Trending News

Blog Post

Album of The Day: Sara Bareilles – Kaleidoscope Heart
Album of The Day

Album of The Day: Sara Bareilles – Kaleidoscope Heart 

PhotobucketTiga tahun berlalu sejak Sara Bareilles merilis album keduanya, ia kembali dengan Kaleidoscope Heart. Di tengah-tengah musik autotune yang sedang fashionable, Bareilles seakan membuktikan bahwa musisi dan vokalis sejati masih sanggup bertahan dengan albumnya yang menggapai posisi puncak Billboard pada minggu perdana perilisannya. Bareilles dipuji kritikus atas kemampuannya yang unik dalam menulis lagu dengan lirik yang memadukan kerapuhan dan kebijaksanaan lewat perspektif seorang wanita tentang sebuah hubungan. Namun bukan berarti ia tak mengalami writer’s block. Bareilles mengalaminya setelah periode ‘Little Voice’. Tetapi setelah ia menulis ‘Uncharted’. Ia memperoleh inspirasi untuk menulis lagu-lagu lainnya yang menyusun album ini. Bahkan judul album ‘Kaleidoscope Heart’ dipilihnya sebagai judul album berdasarkan lirik dalam bagian bridge tembang ‘Uncharted’. Tembang itu dipilihnya sebagai judul berbulan-bulan sebelum ia menyelesaikan menulis lagu-lagu untuk album ketiga ini.

“Aku menyukai gambaran yang dilukiskan frase tersebut karena mewakili bagaimana aku memandang hatiku. Hatiku penuh warna, namun terbagi dalam potongan-potongan kecil juga kepingan yang membentuknya. Sebuah kaleidoscope merupakan alat yang membuat semua masalah tampak masuk akal, setidaknya terlihat indah saat dipandang.” – Sara Bareilles

Dibuka dengan komposisi acapella berjudul sama dengan albumnya ‘Kaleidoscope Heart’. Hal ini seakan menegaskan latar belakang Bareilles yang pernah mengenyam musik dalam paduan suara. Dan ia benar-benar mengantarkannya lewat tembang ini. Dilanjutkan dengan ‘Uncharted’ sebuah tembang yang menjadi sumber inspirasi bagi keseluruhan tembang album ini. Liriknya seakan Bareilles memberikan pencerahan akan sebuah hubungan yang tak berkembang. Dilanjutkan dengan ‘Gonna Get Over You’ yang mengisahkan tentang keputusan untuk berpisah. Ironisnya komposisi yang didominasi piano riff di sepanjang lagu bernuansa riang dan ceria, sementara bagian chorusnya sedikit bernuansa doo wop. Kemudian Bareilles membawa kita untuk menikmati komposisi balada lewat ‘Hold My Heart’ dengan lantunan vokalnya yang menyayat. Sementara lewat ‘King of Anything’ yang ceria, Bareilles mencoba untuk berkata fuck you kepada orang lain yang mencoba memberikan banyak saran yang tak diperlukannya. Ini sedikit mengingatkan versi lembut dari Fuck You versi Lilly Allen.

“Aku menerima lebih banyak saran tanpa kuminta dalam hidupku lebih dari yang aku rasa perlu untuk disebutkan. Dan lagu ini merupakan ungkapan bagaimana aku menghadapi semua itu. Kurasa ini lebih menghasilkan jika aku menuangkan semua rasa frustasi lewat musik, apalagi jika lagu tersebut malah tidak terkesan sebagai sebuah kemarahan. Ini seperti ‘Love Song’. Sayangnya aku tidak melalui segala sesuatu semudah itu.” –Sara Bareilles

‘Say You’re Sorry’ seakan Bareilles menyindir para pria yang selalu gengsi untuk mengungkapkan kata maaf dan penyesalan saat berbuat kesalahan dalam sebuah komposisi yang riang.
Lewat ‘The Light’ Bareilles membawa kita untuk bersantai sejenak dalam sebuah balada manis yang menyentuh tentang kepercayaan dalam sebuah hubungan.

Dilanjutkan dengan ‘Basket Case’ yang minimalis dengan iringan gitar dan sesekali harmonica Bareilles mengungkapkan tentang kerapuhan seorang wanita dalam sebuah hubungan. Sementara ‘Let The Rain’ dibuka dengan intro gitar bernuansa akustik berlanjut dalam anyaman bernuansa folk dengan sedikit sentuhan country.
Bareilles kembali membawakan balada lewat ‘Machine Gun’ yang mengisahkan seorang kekasih yang selalu memancing masalah dalam sebuah hubungan.

Kemudian Bareilles bermain-main dengan nuansa soul blues lewat ‘Not Alone’ yang memikat dan langsung menjadi favorit saya. ‘Breathe Again’ membawa kita pada arti cinta dengan melodi diantarkan lewat orkestrasi yang megah. Sebagai penutup Bareilles mengantarkan komposisi akustik didominasi denting piano lewat ‘Bluebird’ tentang sebuah perpisahan yang membawa kebebasan.

(Timmy / CreativeDisc Contributors)

Track List:
1. “Kaleidoscope Heart” – 1:02
2. “Uncharted” – 3:35
3. “Gonna Get Over You” (Bareilles, Sam Farrar) – 4:16
4. “Hold My Heart” – 4:33
5. “King of Anything” – 3:27
6. “Say You’re Sorry” – 3:41
7. “The Light” – 4:23
8. “Basket Case” – 4:12
9. “Let the Rain” – 3:40
10. “Machine Gun” – 4:08
11. “Not Alone” – 3:42
12. “Breathe Again” – 4:58
13. “Bluebird” – 4:04

ps. CD ini sudah direlease oleh Sony Music Indonesia!

Related posts

Leave a Reply