Trending News

Blog Post

Album of The Day: Chris Brown – Grafitti
Album of The Day

Album of The Day: Chris Brown – Grafitti 

PhotobucketSangat wajar jika para penggemar, fans dan penikmat musik meragukan album ketiga pria hitam ini yang dirilis sejak Desember tahun lalu bisa meraih sukses. Hemmm, lupakan saya tidak bermaksud membahas masalah yang terjadi antara Chris Brown (CB) dengan sang mantan kekasih. Terlepas dari hal tersebut, tampaknya CB tidak menyerah dan berusaha membuktikan bahwa CB masih bisa diperhitungkan di dunia musik.

Graffiti yang diproduseri Swizz Beatz, Polow Da Don,The Messengers, Brian Kennedy, hingga Ryan Leslie, sedikit memiliki perubahan materi pada album sebelumnya. Di samping Hip Hop, dan R&B, CB memasukan unsur Electropop, dan dance-pop pada album ketiganya ini, dan sedikit memberukan perbedaan dari album-album sebelumnya.

Dibuka dengan “I Can Transform Ya” yang dibawakan bersama Lil Wayne dan Swizz Beatz,pada intronya yang terdengar suara robot, berlanjut dengan vokal rapper Lil Wayne, menjadikan “I Can Transform Ya” single dengan nuansa electropop sangat pas untuk bergoyang. Tidak hanya “I Can Transform Ya” saja, “I.Y.A.” (In Your Arms), serta “Pass Out” (featuring Eva Simons) merupakan beberapa track dengan beat-beat nuansa dance-pop. Mau track dengan nuansa r&b? “Famous Girl”, “Sing Like Me”, “Take My Time” (featuring Tank) merupakan beberapa track dengan irama r&b down-tempo, tidak mengecewakan.

Bagaimana dengan single balladnya? “Crawl” berhasil dibawakan dengan penuh penghayatan yang dalam, begitu juga dengan “I’ll Go” yang tampaknya terinspirasi dari pengalaman hidup CB. Jangan lewatkan “So Cold”, “Famous Girl”, “Wait” (featuring Trey Songz and Game), serta “Lucky Me” dengan beat med-tempo r&b asyik untuk dinikmati. Sebagai penutup, “Girlfriend” (featuring Lupe Fiasco) diberikan sebagai bonus track yang masih mengandalkan irama electropop.

Graffiti secara keseluruhan memberikan nuansa baru dalam beberapa materi musik, setelah Exclusive yang dirilis dua tahun lalu membuat CB semakin melambung. Meski terdapat sedikit perubahan pada album sebelumnya, namun tampaknya hal tersebut tidak begitu mempengaruhi nilai album ini secara keseluruhan. Pada beberapa singlenya, tampak terlihat sepertinya CB memang berusaha mengikuti perkembangan pasar, hal itu terlihat dengan dimasukannya beberapa genre musik ke album Graffiti ini.

Terlepas album ini akan sukses atau tidak seperti album sebelumnya, Graffiti merupakan pembuktian bahwa CB dapat bangkit dan tidak tenggelam dari segala permasalahannya. Graffiti merupakan album yang layak di koleksi dan masuk ke dalam daftar CD kalian. Bingung menemukan ada 2 macam cover yang berbeda pada albumnya? Pada rilisan Sony Music tersedia dalam dua macam, yakni versi standar berisi 14 lagu, dan versi Deluxe Edition yang berisi 21 lagu. So, tinggal kalian pilih mana yang pas buat kalian.
(Joe Ari Shasta / CreativeDisc Contributors)

Track List:
Standar Version
1. “I Can Transform Ya” (featuring Lil Wayne and Swizz Beatz) 3:48
2. “Sing Like Me” 4:15
3. “Crawl” 3:56
4. “So Cold” 3:38
5. “What I Do” (featuring Plies) 4:00
6. “Famous Girl” 3:39
7. “Take My Time” (featuring Tank) 4:38
8. “I.Y.A.” Free School 3:08
9. “Pass Out” (featuring Eva Simons) 3:53
10. “Wait” (featuring Trey Songz and Game) 4:30
11. “Lucky Me” 5:10
12. “Fallin Down” 4:10
13. “I’ll Go” 3:05
14. “Girlfriend” (featuring Lupe Fiasco) 4:15

Deluxe Edition

15. “Gotta Be Ur Man” 3:17
16. “Movie” 4:04
17. “For Ur Love” 3:45
18. “I Need This” 4:21
19. “I Love U” (featuring Ester Dean) 3:25
20. “Brown Skin Girl” (featuring Sean Paul and Rock City) 4:13
21. “Chase Our Love” 3:21

Related posts

Leave a Reply