Trending News

Blog Post

2009 American Music Awards Winners and Performances
Music News

2009 American Music Awards Winners and Performances 

Gengsi American Music Awards sebagai salah satu dari ajang penghargaan music terbesar bukan hanya se-Amerika, tapi juga mendunia masih menanjak. Bahkan tahun ini, AMA diwarnai dengan 18 penampilan langsung dan 12 penghargaan yang diberikan secara langsung juga. Triple glamour! Dan benar2 memukau.

Opening
Acara tahun ini dibuka dengan penampilan medley dari Janet Jackson. Control-What Have You Done Fore Me Lately-Miss You Much-If-Make Me-Together Again dibawakan non-stop dengan koreografi yang benar2 membutuhkan stamina. Janet tampil maksimal sekaligus membuka kemeriahan malam 22 Nopember tersebut. Gemerlap panggung, teriak riuh penonton, hingga sorotan lampu ke beberapa penampil malam itu membuat suasana menjadi semakin meriah. Dari sini kita tau, American Music Awards is a show which worth to watch!

No Host!
Untuk pertama kalinya ajang AMA ini tidak ada host. Sehingga peran setiap guest appearances dimaksimalkan dalam pemberian tropi dan performers presenting. Paula Abdul muncul dengan gaun malam yang sangat anggun (sorry, I don’t talk Prada, hihi) membawakan nominasi untuk Favorite Pop/Rock Band, Duo or Group yang dimenangkan oleh the Black Eyed Peas. Setiap anggota BEP memberikan speech dalam kemenangan mereka, setelah harus bersaing memperebutkan vote dari Kings of Leon dan Nickelback.

Nama2 artis yang memberikan guest appearances tahun ini mulai dari orang2 dalam American Idol, anak2 Disney Channel, pemain serial televisi, country legend, R&B superstars, hingga aktor senior. Semuanya memberikan kontribusi yang menarik dalam memberikan penghargaan maupun memperkenalkan penampil. Bahkan Perez Hilton juga sempat tampil sebelum break untuk menyampaikan betapa meriahnya AMA tahun ini di backstage.

Tercatat 12 penghargaan yang diberikan secara live, dan beberapa speech yang memorable adalah:
1. Taylor Swift : dari 3 tropi yang diserahkan, Taylor yang saat acara berlangsung berada di Inggris menyampaikan bahwa musik bukanlah hanya sebatas kompetisi, dan dirinya merasa bangga luar biasa disandingkan dalam satu nominasi bersama legenda Michael Jackson.
2. Jermaine Jackson : MJ yang mendapatkan 2 tropi langsung malam itu diterima oleh Jermaine yang menyampaikan rasa terima kasih kepada Dick Clark, produser acara, mengingat peran Clark dalam awal karir mereka di the Jackson 5.
3. Keith Urban : he’s sure a family man. Dia membawa serta Nicole Kidman dalam acara ini dan tidak lupa mengucapkan terima kasih saat namanya dipanggil sebagai pemenang AMA untuk pertama kalinya. Jay-Z saat memenangkan Hip-Hop Male justru mengucapkan terima kasih atas kontribusi Alicia Keys dalam albumnya tanpa menyebut nama Beyonce sekalipun.
4. Whitney Houston : Diva ini tampak berkaca2 saat menerima International Artist Award.

The Performances…
Photobucket

Lebih banyak penampilan live tahun ini. Tercatat 18 penampilan termasuk opening dan closing, menjadikan AMA sebagai ajang yang penuh warna. Shakira membawakan ‘Give It Up To Me’ dalam busana minim berwarna hitam didampingi puluhan penari wanita mulai dari panggung hingga lorong seats penonton. Jay-Z dan Alicia Keys tampil dengan ‘Empire State Of Mind’, Eminem dan 50 Cent membawakan ‘Crack A Bottle’ dan ‘Forever’, kemudian Timbaland memboyong SoShy dan Nelly Furtado untuk ‘Moring After Dark’.

