Trending News

Blog Post

Time Tunnel – Billie Piper
Time Tunnel

Time Tunnel – Billie Piper 

Photobucket

Profil singkat…
Billie terlahir dengan nama Lianne Paul Piper tanggal 22 September 1982. Memulai karir di dunia hiburan saat usia remaja dengan ikutan acara televisi yang tayang tiap hari Minggu, Scartchy and Co. Hingga akhirnya tampil sebagai bintang iklan televisi dalam promo majalah pop Smash Hits. Mulai dari sinilah kemudian Billie tampil sebagai penyanyi melalui kontrak rekaman dengan Virgin saat usianya masih 15 tahun!

Being Billie in Honey To The B…
Album pertamanya pun akhirnya rilis di UK pada tanggal 19 Oktober 1998. Sebelumnya, Billie sudah membuat single Because We Want To menjadi juara di UK Single Chart edisi 5 Juli 1998. Sejarah pun terukir. Lagu ciptaan Wendy Page, Jim Marr, D Rambo, dan J Richmond ini berhasil menempatkan nama Billie sebagai penyanyi termuda yang punya lagu nomor 1 di UK selama lebih dari 40 tahun. Lagu ini kemudian menjadi lagu resmi Women’s World Cup di tahun 1999. Muda, cantik, enerjik. Itulah modal Billie menaklukkan industri musik. Pop memang sangat berjaya di masa2 awal karirnya. Positive effect buat single ke-2-nya Girlfriend yang juga menembus posisi pertama di UK. Setelahnya barulah album Honey To The B rilis dan memperoleh double platinum di New Zealand dan platinum di UK. Prestasi. Merasa ingin memperluas daerah jajahan, Billie merilis debut albumnya ini di US tanggal 3 Maret 1999 sekaligus dengan single pertama untuk US berjudul She Wants You. Tapi sayangnya Billie tak begitu diperhitungkan di US, meski sempat masuk Top 10 untuk US Billboard Hot Dance Club Play.Di negerinya sendiri, She Wants You dan dan Honey To The Bee menjadi lagu Top 3-nya.

Being Billie Piper in Walk Of Life…

Di tahun 2000, Billie memutuskan untuk tampil dengan nama Billie Piper dalam album ke-2-nya yang berjudul Walk Of Life. Masih bergelut di bidang pop, tapi disini tampilannya lebih dewasa dibanding Honey To The B yang sangat remaja. Album ini lebih dulu rilis di Jepang pada bulan Juli dan menyusul UK di 2 Oktober-nya. Bagaimana dengan US? Album ini tidak dirilis. Penjualan album yang ini dibandingkan yang pertama di UK lumayan mengecewakan. Tapi usut punya usut, ternyata banyak fans yang memesan dari Jepang berhubung terlalu lama nunggu versi UK-nya. Single dari album ini adalah Day & Night yang berhasil menaikkan Billie Piper kembali ke posisi 1. Video klipnya super seru, mulai dari jalanan sampai ke club. Nama di balik kesuksesan lagu ini adalah Eliot Kennedy, Mikkel Storleer Eriksen, dan Tor Erik Hermansen. Setelah itu, ada yang lebih seru, yaitu Something Deep Inside yang rilis sebagai single ke-2. Inilah lagu Top 10 terakhir Billie Piper. Masih dibantu ama Eliot Kennedy dan hanya mampu peak di posisi noimor 4. Hingga Walk Of Life dirilis sebagai single ke-3 pada tanggal 11 Desember 2000 dan pembatalan The Tide Is High sebagai single ke-4, Billie Piper akhirnya memutuskan untuk berhenti dari industri musik (entah secara permanen atau temporer) dan konsentrasi untuk karir di dunia film.

As time goes by…
Billie Piper ternyata lebih menginginkan akting ketimbang nyanyi dari awal. Sehingga keputusan memberhentikan karir menyanyinya dimanfaatkan secara optimal untuk belajar ekting di London sejak 2003. Kemudian muncullah wajah Billie Piper dimana2, The Calcium Kid, Doctor Who, The Ruby In The Smoke, Secret Life of a Call Girl, dan maish banyak lagi. Banyak yang mengometari bahwa karir ektingnya jauh lebih gemilang dibanding karir musiknya. Tapi Billie pernah menjadi penyanyi termuda dengan single nomor 1 di UK. Dan itu lebih dari cukup untuk membuktikan betapa dirinya pernah dikenal di dunia musik.

During her music…
Selama Billie Piper menjadi satu nama dalam dunia musik, selain 2 album studio dia juga merangkum lagu2nya ke dalam kompilasi The Best Of Billie di tahun 2005. Album ini berisi 15 lagu termasuk single Because We Want To, Girlfriend, She Wants You, Honey To The Bee, Day & Night, Something Deep Inside, Walk Of Life, dan lagu2 lain dari 2 album studionya seperti Party On The Phone, I Dream, The Tide Is High, hingga Promises.

Billie ikutan dalam single Thank ABBA For The Music, yang sebenarnya adalah medley yang ditampilkan dalam acara Brit Awards di tahun 1999. Nama2 yang tampil bersamanya adalah Steps, Tina Cousins, Cleopatra, dan B*Witched. Medley ini menampilkan Take a Chance on Me, Dancing Queen, Mamma Mia, dan Thank You For The Music. Single ini juga bisa diperoleh dalam album Abbamania yang juga menampilkan mendiang Stephen Gately (Chiquitita), S Club 7 (Dancing Queen), The Corrs (The Winner Takes It All), dan Culture Club (Voulez Vous).

Masih dari tahun 1999, saat Billie pacaran dengan anggota boyband Five, Ritchie Neville. Ada kejadian yang membuat Billie menangis darah. Itulah kejadian di Smash Hits Poll Winner’s party, Billie memenangkan Best Female dan Best Dressed Female yang kemudian disorak-sorai-mempermalukan oleh fans-nya Rich. Fans memang enggak pernah iklas kalau sang idola sudah punya gandengan. And I wonder, apakah jaman sekarang masih seperti ini ya fanatiknya? Entahlah.

Billie Piper merekam lagu ciptaan Dianne Warren yang berjudul Makin’ My Way (Anyway That I Can) di tahun 2000. Album yang berisi all-pop-stars yang sedang naik daun-naik daunnya ini mendapat angka penjualan 2 juta kopi di US dan berhasil masuk di duduk posisi 8 Billboard Hot 200 Albums. Selain Billie Piper, album ini juga menampilkan M2M (Don’t Say You Love Me), Christina Aguilera (We’re A Miracle), 98 Degrees (Fly With Me), Aaron Carter (Have Some Fun With The Funk), hingga Emma Bunton (Hey You Free Up Your Mind).

Single Honey To The Bee dinyanyikan ulang oleh grup cewek asal Swedia, Play untuk album mereka Replay di tahun 2003. Desmond Child adalah orang yang memproduseri lagu tersebut untuk mereka. Sedangkan untuk Billie sendiri, Honey To The Bee nongol lagi di UK Singles Chart di pertengahan Januari 2007 posisi 17 sehubungan dengan kampanye Radio 1 yang menginginkan lagu tersebut balik ke Top Download, sehubungan dengan peraturan baru chart yang menghitung perolehan dari penjualan download.

Awards
1998 – Smash Hits Awards: Princess of Pop
1999 – Smash Hits Awards: Best Female
1999 – Smash Hits Awards: Best Dressed Female
1999 – Smash Hits Awards: Best Female Act

Albums
1999: Honey to the B
2000: Walk of Life
2005: The Best of Billie

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply