Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Lisa Stansfield
Time Tunnel

Time Tunnel: Lisa Stansfield 

Photobucket

Mempunyai nama lengkap Lisa Jane Stansfield, lahir di Heywood, Lanchasire, England pada tanggal 11 April 1966. Pertama kali tampil di TV dalam sebuah acara pencarian bakat di Granada TV pada tahun 1982 dan dia memenangkan lomba tersebut dengan menyanyikan sebuah lagu milik Human League yang berjudul the Things That Dreams Are Made Of. Karir internasionalnya mulai terbuka untuknya pada awal tahun 1990an. Lisa bersama band yg dibentuknya bersama Andy Morris dan Ian Devaney, Blue Zone lumayan berhasil dengan single Jackie yang diambil dari albumnya, Big Thing di tahun 1988 dan kemudian Lisa menjadi guest vocals dalam sebuah lagu Coldcut [duo dance music dari Inggris yg beranggotakan Matt Black dan Jonathan More] yang berjudul People Hold On.

Lisa mulai dikenal banyak orang setelah dia merilis single All Around the World pada tahun 1989, dimana lagu ini berhasil menempati posisi nomer 3 di US Billboard Hot 100. Debut albumnya yang diberi judul Affection dirilis pada bulan November 1989. Single lain yang juga dirilis dari album pertamanya ini adalah This Is the Right Time, Live Together, What Did I Do to You dan You Can’t Deny It. All Around the World merupakan lagu kedua yang dinyanyikan oleh white female singer setelah Teena Marie dengan Oh La La di tahun 1988 yang berhasil menempati posisi 1 dalam Billboard r n b Chart . Affection berhasil menembus platinum di US dan terjual hampir 5 juta copy di seluruh dunia. Di tahun 1990, Stansfield turut serta menyumbangkan suara dalam album amal Red Hot + Blue yang dipersembahkan untuk memperingati karir bermusik Cole Porter. Stansfield diberi kesempatan untuk lebih mengeksplore musik jazz dengan menyanyikan Down in the Depths, selain itu dia juga mendapatkan peran utama dalam film independent berjudul Swing dimana dia bermain bersama Hugo Speer di tahun 1999 dimana dia juga menyanyikan sebagian besar lagu2 soundtracknya.

Di tahun 1992, Stansfield memenangkan sebuah Brit Awards untuk kategori Best British Female Solo Artist, dan album keduanya yang diberi judul Real Love dirilis pada tanggal 12 November 1991. Meskipun album ini tidak sesukses album pertamanya, Affection tetapi berhasil menempatkan 4 singlenya ke dalam Top 40 single di European charts, yaitu : Change, All Woman, Time to Make You Mine dan Set Your Loving Free. Saya pribadi juga paling suka dengan album Real Love ini, sudah jatuh cinta sejak pertama kali melihat video klip Change ditayangkan di TV, ada sentuhan jazznya sedikit, mengena banget di kuping saya. All Woman adalah salah satu ballad favorit saya yang juga diambil dari album Real Love, lagu ini juga berhasil menduduki posisi nomer 1 di Billboard r n b chart dan karena kesuksesan lagu ini pula, album Real Love berhasil mencapai Gold di US.

Stansfield masih melanjutkan rekaman album dengan ciri khas lagu – lagunya yang sedikit banyak berirama disco-soul dan album ke 3 nya yang berjudul So Natural dirilis di tahun 1993. Di album ini juga terdapat single In All the Right Places yang juga termasuka ke dalam film Indecent Proposal yang dibintangi oleh Demi Moore, Woody Harrelson dan Robert Redford. So Natural ini juga merupakan album pertama Stansfield yang ditangani oleh dia sendiri dan Ian Devaney, mereka berpisah dengan Andy Morris yang ikut membantu di 2 album sebelumnya, Morris hanya tertulis sebagai co-writing credits di 3 lagu : Marvellous & Mine, Turn Me On dan In All the Right Places. Album ini tidak dirilis di US, Stansfield tetap sukses di Eropa tetapi kepopuleran dia di US lambat laun mulai memudar.

Album ke 4 nya, simply titled Lisa Stansfield dirilis pada bulan Maret 1997. Album ini juga menjadi hit di Eropa dengan berhasil menempati posisi 2 di UK Albums Chart dan dengan 2 singlenya yang berhasil masuk ke dalam Top Ten singles, yaitu the Real Thing di posisi 7 dan People Hold On (Dirty Rotten Scoundrels mix) di posisi 4. Total ada 7 singles yang dirilis, yaitu People Hold On, the Real Thing, Never Never Gonna Give You Up, the Line, Never Gonna Fall, I’m Leavin, dan Don’t Cry For Me.

