Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Sade
Time Tunnel

Time Tunnel: Sade 

Photobucket

Sade, buat yang mungkin kesulitan atau bingung pengucapannya, bisa dibaca dengan shah-DAY. Sade di bentuk kali pertama pada tahun 1983 di Inggris, yang banyak mengusung elemen musik, sebut saja R&B, soul, jazz, funk hingga soft rock. Sementara Sade Adu sang vokalis, berasal dari Nigeria. Personil tetap selain Sade sendiri pada posisi vokalis dan pencipta lagu, sampai saat ini personel yang lain yakni Stuart Colin Matthewman pada gitar dan saxopone serta penulis lagu, Paul Spencer Denman pada bass serta Andrew Hale pada posisi keyboards, Paul dan Adrew sendiri memiliki peranan penting untuk menciptakan lagu. Lalu bagaimana perjalan debut album mereka?

Periode 1980
Tahun 1980 merupakan perjalanan awal Sade. Sebelum merilis debut album perdana mereka, pada tahun 1982 Sade bersama Stuart, Paul Spencer dan Paul Anthony Cook membuat materi pertama, dan Andrew Hall bergabung pada tahun 1983, hingga pada akhirnya Cook memutuskan mengundurkan diri pada tahun 1984. Tampil kali pertama di Ronnie Scott’s Club, London – Inggris, pada tahun 1982, hingga berlanjut pada tahun 1983 dengan penampilan perdana mereka yang mendapat perhatian besar dari berbagai media di US, Danceteria Club, New York tepatnya memuluskan langkah Sade untuk masuk ke jalur rekaman yang lebih besar, namun sebelum bergabung dengan label Epic sampai sekarang, record yang menaungi Sade sebelumnya yakni Portrait Records.

Debut album perdana yang dirilis pada tahun 1984, menghasilkan hits “Your Love Is King” yang terdapat pada album Diamond Life. Debut album ini meraih 4x platinum, dan Diamond Life dirilis untuk pasar US pada tahun yang sama menghasilkan hits “Hang on to Your Love” dan single yang terkenal lain yakni “Smooth Operator”. Setahun setelah merilis album perdana, album kedua mereka Promise yang juga dirilis pada tahun 1985 berhasil menempati posisi pertama di UK, dan untuk kali pertama Sade memenangkan Grammy untuk kategori Best New Artist. 3 tahun setelah album Promise, Stronger Than Pride dirilis pada tahun 1985, meski tidak mencapai posisi puncak dan hanya meraih posisi ke 3 di UK, namun Stronger Than Pride berhasil meraih platinum, juga berkat dukungan single “Paradise”.
Artist.

Periode 1992 Hingga Kini
Love Deluxe, merupakan album ke empat mereka, dirilis tidak begitu jauh dari album sebelumnya, yakni 4 tahun. Mengandalkan hits “No Ordinary Love”. Melaui album Love Deluxe ini, Sade di ganjar dengan Grammy untuk kategori Best R&B Performance by a Duo or Group melalui single “No Ordinary Love” juga. Penjualannya pun tidak mengecewakan, meraih platinum di US, hingga Gold di UK. Mejelang 2 tahun setelah Love Deluxe, Sade merilis album kompilasi pertama mereka: The Best Of Sade, dan hiatus alias beristirahat. Kemana saja mereka? Dimulai dengan para personilnya yang memulai proyek sampingan, hingga membuat album sendiri.

Setelah merasa nyaman beristirahat selama 8 tahun, Sade tampil perdana pada acara MOBO Award, yang pada saat itu memunculkan rumor bahwa mereka akan kembali bereuni dan membuat album. Ternyata rumor tersebut menjadi kenyataan. Lover’s Rock album kelima mereka dirilis di Inggris yang pada sehari sebelumnya dirilis di US. Meski hanya menempati posisi 18 di UK, namun berhasil meraih predikat Gold. Bagaimana di US? Ternyata untuk pasar US Sade meraih posisi yang sangat berbeda hampir jauh, meraih posisi ke 3 di Billboard 200, Lover’s Rock meraih platinum dengan mangandalkan hits “By Your Side”. Singel lain yang dapat dinikmati? “Flow” hingga “King of Sorrow” dapat dinikmati.

Hiatus lagi? Pastinya, Karena sejak album Lover’s Rock ini memang tidak ada tanda-tanda kapan Sade akan membuat album. Namun penantian itu terjawab sudah, dengan memperkenalkan single perdana mereka yang juga menjadi judul album perdana “Soldier of Love” pada bulan Desember tahun 2009 lalu, menandakan usai sudah penantian penggemar setianya. Album ke enam mereka, Soldier Of Love yang dirilis pada Februari lalu sampai saat ini penjualannya terus mengalami peningkatan. Seperti apa materinya? Album Soldier of Love bisa kamu baca disini. Terlepas dari memang lamanya Sade merilis album hingga satu dekade, mungkin penggemarnya tidak akan tahu kira-kira kapan Sade akan merilis album baru? Atau tidak merilis sama sekali? Hemm hanya Sade sendiri yang tahu, namun terlepas dari semua itu, setiap materi yang diberikan Sade yang pasti tidak mengecewakan dan di tunggu penggemarnya. Selain bertemakan tentang cinta dan hubungan antar manusia, namun nuansa politik juga bisa ditemui pada beberapa album Sade. Untuk saat ini, tanpa perlu berpikir panjang, album terakhir Sade setelah 1 dekade dapat dinikmati.

Discography
* 1984: Diamond Life
* 1985: Promise
* 1988: Stronger Than Pride
* 1992: Love Deluxe
* 2000: Lovers Rock
* 2010: Soldier of Love

Trivia:
1. Sampai saat ini penjualan album Sade dari tahun 1984, mencapai 50 juta kopi.
2. Pada tahun 1993, single milik Percy Mayfield berjudul “Please Send Me Someone to Love” dinyanyikan ulang oleh Sade
3. Single “No Ordinary Love”, masuk ke dalam film Indecent Proposal pada tahun 1993.
4. Melalui album Lover’s Rock, Sade memenangkan Grammy Award untuk kategori Best Pop Vocal Album pada tahun 2002.

(Joe Ari Shasta / CreativeDis Contributors)

Related posts

Leave a Reply