Iklan

10 Lagu Latin Yang Menjadi Hits di Tahun 2021

Oleh: welly - 27 Sep 2021

Tak dipungkiri kini lagu-lagu Latin banyak mendominasi tangga lagu global dan semakin diakui menjadi hit internasional layaknya lagu-lagu dari musisi Amerika maupun Inggris. Beberapa nama seperti Bad Bunny, Maluma, J Balvin, Nicky Jam hingga Becky G pastinya tidak asing. Kini CreativeDisc merangkum 10 lagu hits Latin yang wajib kamu dengerin!

10. Rauw Alejandro – Todo De Ti

Penyanyi asal Puerto Riko, Rauw Alejandro telah merilis single ‘Todo de Ti’ (Everything of You), pada 20 Mei 2021 lalu. Selain menjadi #1 US Latin Airplay, US Latin Pop Airplay dan US Latin Rhythm Airplay, single ini juga berhasil masuk Billboard Hot 100 dan #3 Billboard Global 200. ‘Todo de Ti’ merupakan lagu dance dan synthpop yang terinspirasi dari funk era 80-an.

9. Bad Bunny - Yonaguni

Bad Bunny sengaja memilih judul lagu 'Yonaguni' ini yang merupakan salah satu pulau di Jepang. Dirilis pada 4 Juni 2021, lagu berhasil jadi #1 Billboard Hot Latin Songs dan #3 Billboard Global 200. Menariknya di lagu ini Bad Bunny menyanyikan sebagian lirik dalam bahasa Jepang dan videonya menampilkan versi anime dirinya.

8. Farukko – Pepas

Salah satu lagu latin yang lagi tergolong baru yaitu ‘Pepas’ dari penyanyi asal Puerto Riko, Farruko. Single yang dirilis pada 24 Juni 2021 ini berhasil jadi #1 di US Hot Dance/Electronic Songs dan #1 US Hot Latin Songs. ‘Pepas’ juga berhasil masuk Billboard Hot 100 #26. Video musiknya yang disutradari oleh Mike Ho ini menampilkan suasana pesta rave di atas kontainer

7. Aventura, Bad Bunny - Volví

Aventura adalah grup bachata yang terdiri dari keturanan Dominika dan Amerika yang sudah terbentuk sejak tahun 1994 lalu. Kini mereka mengajak musisi Latin yang sedang naik daun, Bad Bunny untuk berkolaborasi di single 'Volví'. Dirilis pada 3 Agustus lalu, single ini berhasil masuk di #22 Billboard Hot 100 dan menjadi lagu mereka dengan charting tertinggi di A.S.

6. J Balvin, Maria Becerra - Qué Más Pues?

J Balvin termasuk salah satu musisi yang paling banyak berkolaborasi dengan para pendatang baru, termasuk kali ini bersama Maria Becerra untuk single ‘Que Mas Pues’. Ini merupakan salah satu lagu yang bernafaskan reggaeton dengan hook yang catchy. Lagu diproduseri oleh Jeff Kelinman dan Sky Rompiendo yang bercerita tentang hubungan yang tidak berlangsung dengan baik.

5. Kali Uchis – Telepatia

‘Telepatía’ adalah lagu milik penyanyi Amerika-Kolombia, Kali Uchis, untuk album berbahasa Spanyol pertamanya, “Sin Miedo (del Amor y Otros Demonios)” (2020). Lagu dilepas menjadi single ketiga untuk albumnya di tanggal 26 Februari 2020 lalu, setelah mendapat atensi yang masif melalui platform media sosial berbasis video, TikTok. Uchis sendiri menyebutkan jika lagunya terinspirasi dari telepati dan kemampuan berkomunikasi secara spiritual bersama seseorang yang ia tidak bisa bersama.

4. Bad Bunny, Jhay Cortez - Dákiti

Sebuah kolaborasi dari sesama musisi asal Puerto Rico, Bad Bunny dan Jhay Cortez di single ‘Dákiti’ ini menjadi lagu latin pertama yang berhasil debut di 10 besar Billboard Hot 100. Single juga berhasil jadi #1 di Billboard Hot Latin Songs Chart. ‘Dákiti’ merupakan single pertama untuk album ketiga Bad Buny, “El Último Tour Del Mundo.”

3. Natti Natasha & Becky G - Ram Pam Pam

Selepas merilis ‘Sin Pijama’ di tahun 2018 lalu, kini Natti Natasha dan Becky G reuni dalam single baru ‘Ram Pam Pam’. Ini merupakan lagu reggaeton yang mendapat suntikan musik dari Timur Tengah. Selain itu, lagu memiliki pesan sebagai sebuah anthem wanita untuk sang mantan. Lagu mengampil sampel dari 'Ella Me Levanto' milik Daddy Yankee. Lagu yang dirilis pada 21 April 2021 ini berhasil jadi #1 di Billboard US Latin Airplay dan US Latin Rhythm Airplay.

2. Nicky Jam, Romeo Santos - Fan de tus Fotos

Nicky Jam kembali berkolaborasi bersama Romeo Santos dalam single reggaetón yang menarik, ‘Fan de tus Fotos’. Seperti judulnya, lagu berkisah tentang seseorang yang jatuh cinta pada orang lain hanya dengan melihat fotonya. Di video musik yang dirilis 9 Februari 2021 ini Nicky dan Romeo menggambarkan rekan kerja yang melamun tentang bos mereka, yang menurut mereka telah mengirimi mereka pesan yang beragam. Lagu berhasil jadi #1 Latin Airplay di bulan April.

1. Maluma – Sobrio

Superstar Kolombia, Maluma kembali dengan single barunya ‘Sobrio’ pada bulan Juli kemarin. Ini merupakan sebuah lagu reggateon pop yang menceritakan Maluma sedang patah hati dan tenggelam dalam kesedihannya. Video musik ‘Sobrio’ juga menghadirkan banyak cameo, seperti sang kekasih Maluma, yaitu model asal Israel Eden Fines, Scott Disick, Saweetie, Quincy Brown hingga model Victoria’s Secret, Shanina Shaik.

welly
More from Creative Disc