Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Nirvana
Time Tunnel

Time Tunnel: Nirvana 

Penggemar musik aliran grunge pasti kenal NIRVANA, band yang di bentuk oleh Kurt Cobain (singer/guitarist) dan Krist Novoselic (bassist) tahun 1987 ini merupakan band yang membuat aliran musik grunge (musik khas asal Seattle) masuk dalam peta permusikan dunia. Pada awalnya Cobain yang berniat membentuk band memberikan demo music Fecal Matter kepada Novoselic, setelah tiga tahun barulah Novoselic mendengarkan demo itu dan bersedia membuat band dengan Cobain. Mereka berdua merekrut Bob McFadden untuk menjadi drummer dan mulai mencari nama untuk band mereka. Skid Row, Pen Cap Chew, Bliss, dan Ted Ed Fred adalah beberapa pilihan nama yang diusulkan, akhirnya mereka memutuskan untuk menggunakan Nirvana. “I wanted a name that was kind of beautiful or nice and pretty instead of mean, raunchy punk rock name like the Angry Samoans” jawaban Cobain ketika ditanya alasannya memilih nama Nirvana.

Setelah beberapa kali ganti drummer akhirnya Nirvana memulai proses recording untuk debut album mereka berjudul Bleach dengan local producer Jack Endino dibawah sebuah label indie Sub Pop. Promosi album ini memang tidak melalui jalan yang mulus, karena mereka harus menempuh jarak ratusan atau ribuan mil hanya untuk menggelar konser yang kadang penontonnya hanya 20 bahkan belasan orang. Tetapi perjuangan mereka akhirnya membuahkan hasil, nama Nirvana mulai dikenal dan Bleach menjadi album favorit di beberapa radio kampus di Amerika.

Pada tahun 1990 bergabunglah Dave Grohl sebagai drummer ke-5 Nirvana dan akhirnya berhasil menjadi drummer tetap. Cobain, Novoselic, dan Grohl mulai mencari major label untuk membantu mereka keluar dari kontrak yang dibuat dengan indie label Sub Pop, akhirnya mereka menandatangani kontrak dengan DGC Records dan mulai recording album kedua mereka yang berjudul Nevermind yang ditangani oleh Butch Vig. Album ini bisa dibilang merupakan gebrakan besar bagi Nirvana, melalui singelnya “Smell Like Teen Spirit” (yang menurut Cobain inspirasinya didapat dari pacarnya yang memakai parfum Teen Spirit). Tour Eropa mereka yang selalu dipenuhi penonton, dan singelnya yang sering diputar di radio dan musik videonya yang ada di MTV, membuat album Nevermind yang awalnya diharapkan terjual 250.000 kopi meraih penjualan 400.000 kopi hanya di U.S. Pada bulan January 92, Nevermind mengalahkan album Michael Jackson “Dangerous” di posisi nomor 1 chart Billboard dan menempati tempat teratas di chart musik berbagai negara. Hingga sekarang diperkirakan album Nevermind sudah terjual lebih dari 8.5 juta kopi di Amerika.

Setelah sukses dengan album Nevermind, Nirvana berada dibawah tekanan untuk merelase album baru yang diharapkan akan melebihi Nevermind baik dari segi kualitas maupun penjualan. Pada tahun 1993 lahirlah In Utero sebagai album ketiga dari Nirvana. Dalam album ini terdapat single “Heart-Shaped Box” dan “All Apologies” yang masuk dalam chart di berbagai Negara. In Utero meraih posisi nomor 1 dalam chart Billboard 200 pada bulan September 1993. Pada awal tahun 1994 Nirvana memulai Tour Eropa mereka namun pada bulan Maret 94 ketika mereka mempunyai jeda konser selama 2 minggu, Grohl memilih untuk pulang ke rumah sedangkan Cobain memilih pergi ke Roma untuk menemui istrinya Courtney Love. Tidak disangka, sebuah tragedi terjadi dimana Cobain ditemukan tidak sadarkan diri oleh istrinya Courtney Love di kamar hotel mereka di Roma, kejadian ini membuat sisa Tour Eropa mereka dibatalkan.

