Trending News

Blog Post

Album of The Day: Zee Avi – Self Titled
Album of The Day

Album of The Day: Zee Avi – Self Titled 

PhotobucketPertama kali mendengar nama Zee Avi adalah dari membaca suggestion di Facebook karena salah seorang teman menjadi penggemarnya. Saya sendiri belum menaruh perhatian sampai Zee Avi muncul dalam tayangan iklan Channel [V] AMP, sebuah acara televisi yang berisikan musisi-musisi asal Asia. Sejak itu saya menjadi agak penasaran dengan musik dari musisi kelahiran Malaysia ini. Darah seni Zee mengalir dari Kakek pihak Ayah yang adalah pemain band sekaligus penyanyi. Dengan kemampuannya memainkan instrument seperti gitar dan ukulele serta menciptakan lagu, rasanya layak jika Zee mendapatkan spotlight.

Keberuntungan Zee adalah kisah sukses era internet saat ini. Zee menjadi e-librity sejak ia memasukkan video pertunjukkannya ke Youtube agar temannya dapat ikut menyaksikan. Sejak itulah Zee mulai dikenal pengguna internet dari seluruh dunia, hingga akhirnya Zee mendapatkan tawaran rekaman dari Ian Montone. Hingga akhirnya album Zee dirilis dibawah produksi bersama label Ian Montone, Monotone Label dengan label Jack Johnson Brushfire Record.
Musik Zee sendiri bernuansa pop folk akustik dengan sedikit sentuhan jazz, didominasi dengan iringan gitar.Terdengar minimalis dengan lirik-lirik yang gelap, musik Zee memang bukan musik yang bisa dikategorikan kupinggenic. Agak monoton buat mereka yang lebih suka musik pop yang lebih dinamis. Tetapi jika kita sudah terbiasa musik Zee ini nikmat untuk didengarkan. Zee mengakui gaya bermusiknya dipengaruhi oleh Regina Spektor, Leonard Cohen hingga Billie Holiday. Zee mengakui menyukai gaya lirik dari musik klasik jazz yang cenderung lugas dalam bertutur. Coba perhatikan lirik dari komposisi ‘Bitter Heart’ ini:

Bitter heart, bitter heart tries to keep it all inside
Bitter heart, bitter heart shadows will help you try to hide
Bitter heart my bitter heart is getting just a little fragile
Bitter heart bitter heart of mine
And then you come and tell me the same reason that you did yesterday
so tell me what’s her name

Mungkin jika diperhatikan kelembutan musik Zee Avi ini mengingatkan pada Norah Jones, hanya versi gitaris.
(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. Bitter Heart
2. Poppy
3. Honey Bee
4. Just You And Me
5. Is This The End
6. Monte
7. Kantoi
8. I Am Me Once More
9. First of the Gang
10. Darlin’ It Ain’t Easy
11. The Story
12. Let Me In

Related posts

Leave a Reply