Quantcast
Album of The Day : Taeyeon – ‘My Voice’ – Creative Disc

Album of The Day : Taeyeon – ‘My Voice’

Setelah dua tahun solo debut dan merilis dua mini album, leader sekaligus vokalis girl group Girls Generation, Kim Taeyeon akhirnya merilis full album pertamanya. Album “My Voice” ini dirilis pada 28 Februari lalu dan meraih sukses secara global. Hingga saat ini, nyaris satu bulan sejak pertama kali diluncurkan, album “My Voice” duduk di peringkat pertama di Korea Selatan, dan peringkat kedua di seluruh dunia di berbagai music chart.

Album ini sendiri, terdiri dari 13 lagu baru, dengan tiga lagu menjadi title tracks. Taeyeon pun merilis dua musik video dan satu lirik video sebagai bagian dari promosi album ini sendiri. Musik video pertama yang dirilis, I Got Love merupakan pre-release single yang diluncurkan pada 18 Februari 2917. Baru setelah itu, Taeyeon merilis album satu minggu setelahnya, bersamaan dengan perilisan musik video untuk title track, Fine.

Fine, merupakan lagu dengan musik folk yang manis. Dibuka dengan alunan merdu suara Taeyeon diiringi petikan gitar, yang tak kalah manisnya. Sebelum beat mulai berubah ketika lagu masuk ke bagian chorus. Lagunya sendiri berkisah tentang patah hati, dan bagaimana Taeyeon masih merindukan sosok sang kekasih. Chorus di lirik “It’s not fine,” benar-benar menjadi sebuah titik balik, dan Taeyeon sukses menunjukan karakter warna yang bagus di bagian ini.

Dan memang harus diakui, tipe suara milik mantan kekasih Baekhyun ‘EXO’ ini memang cocok dengan musik patah hati seperti Fine. 

Track kedua, terdapat salah satu lagu yang juga menjadi unggulan dari album ini. Dan menjadi salah satu lagu yang paling digemari pula. Cover Up. Tak heran sebenarnya bila lagu ini menjadi favorit para penggemar. Terdapat sedikit elemen musik milik Girls Generation yang mau tak mau terdengar. Mungkin, karena mayoritas lagu milik girl group besutan SM Entertainment ini mengusung genre electro pop yang juga menjadi genre utama dari lagu satu ini?

I Got Love menjadi track ketiga sekaligus lagu pre-release album “My Voice”. Berbeda dengan dua track sebelumnya kali ini Taeyeon mengusung genre R’nB pop dengan sentuhan dance yang kental. Musik yang berdentum dengan tempo sedang menjadikan lagu ini terdengar menonjol. Cocoklah untuk lagu pre-release. Tak itu saja, musik video untuk rilisan ini pun menunjukan sisi lain dari Taeyeon : sisi seksi yang jarang nampak sebelumnya.

Sepuluh lagu lain dari album “My Voice” menunjukan berbagai genre berbeda dari Taeyeon. Mulai dari Time Lapse yang memiliki beat yang kurang lebih sama dengan Fine namun dengan sentuhan R’nB yang lebih kental. Kemudian Love in Color dengan musik ballad yang manis. Di lagu ini, sulit rasanya untuk tak jatuh cinta dengan suara Taeyeon.

Eraser menjadi lagu yang sepenuhnya berbeda. Tak hanya hentakan musik yang lebih kencang dan speed yang cepat, suara Taeyeon pun jauh lebih “nge-rock” untuk lagu ini. Lagi-lagi, sesuatu yang tak pernah ditunjukan sebelumnya. Yang justru menarik dari Eraser, emosi yang disampaikan oleh Taeyeon melalui liukan demi liukan lirik. Well done, Taeng!

Track spesial di album ini justru Time to Walk through Memories (CD Only),  yang sebenarnya merupakan lagu cover. Lagu ini pertama kali dinyanyikan oleh band Nell pada tahun 2008 lalu dan di-cover ulang sebagai lagu spesial di album ini.

Secara keseluruhan, album yang terjual nyaris 200 kopi di Korea Selatan dan Jepang ini memang tak mengecewakan. Terlebih sebagai album solo perdana dari penyanyi wanita paling laris saat ini.

Tracklist ‘My Voice’ :

1. Fine
2. Cover Up
3. Feel So Fine
4. I Got Love
5. I`m OK
6. Time Lapse
7. Sweet Love
8. When I Was Young
9. Lonely Night
10. Love in Color
11. Fire
12. Eraser
13. Time to Walk through Memories (CD Only)

Tags:

About The Author

Reply