Trending News

Blog Post

Album of The Day: Erik Gronwall – Somewhere Between A Rock And A Hard Place
Album of The Day

Album of The Day: Erik Gronwall – Somewhere Between A Rock And A Hard Place 

PhotobucketDebut album Erik Gronwall yang rilis awal tahun ini merupakan sesuatu yang lebih mengarah ke perayaan kemenangannya dalam ajang Idola Swedia akhir tahun 2009. Dia memang punya lagu original sebagai lagu kemenangannya, tapi selebihnya album tersebut berisikan lagu-lagu artis lain yang dibawakannya selama di Idol. Dan sekarang saatnya Erik Gronwall benar-benar unjuk gigi atas musik orisinilnya. Itu dirangkum dalam rekaman berisi 12 lagu yang dikasih judul “Somewhere Between A Rock And A Hard Place“. Album yang dirilis di bulan Juni 2010 ini masih menunjukkan kekuatan vokal Erik dalam bernyanyi, sekaligus memantapkan ciri bermusiknya yang rock abis. Dimana ini akan menuntun kita untuk mengakrabi erangan gitar listrik dan hantaman drum bertubi-tubi dalam lagu-lagunya. Dengarkan ‘Uphill Climb’, ‘Destination Anywhere’, dan ‘Bearthe In Breathe Out’ untuk memastikan keadaan tersebut.

Sejauh ini, Erik sudah merilis ‘Crash & Burn’ sebagai single. Ini adalah lagu yang memang menghentak, dan dibandingkan single Erik sebelumnya, ‘Higher’, mendengarkan lagu ini memang membuat kita terkejut akan kegarangan yang Erik tampilkan. Erik juga membuat video untuk lagu ‘Take Me On’, yang musiknya lebih soft dibanding ‘Crash & Burn’, sehingga lebih bisa dinikmati telinga. Tapi keduanya tidak ada yang bisa mengungguli kesuksesan ‘Higher’. Too bad.

Maybe he should think twice before run too far with this record. Memang, lagu-lagu yang ditampilkannya dalam album sebelumnya juga berirama rock, seperti ‘Shout Out Loud’ (KISS), ’18 and Life’ (Skid Row), dan ‘Run To The Hills’ (Iron Maiden). Yang mungkin Erik lupakan adalah lagu-lagu tadi sudah kadung populer, sedangkan lagu-lagu dalam rekaman ini adalah original. Dan bagi mereka yang sudah mengenal dan menikmati Erik dengan pop ‘Higher’ akan merasa kesulitan untuk menerima musik di album ini.

Tapi tidak semua lagu yang tersedia dalam album ini hingar bingar. Pilihan untuk yang lebih slow dengan mengandalkan gitar akustik juga ada, seperti ‘Somewhere Between A Rock And A Hard Place’. Inilah lagu yang kuyakini mampu membuat pendengar bilang suka. Bukan tipikal rock yang bising, tapi tetap “garang”. Erik juga menggunakan strings di beberapa lagu sebagai perasa variatif. Itu terdapat di lagu ‘Stay’ dan ‘In Spite Of Me’. Untuk vokal, bagi kamu yang menyatakan Erik punya kemiripan vokal dengan Adam Lambert, aku ikut! Karena di beberapa lagu, vibe Adam “hadir” dalam teriakan Erik. Contohnya ‘Timeless’ dan ‘Walls Are Coming Down’.

Membandingkan album ini dengan rekaman Erik Gronwall yang sebelumnya akan mendapatkan hasil yang timpang. Album ini tidak secemerlang album sebelumnya di chart, begitupun single-nya. Dan setelah ini, langkah Erik selanjutnya tidak sendiri, karena per-21 Agustus 2010, cowok 22 tahun ini secara resmi menjadi vokalis untuk band hard rock H.E.A.T. Bahkan ketika kamu hendak berkunjung ke erikgronwall.se akan redirect ke halaman situs resmi band-nya, heatsweden.com

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. Take Me On 3.12
2. Uphill Climb 3.21
3. Try 3.06
4. Stay 3.43
5. Crash & Burn 3.27
6. Destination Anywhere 3.21
7. When You Fall 3.52
8. Timeless 4.03
9. Breathe In Breathe Out 4.25
10. Somewhere Between A Rock And A Hard Place 3.18
11. Walls Are Coming Up 3.27
12. In Spite Of Me 4.09

Related posts

Leave a Reply