Photobucket

Beberapa yang outstanding dengan setting panggung yang extra-ordinary pastilah ditampilkan oleh Lady Gaga. Cewek nyentrik yang full of surprises ini tampil sedikit berbahaya dengan adegan memecahkan kaca, bermain piano yang terbakar, dan menutup penampilannya dengan memecahkan botol di pianonya. Rihanna juga tidak mau kalah, cewek ini tampil dengan gaya rambut baru membawakan medley ‘Mad House’, ‘Wait Your Turn’, dan ‘Hard’. BEP tampil dengan 2 hits dari The END, ‘Meet Me Halfway’ dan ”Boom Boom Pow’.

Penampilan dengan hits terakhir dari album masing2 artis juga menjamur. Kelly Clarkson terdengar begitu effortless membawakan ‘Already Gone’ versi orkestra. Dan ini benar2 memukau. Vokal Kelly terdengar prima. Ini kebalikan dari penampilan Whitney Houston membawakan ‘I Didn’t Know My Own Strength’ yang terkesan begitu struggle sepanjang lagu. Daughtry tampil dengan ‘Life After You’, Keith Urban untuk ‘Kiss A Girl’, Green Day dengan hit ’21 Guns’, dan Alicia Keys tampil kedua kalinya dengan ‘Try Sleeping With A Broken Heart’. Penampilan super sexy dan enggak biasa datang dari Carrie Underwood. Dirinya menyuguhkan ‘Cowboy Casanova’ dengan koreografi.

Disini sekaligus juga ajang promosi single terbaru pastinya. Itulah yang dilakukan oleh Jennifer Lopez. Lagu terbarunya ‘Louboutins’ dibawakan dengan tema boxing. Saat melakukan lompatan dari tangga manusia, J.Lo terpeleset dan jatuh, tapi syukurnya istri Marc Anthony ini mampu berdiri dan melanjutkan gerakan tarinya. Mary J Blige tampil bersahaja untuk ‘I Am’. This is one of my favourite performance of the night!

Photobucket

Closing
Seperti yang sudah ditunggu2, Adam Lambert menutup acara AMA tahun ini dengan sesuatu yang tidak kalah heboh dan seronok dibanding Lady Gaga atau Rihanna. Adam dengan setelan kulit tampil dalam vokal yang prima membawakan ‘For Your Entertainment’. Berhubung Adam sudah sangat tidak asing dengan panggung, maka penampilannya juga nyaris sempurna. Hanya tercatat olehku satu slip saat Adam koprol memasuki verse ke-2 lagunya. Dan Ryan Seacrest menutup acara dengan pernyataan bahwa Adam-lah yang mendesain sendiri baju yang dikenakannya saat tampil.

Awards yang dibagikan di acara :
1. Favorite Pop/Rock Band, Duo or Group : Black Eyed Peas
2. Favorite Country Music Band, Duo or Group : Rascal Flatts
3. Favorite Pop/Rock Female Artist : Taylor Swift
4. Favorite Alternative Rock Artist : Green Day
5. Favorite Soul/R&B Male Artist : Michael Jackson
6. Favorite Country Male Artist : Keith Urban
7. Favorite Soul/R&B Female Artist : Beyoncé
8. International Artist Award : Whitney Houston
9. Favorite Country Female Artist : Taylor Swift
10. Favorite Pop/Rock Male Artist : Michael Jackson
11. Favorite Rap/Hip Hop Male Artist : Jay-Z
12. Artist of the Year : Taylor Swift

Awards lainnya :

1. Breakthrough Artist Award : Gloriana
2. Favorite Pop/Rock Album : Number Ones – Michael Jackson
3. Favorite Country Music Album : Fearless – Taylor Swift
4. Favorite Rap/Hip Hop Album : The Blueprint 3 – Jay-Z
5. Favorite Soul/R&B Band, Duo or Group : Black Eyed Peas
6. Favorite Soul/R&B Album : Number Ones – Michael Jackson
7. Favorite Soundtrack : Twilight – Various artists
8. Favorite Adult Contemporary Artist : Taylor Swift
9. Favorite Latin Music Artist: Aventura
10. Favorite Contemporary Inspirational Artist : Mary Mary

Di akhir acara, sang narator mengumumkan bagaimana proses mendapatkan nama2 nominasi untuk ajang AMA dan cara pemilihan pemenangnya. 2009 should be a year of The E.N.D, tapi mengapa nama BEP tidak masuk dalam kategori Artist of the Year???
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Pictures Courtesy of GettyImages.com

Related posts

Leave a Reply