Quantcast

10 Remix Yang Gak Kalah OK Dibandingkan Orisinalnya

By - 4 months ago in Top 10 Lists

Remix. Penikmat musik mana yang tak mengenal istilah ini. Dengan remix, sebuah lagu orisinal bisa diulik atau diimbuhi elemen lain agar terdengar berbeda namun tidak berangkat jauh dari bentuk asli lagunya. Ada banyak kepentingan mengapa sebuah lagu diremix. Yang paling awam mungkin adalah remix seorang DJ untuk lagu populer dan diubah menjadi sebuah lagu dance. Ada yang dialterasi sedemikian rupa agar bisa masuk dalam pangsa pendengar tertentu. Ada pula remix yang sekedar menambah vokal dari penyanyi lain. Dan banyak lagi.

Dalam sejarah industri musik itu sendiri, remix rasa-rasanya sudah hadir semenjak lama. Sudah banyak pula lagu remix di wilayah musik pop yang tak kalah beken atau malah lebih bagus dibandingkan lagu aslinya. Untuk merangkum lagu-lagu remix tersebut menjadi sebuah postingan singkat tentu tidak mungkin. Namun kalau memadatkan batasan untuk tahun 2010 ke atas, mungkin daftar ini bisa menjadi perwakilan barisan lagu remix yang tak kalah atau bahkan mungkin lebih nge-top dibandingkan aslinya.

Tanpa berpanjang-panjang lagi, inilah 10 Remix Yang Gak Kalah OK Dibandingkan Orisinalnya (berdasarkan urutan tahun):

10. Despacito (Justin Bieber Remix) – Daddy Yankee & Luis Fonsi [2017]

‘Despacito’ jelas adalah pilihan yang paling jelas, karena ini merupakan contoh nyata terkini untuk kesuksesan lagu remix yang melampaui lagu orisinalnya. Duo Daddy Yankee dan Luis Fonsi mungkin memang sukses saat membawa ‘Despacito’ ke pasar bahasa Latin, namun saat Justin Bieber tertarik untuk menghadirkan remix versi dirinya, maka ‘Despacito’ secara fenomenal menjadi mega hit tahun ini dan sukses menjadi #1 Hot 100 berpekan-pekan lamanya, seolah-olah tidak mau turun. Secara umum remix-nya masih sama dengan versi asli, namun kini dengan penambahan vokal dan lirik baru berbahasa Inggris dari Bieber.


09. I Took A Pill In Ibiza (SeeB Remix) – Mike Posner [2016]

Di tahun 2016 ditandai dengan sukses single ‘I Took A Pill In Ibiza’ yang memiliki perjalanan mirip dengan ‘Cheerleader’. Merupakan bagian dari album comeback Mike Posner, “At Night, Alone”, ‘I Took A Pill In Ibiza’ awalnya adalah sebuah lagu pop balada yang terdengar murung dan agak moody. Namun kemudian musisi EDM dan DJ SeeB menggubah ulang (nyaris total) lagu dalam bentuk tropical house dan sisanya tinggal sejarah. ‘I Took A Pill In Ibiza (SeeB Remix)’ pun sukses besar dan diputar di mana-mana. Begitu hebat sukses remix ini bahkan menutupi fakta jika sebenarnya ia adalah sebuah lagu remix, bukan orisinal.


08. Cheap Thrills (Sean Paul Remix) – Sia [2016]

‘Cheap Thrills’ adalah salah satu bagian dari trend single yang sukses besar setelah mendapatkan treatment remix. Hanya saja Sia tidak mengajak DJ atau musisi EDM untuk meremix lagunya, melainkan mengajak Sean Paul sebagai featuring act, dengan mengubah lagu agar terdengar lebih kaya dengan nuansa reggae dan tropical. Hasilnya ternyata adalah sebuah formula tepat karena dengan menggabungkan Sia dan Sean Paul, ‘Cheap Thrills’ menuai sukses besar dan mengantarkan Sia untuk mendapatkan #1 Hot 100 pertamanya.

Love Film. Love Books. And Everything in Between.

Comments

One Response to “10 Remix Yang Gak Kalah OK Dibandingkan Orisinalnya”

  1. Mazmuj says:

    S&M Riri dan Brit gak masuk min, kayaknya setelah suara brit masuk, namgkring juga di #1 Billboard Hot 100.

Leave a Reply

Related Articles

Music News | January 20, 2018 By

Cardi B Lewati Rekor Chart Amerika Milik Beyoncé

Music News | By

Drake Rilis Proyek Kejutan, “Scary Hours”, Yang Berisi Dua Single Baru

Music News | By

Bella Thorne Hadirkan ‘Midnight Sun’ Untuk Film Yang Dibintanginya, “Burn So Bright”