Album soundtrack Swing, film yang dibintangi oleh Stansfield dirilis pada bulan Mei 1999, sebagian lagu pada album ini dinyanyikan olehnya. Ada 15 lagu, 10 lagu dinyanyikan oleh Stansfield, 2 oleh Georgia fame dan 3 yang lain merupakan instrumental yang dimainkan oleh Ian Devaney. Album Swing ini berhasil masuk ke US Top Jazz Albums Chart dan menduduki posisi 6 tetapi gagal masuk ke dalam Billboard Hot 200. Di tahun 2001, Stansfield merilis albumnya yang ke 6, berjudul Face Up, album ini juga merupakan album terakhirnya dengan BMG/Arista sebelum bergabung dengan ZTT Records. Sebelum resmi bergabung dengan ZTT Records, BMG/Arista merilis Biography – the Greatest Hits yang merupakan kumpulan lagu2 hitsnya dari Affection sampai Face Up plus soundtrack Swing. Dalam album Face Up ini, selain masih tetap dibantu dengan partner kerjanya yang sekaligus suaminya, Ian Devaney, juga dibantu oleh sahabat lamanya, Richard Darbyshire. Album ini juga merupakan album fave saya selain Real Love, tapi sayang tidak begitu sukses karena kurangnya publisitas. Ada 2 single yang sebenarnya akan dirilis dari album ini yaitu Let’s Just Call It Love dan 831 tapi yang terakhir batal dirilis di UK karena minimnya tanggapan publik.

Setelah bergabung dengan ZTT Records dari UK, Stansfield merilis album the Moment di tahun 2004 yang diproduseri oleh Trevor Horn yang juga telah menangani berbagai artis terkenal seperti Seal dan Frankie Goes to Hollywood. Single yang dirilis dari album ini antara lain adalah Treat Me Like A Woman dan If I Hadn’t Got You. Setelah mendengarkannya berulang – ulang, album ini terdengar lebih pop dan lebih banyak balladnya dibandingkan dengan album2 sebelumnya yang masih sangat kentara khas soul jazzy nya. Tetapi sepertinya album ini juga tidak bisa mengembalikan kesuksesannya karena tidak begitu sukses. Rilis single Treat Me Like A Woman juga 2 kali ditunda dan akhirnya ZTT melepasnya dari label.

Selama perjalanan karirnya selain pernah mengisi soundtrack film Indecent Proposal, Stansfield juga pernah ambil bagian dalam soundtrack the Bodyguard [sebuah film yang dibintangi oleh Whitney Houston dan Kevin Costner] yang berjudul Someday I’m Coming Back. Selain itu dia juga turut membantu sahabat lamanya, Richard Darbyshire dalam albumnya Love Will Provide di tahun 1999 dengan menciptakan lagu This I Swear dan Tell Him No. Kedua lagu tersebut dibuat oleh Stansfield dan Darbyshire sendiri dengan dibantu oleh Ian Devaney dan Any Morris, partner kerja Stansfield dalam album – albumnya. Untuk album Rick Astley yang berjudul Body and Soul di tahun 1993, bersama dengan Ian Devaney dan Andy Morris, Stansfield juga bekerjasama menciptakan lagu yang berjudul Enough Love dan Nature’s Gift.

Where is she now ?
Di tahun 2006, Stansfield tampil sebagai guest star di film seri Goldplated, sebuah drama seri yang mirip dengan the Sopranos kemudian di tahun 2007, tampil dalam serial TV “Marple” yang dibuat berdasarkan novel Agatha Christie. Stansfield berperan sebagai Mary Durrant dalam episode yang berjudul Ordeal By Innocence. Selain itu di tahun 2008 juga ambil bagian dalam film yang berjudul the Edge of Love, yang dibintangi oleh Keira Knightley dan Sienna Miller sedangkan Stansfield berperan sebagai Ruth Williams.

Discography
Studio albums
• 1989: Affection
• 1991: Real Love
• 1993: So Natural
• 1997: Lisa Stansfield
• 1999: Swing
• 2001: Face Up
• 2004: The Moment
• 2006: The Moment – Gold Edition
Compilation albums
• 1998: The #1 Remixes (EP)/Lisa Stansfield – The Remix Album
• 2003: Biography – The Greatest Hits
• 2003: The Complete Collection

(Lendy / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply