Trending News

Blog Post

Album of The Day: JLS – Selftitled
Album of The Day

Album of The Day: JLS – Selftitled 

PhotobucketKamu semua pasti sudah kenal dengan boyband yang beranggotakan 4 cowok asal Inggris, Aston Merrygold, Marvin Humes, Jonathan “JB” Gill, dan Oritsé Williams. JLS (singkatan dari Jack the Lad Swing), jebolan X Factor seangkatan dengan Alexandra Burke ini diberi kesempatan oleh Epic Records untuk membuat album setelah X Factor dan mereka mengambil aliran Pop yang digabung dengan R&B sebagai genrenya. Hasilnya? Rekaman yang sedikit mengingatkan kita akan kesuksesan Blue, boyband yang berasal dari negara yang sama, yang telah mencicipi kesuksesan besar di dekade 00-09.

Adalah Beat Again, single pertama dari album JLS yang mengangkat harkat dan martabat mereka sehingga menjadi salah satu pendatang bary terpanas di tahun 2009. Lagu dengan R&B beat yang catchy dan lirik yang seru. Hasilnya adalah debut di posisi 1 UK Singles Chart sekaligus dinobatkan sebagai British Single di ajang BRITs Awards tahun 2010 ini. Menyusul Beat Again, kesuksesan juga dituai oleh single ke-2 Everybody In Love yang dikerjakan oleh produser JR Rotem. Beat-nya memang lebih slow, tapi aku lebih enjoy lagu ini karena ritmenya yang santai lebih enak mengalun di telinga. Keep You yang dibantuin sama Taio Cruz bisa jadi hit besar. I like the beat, I like the dance. Dan lagu ini sedikit mirip dengan Insomnia-nya Craig David.
Sementara itu, Wayne Hector dan Steve Mac yang sudah lama malang melintang di dunia penulisan lagu untuk para boyband, selain mengerjakan Beat Again juga menulis Crazy For You untuk JLS. Hasilnya? Aku suka strings yang dimainkan untuk lagu ini dan harmonisasi suara. I think theu’re brilliant. Meskipun di tampang tidak se-cute BSB, tapi mereka handal untuk urusan bernyanyi. Heal This Heartbreak yang dibantu oleh Jonas Jeberg lumayan terdengar beda, intro gitar akustik yang kemudian disusul oleh dance electropop beat dari DJ membuat lagu ini antheme di lantai dansa. Mereka ada menyebutnya lirik ‘killing me soflty, slowly’ di dalamnya.

JLS juga melibatkan diri dalam penulisan beberapa lagu. Seperti Close To You. Disini ciri pop mereka yang kuat, dan memang belum pernah mereka memperdengarkan sound seperti ini sebagai single mereka. One Shot yang mendapat kesempatan rilis sebagai single ke-3. Lagu ini sedikit ‘menipu’ kita, karena kelembutan di awal lagu bukanlah keseluruhan. Mulai dari chorus pertama hingga akhir lagu, irama musik dance R&B yang ada. Selanjutnya, lagu-lagu di album ini tidak banyak berbeda, robotic-dance, R&B pop, all-sing-the-chorus-part. Private punya sound khas suara koin yang jatuh ke lantai, Don’t Go punya hook no-no-no yang nyaris memorable, dan Only Making Love menurutku track yang sedikit aneh, karena aku belum bisa menemukan singkronasi antara lirik dan musik di lagu ini.

DEEKAY, produser dan penulis lagu yang terdiri dari Lars Halvor Jensen dan Martin Michael Larsson membantu JLS di lagu Only Tonight dan Kickstart. Di Only Tonight model lagunya seperti dance pop a la Ace Of Base, dengankan Kickstart kembali ke today’s most R&B/dance pop track. Lagunya mirip ama Straight To My Heart-nya BSB lho, trust me. Padahal awalnya aku berfikir bahwa album ini akan terdengar seperti lagu-lagu Blue, tapi ternyata tidak. Mereka serasa lebih ingin diterima lebih luas. Effort itu terasa dengan hasil yang terdnegar US R&B oriented. Dan jangan sampe tidak mendengarkan lagu Tightrope, karena lagu ini paling bersahaja dalam sealbum. Simple tapi megah. I like this album. Terlebih lagi JLS mampu menjadi boyband yang diperhitungkan bersama album debutnya.
(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Beat Again” Wayne Hector, Steve Mac Wayne Hector, Steve Mac 3:19
2. “Everybody in Love” Wayne Hector, J. R. Rotem, Felicia Jensen J. R. Rotem 3:16
3. “Keep You” Fraser Smith, Jonathan Gill, Oritsé Williams, Taio Cruz Fraser T. Smith 3:01
4. “Crazy for You” Hector, Mac Steve Mac 3:37
5. “Heal This Heartbreak” Aston Merrygold, Williams, Gill, Marvin Humes, Mich Hansen, Jonas Jeberg, Chris Braide Jonas Jeberg, Cutfather 3:45
6. “Close to You” Wiliams, Humes, Gill, Merrygold, Paul Barry, Graham Stack Metrophonic 3:51
7. “Only Tonight” Humes, Merrygold, Gill, Williams, Lars Jensen, Martin Larsson, Ali Tennant DEEKAY 3:39
8. “One Shot” Carsten Schack, Kenneth Karlin, Michael Warren, Brandon White, Sean Hurley Soulshock & Karlin 3:48
9. “Private” Gill, Merrygold, Humes, Williams, Paul Meehan, Ayak Thiik Metrophonic 3:14
10. “Don’t Go” Merrygold, Williams, Gill, Humes, Jamie Scott, Stack Metrophonic 2:53
11. “Only Making Love” Gill, Williams, Humes, Merrygold, Meehan, Tim Woodcock Metrophonic 3:47
12. “Kickstart” Humes, Merrygold, Gill, Williams, Jensen, Larsson, Tennant DEEKAY 3:11
13. “Tightrope” Williams, Humes, Gill, Merrygold, Barry, Stack Metrophonic 3:26

Related posts

Leave a Reply