk anak-anak. Selain jadwal, pembagian tempat di venue juga tergolong rapih dengan spot-spot tertentu untuk mereka yang mau merokok. Ini tentu akhirnya sangat membuat di tiap spot panggung dari festival ini menjadi bebas rokok. Tidak sampai di situ saja, Joyland Festival juga menyediakan spot untuk mengisi ulang air minum secara gratis. Bagi saya, walau hanya air putih, itu sudah sangat amat membantu apalagi banyak juga teman-teman media yang harus ‘standby’ sejak sore hari di venue.

Setelah puas membicarakan tentang Joyland Festival dari sisi fasilitas, pembagian venue, hingga jadwal yang juga cocok untuk anak-anak, mari membahas mengenai line up dari festival musik tahunan yang dulunya sempat diadakan di Bali. Joyland Festival bisa dibilang merupakan festival musik yang gado-gado. Kenapa saya bisa bilang begitu? Karena memang line up yang ditampilkan sangat beragam. Tengok saja seperti White Shoes and The Couples Company, Afgan, Phum Viphurit, Secret Number, Yura Yunita, Years & Years, Prep, Cornellius, Mild High Club, Endah & Rhesa, hingga JKT 48. Hampir seluruh pasar musik dijangkau oleh Festival musik satu ini. Selain musik, mereka juga berhasil mengkurasi beberapa film pendek, komika untuk stand-up comedy, dan acara-acara sisipan lainnya.

Paket lengkap! Satu istilah yang mungkin juga bisa disematkan ke Joyland Festival di tahun ini. Menurut saya, Joyland Festival juga bisa disebut salah satu festival paling rapih dan paling nyaman yang diadakan sepanjang tahun 2022 ini. Tidak peduli jenis musik apa yang kamu suka, sepertinya Joyland Festival 2023 harus masuk ke dalam bucket list untuk setidaknya kamu datangi 1 kali dalam kehidupanmu. Semoga juga, semua sisi positif yang ada di Joyland Festival tahun ini akan tetap dihadirkan di Joyland Festival di tahun-tahun depan ya!


Foto: Official Joyland festival

dundhee