Cobain yang hidupnya dipenuhi oleh kontroversi, ketelibatannya dengan Narkoba, dan kehidupannya dengan Courtney Love (pacar yang akhirnya menjadi istrinya) menjadi bahan pembicaraan menarik di media. Pada saat anaknya Frances lahir beberapa tabloid memberitakan seolah olah mereka berdua tidak pantas untuk mengasuh Frances. Berita-berita seperti ini yang akhirnya membuat Cobain mengalami paranoid terhadap media. Menurut biografinya, Cobain merupakan anak yang bermasalah sejak perceraian orang tuanya. Depresi yang berlebihan akibat tekanan hidup yang dirasakannya sejak kecil, berita-berita di media, dan pengaruh narkoba membuatnya sering kali memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Rencana ini baru dijalankannya saat berada di hotel di Roma pada saat istrinya tidur, Cobain menengak Rohypnol dan alcohol yang membuatnya tidak sadarkan diri. Setalah kejadian ini Cobain masuk dalam rehabilitasi bagi pecandu tetapi tidak sampai seminggu Cobain kabur dari rehabilitasi dan hilang. Keluarga dan teman-temannya berusaha mencarinya, dan akhirnya pada tanggal 8 April 94 Cobain ditemukan tewas di rumahnya di Seattle. Pihak berwenang setempat telah memberikan keterangan bahwa Cobain tewas bunuh diri dengan menembakkan shotgun ke mulutnya dan ditemukan kandungan heroin dalam darahnya. Tetapi hal ini masih menjadi kontroversi hingga sekarang, ada yang beranggapan memang benar dia bunuh diri dengan menembakan shotgun ke mulutnya, ada yang beranggapan dia dibunuh karena tidak ditemukan sidik jari di shotgun yang digunakan untuk menembak, ada yang beranggapan dia masih hidup sampai sekarang karena wajah mayat Cobain hancur dan kematiannya hanya direkayasa agar Cobain dapat hidup dengan tenang tanpa pemberitaan media. Kontroversi ini masih berlanjut dikalangan fans-fansnya.

Kepergian Kurt Cobain meninggalkan luka yang mendalam bagi Dave Grohl dan Krist Novoselic, namun setelah berbulan-bulan mengalami depresi akhirnya mereka berdua memutuskan untuk move on. Krist Novoselic akhirnya membuat band bernama Sweet 75 pada tahun 1995 dan Dave Grohl membentuk band Foo Fighters. Perjalanan Krist Novoselic tidaklah semulus Dave Grohl karena Ia harus berkali-kali membentuk ataupun bergabung dengan sebuah band. Pada tahun 1999 ia bergabung dengan No WTO Combo, lalu setelah itu ia membuat band baru dengan nama Eyes Adrift yang bubar pada tahun 2003. Tahun 2006 Novoselic bergabung dengan Flipper, namun 2 tahun kemudian ia hengkang dari band ini. Pada Oktober 2010, Dave Grohl mengumumkan di radio BBC bahwa Novoselic akan membantu Foo Fighters untuk merekam album terbaru mereka Wasting Light dimana nantinya Novoselic akan bermain bass untuk sebuah lagu berjudul I Should Have Known. Ini juga merupakan reuni pertama antara Dave Grohl, Krist Novoselic dan Butch Vig sejak album Nevermind dari Nirvana.

Dengan hanya menghasilkan 3 album, perjalanan Nirvana di industri musik boleh dikatakan sebagai perjalanan yang sangat singkat namun perjalanan yang singkat tersebut adalah sebuah perjalanan yang sangat fenomenal dan akan selalu diingat. Nirvana’s legacy will be with us forever.

Discography :
1989 Bleach
1991 Nevermind
1993 In Utero

(Resiaokta)

Related posts

Leave a Reply