Quantcast

Seneng Banget Bisa Ketemu VIXX Lagi di Jakarta!

By - 3 months ago in Concerts Review

Walaupun saya penggila KPop, awalnya saya nggak tahu sama sekali sama boy group bernama VIXX. Sampai di tahun 2013 saya benar-benar “kenalan” dengan mereka dan melihat penampilan mereka langsung di Jakarta. Gratisan. Di acara peresmian sebuah mall di kawasan Jakarta Selatan. VIXX tampil sebagai bintang tamu event cover dance di tahun 2013 dan saya duduk di bangku terdepan penonton lobby bawah. Karena sudah nggak kebagian tempat buat melihat member Super Junior di lobby utama satu lantai di atasnya. Walaupun saya ELF banget, tapi saya bersyukur nggak kebagian tempat di lobby utama. Soalnya kalau kayak gitu, saya mungkin nggak akan kenal VIXX dan nggak akan ingin tahu lebih dalam soal mereka.

Empat tahun berselang akhirnya VIXX kembali lagi ke Jakarta. Sudah ditunggu-tunggu banget sih sama Starlight (sebutan buat fans VIXX) di Indonesia. Jarang-jarang soalnya grup ini memasukkan Jakarta sebagai salah satu tujuan tur mereka. Beruntung tahun 2017 ini, Indonesia akhirnya kembali mereka kunjungi lewat rangkaian ‘VIXX FAN MEETING TOUR IN SE-ASIA‘. Wah saya sih semangat banget buat melihat mereka lagi! Saya mungkin bukan Starlight, tapi saya termasuk penyuka VIXX. Saya punya album ‘Voodoo Doll’ dan ‘Eternity’ lho! Dan saya suka banget sama lagu-lagu mereka sejak ‘On & On’.

‘VIXX FAN MEETING TOUR IN SE-ASIA’ digelar pada Sabtu, 29 Juli 2017 di The Hall, Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Lokasi yang terbilang sangat nyaman untuk event-event seperti ini, walaupun seringkali kualitas audio-nya nggak memuaskan. Fans udah terlihat mengular di depan pintu masuk The Hall ketika saya tiba di sana. Rupanya memang sebentar lagi acara fan meeting itu akan dimulai.

Nggak ada panggung yang terlalu meriah dan ramai. Tapi tulisan ‘VIXX FAN MEETING TOUR IN SE-ASIA’ di bagian belakang panggung itu udah bikin deg-degan. Baru terasa histerianya ketika VIXX sudah masuk ke panggung dan membuka jumpa fans-nya dengan menampilkan tiga lagu yang semuanya adalah favorit saya: ‘On & On’, ‘hyde’ dan ‘Eternity’.

“Apa kabar?” N, sang kapten tim menyapa para fans yang datang malam itu. Semua yang duduk di kelas VIP sampai GA2 berteriak keras banget menjawab pertanyaan “oppa” mereka. N berterima kasih karena fans benar-benar gigih berjuang untuk mendatangkan VIXX lewat MyMusicTaste. Dan mimpi itu sekarang terwujud. Starlight bisa melihat VIXX lagi dari dekat setelah empat tahun.

VIXX lanjut menyanyikan beberapa lagu setelah salam pembuka singkat itu. ‘Dynamite’ yang pernah jadi lagu andalan mereka di comeback beberapa tahun lalu, sampai ‘B.O.D.Y’ yang ada di album ‘Voodoo Doll’. Dua penampilan yang juga membuat suasana makin panas. Para fans nggak berhenti memanggil-manggil idola mereka. Menggoyang-goyangkan lightstick yang mereka bawa, sampai sembunyi-sembunyi memotret dengan kamera. Demi mengabadikan apa yang terjadi malam itu.

Rehat sejenak, VIXX mengajak fans untuk masuk ke sesi Q&A. Berbeda seperti sesi Q&A fan meeting aktor Korea yang sebelumnya juga digelar di The Hall, sesi bersama VIXX ini sangat singkat. Buat fans berat grup yang bernaung di bawah manajemen Jellyfish Entertainment itu sih pasti kurang. Soalnya pengen lebih lama bisa melihat mereka mengobrol satu sama lain, dan mendengarkan senandung-senandung Ken ketika para member sibuk memilih sticky notes yang ditempel di sebuah papan, berisi pertanyaan dari fans.

Tapi di sesi singkat itu, VIXX tetap bikin hati fans melayang jauh. Hyuk menyanyikan lagu ‘Photograph’ milik Ed Sheeran meski sangat singkat (yang disambut gemuruh teriakan dari depan sampai belakang), Hongbin diminta untuk mengurutkan siapa yang punya badan paling HOT di grupnya dan dia memilih Ravi di nomor 1 dan Leo di nomor 6.

“Leo harus mulai diet dan olahraga,” kata Hongbin yang dibalas Leo dengan, “Ya habis ini. Mulai Agustus.” dan ditertawai oleh fans. Di urutan 2 sampai 5 pemilik hot body versi Hongbin adalah dirinya sendiri, Hyuk, Ken dan N.

Leo dapat “amanat” untuk menyanyikan sebuah lagu ulang tahun untuk satu fans yang datang malam itu. Sementara Ken bikin fans merinding lewat penampilan singkatnya membawakan lagu dari musikal ‘Hamlet’ yang diperankannya. Suara Ken bener-bener merasuk sampe ke rusuk! Dan N memilih satu pertanyaan yang melibatkan Ravi, yang membuat Ravi membeberkan “apa makna N untuk Ravi?”. Malu-malu Ravi menjawab, “Dia adalah segalanya. Berharga sekali untukku.” singkat sang rapper. Sementara N mengundang tawa karena di sesi Q&A itu dia minta menyanyikan lagu berjudul ‘As the NIght Gets Deeper’ tapi dia lupa liriknya.

Selain sesi Q&A, VIXX memberikan kejutan buat fans: mereka menyiapkan hadiah spesial. Hadiah itu adalah kipas tradisional replika properti yang mereka gunakan dalam penampilan lagu ‘Shangrila’. Kipas itu akan digambar oleh masing-masing member dan dibagikan secara random kepada enam fans yang beruntung. Gambarnya lucu-lucu dan punya makna tersendiri. Ken misalnya menggambar SpongeBob di kipasnya sementara member yang lain menggambar buah apel. Cukup deg-degan juga menunggu pengumuman siapa yang akan dapat kipas hasil tangan VIXX, walaupun saya jelas nggak mungkin kebagian.

Nah, sisanya mereka membawakan banyak sekali lagu hits mereka. Yang paling berkesan buat saya mungkin ketika mereka membawakan ‘Voodoo Doll’. Tapi ‘Someday’ parah sih bikin nagih. Suara live VIXX malam itu sangat memanjakan telinga. Lagu lain yang dibawakan adalah ‘Us Now’, ‘Shangrila’, ‘Black Out’, ‘Fantasy’ (dengan efek-efek lampu merah menyala yang bikin suasana di dalam ruangan terasa seperti ada di dunia khayalan) dan berakhir di ‘Desperate’ sebelum mereka memberikan menit terakhir.

“Kami nggak mau pergi tapi, keluarga kalian pasti menunggu di rumah kan?” kata Hyuk, memimpin salam perpisahan. Ravi bilang kalau dia sangat senang bisa menampilkan lagu-lagu baru VIXX di Jakarta. Berterima kasih dan mengucapkan “Sampai jumpa!” dalam Bahasa Indonesia. Sementara Hongbin menjanjikan Starlight bahwa mereka akan bertemu lagi. Soon! Ment terakhir itu ditutup dengan “Cinta kamu!” dari Ken. ‘Love Me Do’ dan ‘Chained Up’ nggak lupa mereka tampilkan di atas panggung. Dan sebelum konfeti meletus dan menutup acara malam itu, VIXX berganti pakaian yang lebih santai, mengajak fans untuk foto bareng dari atas panggung dan membawakan ‘Heaven’ dan ‘Love Equation’. Setelah itu baru deh mereka benar-benar pamit.

Keseluruhan acara fan meeting ini lebih terasa seperti mini showcase. Karena VIXX lebih banyak tampil menyanyi dan menari di atas panggung daripada berinteraksi dengan fans (seperti main games bareng misalnya, sesi itu nggak ada di ‘VIXX FAN MEETING TOUR IN SE-ASIA’). Tapi mungkin alasannya karena setelah fan meeting berakhir, semua pemegang tiket VIP bisa lebih dekat lagi dengan mereka di sesi photo dan high touch. Yah, fair enough buat yang sudah bayar tiket lebih mahal.

‘VIXX FAN MEETING TOUR IN SE-ASIA’ bisa dibilang seru meski panggungnya sederhana banget (tapi lighting-nya lumayan oke lho!). Yang bikin fanmeeting ini hidup sebenarnya adalah semangat dari Starlight dan VIXX. Maklum sudah lama nggak ketemu, kan. Semoga dalam waktu dekat VIXX bisa datang lagi untuk konser yang lebih besar ya!

Terima kasih, VIXX, MyMusicTaste dan Livescape!
Photo by: Corry Ochtora

Fanboy Kpop sejak dahulu kala

Comments

Leave a Reply

Related Articles

Concerts Review | September 26, 2017 By

Konser ‘Diamond Edge’ SEVENTEEN yang Keren Banget

Concerts Review | August 25, 2017 By

Masih Baper Sama ‘Music Bank in Jakarta 2017’

Music News | August 22, 2017 By

Leo ‘VIXX’ Tersandung Skandal Setelah Tertangkap Kamera Mesra Dengan Fans