Trending News

Blog Post

Album of The Day: Howie Day – Sound The Alarm
Album of The Day

Album of The Day: Howie Day – Sound The Alarm 

PhotobucketSebenarnya agak susah mengungkap satu rahasia besar yang bisa membuat Howie Day stand out in the crowd, apalagi untuk saat sekarang ini. Cowok kelahiran 15 Januari 1981 ini terdengar begitu mediocre di album keduanya, Sound the Alarm. Padahal sebenarnya materi album ini tidak sembarangan lho. I can say that this is what he’s really got in store.

Dia menuangkan seluruh isi hati, pikiran, dan jiwanya ke dalam rekaman studio keduanya. Tapi kenapa kemudian kesan biasa2 saja yang kita tuai? Well, kalau kamu memang penikmat alternative music mungkin kamu akan menemukan a fine experience untuk album ini. Tapi kalau kamu penggemar genre lainnya, mungkin kamu akan berpendapat I feel like been heard this before. Well, dia menawarkan satu yang sejalan dengan Theo Tams, Jon McLaughlin, Brian Melo, dan Kurt Nilsen.

As a matter of fact, album ini dikerjakan saat Howie merasa ingin istirahat sejenak dari kegiatan tur yang membuatnya benar2 sibuk. Bisa dibayangkan, 5 tahun tampil sebelum perilisan album pertamanya ‘Stop All The World Now’ dan non-stop 3 tahun setelahnya. Maka, masa tenggang itu Howie manfaatkan untuk menulis lagu2 dalam album ini. ‘So Stung’ dan ‘Weightless’ adalah pembuka yang megah dengan karena sound orkestranya. Beberapa lainnya terdengar begitu familiar. ‘Longest Night’, ‘No Longer What You Require’, dan ‘Postcard from Mars’. Sebenarnya pemanasan untuk album yang rilis 8 September 2009 ini adalah EP berjudul ‘Be There’ yang dikeluarkan di 5 Mei 2009, yang berisi 3 lagu yang juga dimasukkan dalam album ini. ‘Be There’ sebagai singl pertamanya, berikut ’40 Hours’, dan ‘Counting On Me’.

Sound the Alarm teknisnya merupakan album ketiga Howie, jika kita merujuk kepakan sayap Howie tahun 2000, dimana dia merilis satu album di Australia. Dan album ini direkam setelah sebelumnya 3 tahun dalam rehabilitasi alhokol. Sehingga lagu ‘Counting On Me’ sangat personal. Best track of the album. ‘Sound the Alarm’ dengan solo piano. Dan beberapa lagu yang naik daun ketimbang yang lain adalah ’40 Hours’, ‘Everyone Love To Love A Lie’, dan ‘Undressed’. 3 sensasi berbeda, country, soft rock, dan acoustic unplugged isa kita nikmati di 3 track itu. Dan ini pasti karena Howie rajin kolaborasi dengan nama2 Martin Terefe (Jason Mraz, KT Tunstall), Mike Denneen (Aimee Mann, Fountains of Wayne), Mike Flynn (The Fray, Augustana), Warren Huart (The Fray, Augustana, Better Than Ezra]) dan Better Than Ezra frontman Kevin Griffin.

Kesimpulannya, Sound The Alarm mungkin tidak akan menjadi apa2 jika kita menilai album ini sebagai karya alternative rock semata, tapi akan jauh lebih berkesan jika kita menilai album ini sebagai satu karya from the heart.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “So Stung” (Howie Day, Jay Clifford) – 4:37
2. “Weightless” (Day, Martin Terefe) – 3:57
3. “Longest Night” (Day, Mike Flynn, Kevin Grffin, Clifford) – 3:35
4. “40 Hours” (Day, Clifford) – 3:33
5. “Be There” (Day, Griffin) – 3:51
6. “Everyone Loves To Love A Lie” (Day, Clifford) – 4:02
7. “Undressed” (Day, Griffin) – 3:33
8. “Sound the Alarm” (Day, Clifford) – 3:51
9. “No Longer What You Require” (Day, Stephen Fiore) – 5:59
10. “Postcard From Mars” (Day, Les Hall) – 4:48
11. “Counting On Me” (Day, Clifford) – 3:37

Related posts

Leave a Reply