Trending News

Blog Post

Album of The Day: Chairlift – Does You Inspire You
Album of The Day

Album of The Day: Chairlift – Does You Inspire You 

PhotobucketPada akhirnya, saat ‘Does You Inspire You’, album debut mereka keluar, kita menjadi tidak sabar untuk mendengarkan lagu-lagu catchy lain yang sejenis. Sayangnya, kalau kita mengharapkan untuk mendengarkan lagu-lagu setipe itu, maka kita akan merasa kecewa sekali. Oleh karenanya, jika alasan kita mendegarkan album ini hanya gara-gara ‘Bruises’, maka batalkan saja niat untuk memilikinya! Saya bersungguh-sungguh.

‘Does You Inspire You’ adalah sebuah album elektro-pop yang bertendensi kepada trip-hop, jadi, selain ‘Bruises’ lagu-lagu yang ada di album ini cenderung moody dan gloomy serta atmosferik. Dibuka dengan ‘Garbage’, maka lagu yang mengandalkan vokal Caroline Polachek yang menyeret-nyeret dan didukung dengan musik yang gelap. Rasa tidak nyaman akan segera kita rasakan kalau kita tidak menyukai jenis musik seperti ini. Selanjutnya ada ‘Planet Health’ yang sama moody-nya, namun memakai pendekatan pop 80-an. Kalau dulu sering mendengar musik-musik Betharia Sonata, Dian Phisesa atau artis sejenisnya, maka pasti ketukan drum di musik ini yang memakai pola hasil synthesizer yang sama, akan mengingatkan hal itu. ‘Earwig Town’ dibuka dengan petikan gitar ala musik James Bond, namun sebenarnya ini adalah sebuah elektro-pop yang subtil. Setelah ‘Bruises’, maka kita mendegarkan ‘Somewhere Around Here’ yang mengaluh lembut dan vokal Polachek ditingkahi oleh vokal Aaron Pfenning yang juga gitaris band ini. Mereka melirihkan nyanyian dengan penuh perasaan, sehingga rasanya sulit untuk tidak menyukai lagu ini. ‘Evident Utensil’ adalah single kedua yang mereka rilis dan ini termasuk langkah komersil yang wajar, karena lagu ini adalah sebuah pop yang riang dan mampu mengajak untuk bergoyang. Selanjutnya ada ‘Territory’ yang terasa sangat berat dalam ambience-nya dan vokal Polachek seolah-olah mengingatkan akan kegetiran ala Tori Amos namun juga mengingatkan akan gaya bernyanyi Sarah McLachlan. ‘Flying Saucer Hat’ tidak terdapat dalam rilisan album ini sebenarnya, namun untuk Indonesia, kita mendapatkan bonus tambahan dua lagu. Ini adalah sebuah lagu ringan yang riang tapi dinyanyikan dalam bahasa Perancis yang sempurna oleh Polachek. Sedang ‘Make Your Mind Up’ bernuansa new-age dengan sentuhan instrumen tradisional, meski sebenarnya tidak kalah gloomy dibandingkan ‘Territory’. Bersama, mereka adalah lagu-lagu terberat dalam album ini.

Selanjutnya kita akan mendengarkan bonus trek yang kedua, ‘Dixie Gypsy’, yang kali ini mengandalkan vokal Pfenning sebagai kekuatan utama. Pfenning beraksi kembali dalam ‘Don’t Give A Damn’ , hanya saja kali ini ia berduet dengan Polachek. Secara pribadi saya sangat menyukai lagu yang sangat bernuansa minimalis ini, meski hanya diiringi oleh instrumen yang sangat terbatas namun terasa optimal dalam jenialitasnya. Sama halnya dengan ‘Somewhere Around Here’, maka ini adalah jenis lagu balada yang mengalun lembut dan dipenuhi oleh unsur retro-pop. ‘Chameleon Closet’ adalah instrumental yang sangat psychedelic, dan rasa-rasanya bisa dipakai sebagai musik latar film-filmnya David Lynch, karena nuansa absurditas yang kental, yang tujuan sebenarnya adalah pengantar untuk trek terakhir, ‘Ceiling Wax’ yang sangat dreamy dan mengambang, sebagai penutup yang rasanya tepat untuk menggambarkan album ini secara keseluruhan.

Nah, itulah ‘Does You Inspire You’, sebuah pengalaman musikal yang atmosferik. Pop, akan tetapi ini bukan dari arus utama. Seharusnya ‘Bruises’ sudah mengindikasikan itu, karena meski ringan namun nuansa indie kental sekali terasa di single tersebut, sehingga rasanya aneh jika kita mengharapkan hal yang sama untuk lagu-lagu lainnya.

Chairlift pada mulanya adalah proyek eksperimental duet Pfenning dan Polachek saat masih berada di Universitas Kolorado, Amerika. Setahun kemudian, bersama basis mereka, Kyle McCabe, merekam EP pertama mereka, ‘Daylight Savings’. Setelah mereka pindah ke Brooklyn, New York, mereka mendapatkan kontrak untuk menggarap album penih dibawah Kanine Records. Mereka adalah kumpulan yang mengusung musik elektronik, dan seperti umumnya band sejenis, varian musik yang mereka tawarkan memang tidak umum dan tersegmentasi pastinya. Akan tetapi namun rasanya itu tidak menghalangi mereka untuk membuat musik-musik yang bagus. ‘Does You Inspire You’ adalah contohnya. Sangat direkomendasikan untuk penyuka aliran alternatif.

(Haris / CreativeDisc Contributors)

TRACK LIST:

01. Garbage

02. Planet Health

03. Earwig Town

04. Bruises

05. Somewhere Around Here

06. Evident Utensil

07. Territory

08. Flying Saucer Hat

09. Make Your Mind Up

10. Dixie Gypsy

11. Don’t Give a Damn

12. Chameleon Closet

13. Ceiling Wax

Related posts

Leave a Reply