Quantcast

10 Vokalis Band Yang Bersolo Karier

By - 2 months ago in Featured Article Top 10 Lists

Kesempatan sering tidak datang untuk kedua kali, mungkin itu yang jadi pertimbangan para vokalis sebuah band saat dirinya dikasih kesempatan oleh record label atau produser untuk meniti karier tanpa band yang sudah membesarkan namanya. Bukan berarti mereka seperti kacang yang lupa kulit, tapi kalau ada kesempatan ya kenapa tidak diambil. Buktinya beberapa menjadikan solo kariernya sebagai yang nomer 2 atau mumpung bandnya lagi hiatus.

Berikut ini adalah daftar yang berisi 10 vokalis band yang memutuskan untuk bersolo karir. Sebagai catatan, untuk membatasi ruang lingkup, maka pemilihan nama-namanya adalah untuk barisan band yang berasal di dua dekade terakhir atau era 90 hingga 2000-an. Dan ini inilah mereka:

1. Alex Band (The Calling)


Jaman dahulu kala alias jaman 2000an awal, adalah jaman keemasan band alternative rock The Calling dan nggak lama di tahun 2005 mereka memutuskan untuk hiatus. Nggak mau menyia-nyiakan suara emasnya terlalu lama, Alex Band sang vokalis merilis sebuah EP dengan 4 track lagu yang ditulis sendiri olehnya berjudul ‘We’ve All Been There’. Sebenarnya tahun 2013 dia pernah mencoba untuk ‘mengembalikan’ The Calling, akan tetapi ternyata yang kembali hanya dia sendiri sebagai vokalis, dan anggota lainnya adalah personil baru. Dia sempat juga mampir ke Sonic Fair 2015 yang diadakan di Ancol, Jakarta. Salah satu hits singlenya adalah ‘Only One’ yang pernah muncul di serial tv drama The Vampire Diaries dan musiknya juga nggak jauh beda sama The Calling. Kabar terakhir Alex adalah dia sempat menggelar konseri di Filipina September 2016 bersama versi baru The Calling.


2. Damon Albarn (Blur)

Seperti nggak cukup dengan menggarap musik untuk Blur, Damon Albarn kemudian mencoba bersolo karier. Selain berkarier dengan Blur, Damon juga dikenal sebagai salah satu pendiri sekaligus otak dari dua grup musik Gorillaz dan The Good, The Bad, and The Queen. Jaman masih sibuk dengan band-band tersebut, Damon pernah merilis sebuah EP yang hanya dirilis dalam versi Vinyl tahun 2003 juga bersama artis lain dia mengisi soundtrack film, opera dan theatre. Tahun 2014, dia berkesempatan merilis debut solo albumnya Everyday Robots. Menurutnya album ini adalah album paling personal yang pernah dibuat Damon Albarn. Untuk album ini Damon sukses merilis 5 single, ‘Everyday Robots’, ‘Lonely Press Play’, ‘Hollow Ponds’, ‘Mr Tembo’ dan ‘Heavy Seas of Love’. Setelah puas ‘terbang’ solo, sekarang Damon kembali menyibukkan diri dengan Gorillaz untuk menghasilkan karya epic lainnya.


3. Dolores O’Riodan (The Cranberries)

Setelah The Cranberries memutuskan untuk hiatus tahun 2003, saat itu juga sang vokalis Dolores O’Riodan dirumorkan akan mengisi soundtrack Spider-Man 2 dengan lagu ‘Black Widow’. Rumor ini baru ditepisnya tahun 2007 pada saat interview untuk debut albumnya Are You Listening? bahwa lagu ‘Black Widow’ memang ada dan masuk dalam albumnya, hanya tidak menjadi soundtrack apapun. Tahun 2009, The Cranberries menyatakan reuni kembali dan sempat mampir ke Indonesia juga. Sayangnya tahun 2014, Dolores dinyatakan bersalah karena telah menyerang pramugari dan petugas polisi dalam penerbangannya dari New York ke Dublin. Saat itulah Dolores terungkap bahwa dia kemungkinan besar mengidap bipolar. Benar atau tidak, yang penting dulu style Dolores O’Riodan pernah jadi panutan para cewek-cewek tomboy di dunia.


Singing along a little f*** louder to a happy song

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Music News | June 22, 2017 By

Video Terakhir Chris Cornell, ‘The Promise’, Akhirnya Dirilis

Music News | May 25, 2017 By

Nyanyikan ‘Black Hole Sun’, Norah Jones Memberi Penghormatan Pada Chris Cornell

News Top 10 Lists | May 22, 2017 By

10 Popstar yang Pernah Tampil di Berbagai Film (Tapi Mungkin Tak Kamu Tahu)