Trending News

Blog Post

Album of The Day: Klaxons – Surfing The Void
Album of The Day

Album of The Day: Klaxons – Surfing The Void 

Image and video hosting by TinyPicKlaxons merupakan band asal Inggris yang diisi oleh Jamie Reynolds, James Righton, Simon Taylor-Davis dan Steffan Halperin. Mereka sudah merilis 2 album dan debut albumnya “Myths Of The Near Future” yang dirilis di 2007 menuai banyak kritikan positif di berbagai kalangan dan album ini berhasil menyabet NME Awards untuk 2 kategori “Best New Band” plus “Best Album” dan juga Mercury Music Prize. Mereka merilis album “Surfing The Void” yang dirilis 2010 kemarin dan menuai kritik yang lumayan di mata kritikus musik.

Menurut “The Sun”, materi awal album ini sempat ditolak oleh label dikarenakan kontennya terlalu berat sehingga mereka harus merekam ulang. Memang pada album ini Klaxons sendiri menyatakan akan lebih prog dan psychedelic.

“Echoes”, track yang diawali dengan bunyi feedback gitar membuka album. Sentuhan dance punk pun membahana di track. Walaupun memang cukup berat tapi masih menyisakan unsur catchy dan gampang dicerna. Pas untuk jadi single pertama. Di “The Same Space”, yang akan mengingatkan akan “Golden Skans” namun lebih serius diramu dengan beat medium. Track ini masih tergolong “ringan” jika nanti kita melihat keseluruhan albumnya yang kental dengan unsur noise. “Surfing The Void”, langsung menyengat dengan ketukan drum yang heavy, beat yang maut juga dentingan piano dan petikan gitar yang tajam. Di bagian reff terdapat vokal yang “teriak” dan berfalset. Pada bagian bridge lagu, kadar noise lagu ini makin menjadi-jadi dengan menyisipkan growl, gitar ala heavy metal dan noise yang tak terkendali membuat bagian ini menjadi bagian terusuh lagu ini (dan konser barangkali). “Valley of The Calm Trees”, berjalan cukup standar jika dibandingkan 3 track awal, namun unsur rusuh di akhir meski kadarnya sedikit. Efek ketukan mesin tik disertakan di akhir “Venusia”, sebuah track rock ala Klaxons yang beatnya cukup menyerempet ke industrial rock. Gampang dicerna dan tidak terlalu menampilkan permainan yang tajam. “Extra Astronomical”, mengandalkan perkusi, beat yang complicated dan tarikan vokal yang thrilling. Lagu ini bertema seperti space-war. Great track with complicated but still has easy listening side. “Twin Flames”, sedikit menculik nuansa Mew. Cukup santai dan groovy untuk berdansa. “Flashover” merupakan track terbaik di album ini. Mereka melakukan perjalanan dari kegaduhan menuju ketenangan. Bunyi instrumen disini ditata dengan rapi dan sempurna. Cukup terdengar post-punk di awal. Great track. “Future Memories”, bermain di tempo medium. Pelan jika dibanding track sebelumnya dan menyelipkan aroma dance. “Cypherspeed”, penuh kompleksitas dimana kamu merasa beat lagu ini semakin cepat dengan dengungan yang tiada tara. Permainan solo drum di tengah dan juga efek gitar yang tidak biasa dan noisy menjadi efek “wow” lagu ini. Lagu ini cukup seru untuk memanaskan crowd dimana yang dijadikan ending lagu merupakan choir yang cukup horor dari mereka.

Menyinggung soal lirik dan tema, mereka menyuguhkan tema dan lirik science fiction, space-war dan hidup di bumi namun dalam waktu dan hidup yang paralel. Cocok untuk menjadi musik tema film yang mengambil plot di ruang angkasa atau anime mecha/robot yang mengharuskan berperang di luar angkasa.

Memang di album ini akan terasa lebih berat dan aneh bila dibanding “Myths Of The Near Future”, namun bukan berarti album ini jelek. Kekuatan album ini terletak di unsur noise dan ketukannya yang terjaga dan sangat rawking yang relevan dengan tema album. Kalian juga akan mendengarkan banyak sound space disini. Good work!

Official Website Klaxons

(Luthfi / CreativeDisc Contributors)

Track list:
1. “Echoes” 3:45
2. “The Same Space” 3:11
3. “Surfing the Void” 2:30
4. “Valley of the Calm Trees” (Simon Taylor-Davies/James Righton/Jamie Reynolds/Steffan Halperin) 3:16
5. “Venusia” 4:08
6. “Extra Astronomical” 3:17
7. “Twin Flames” 4:19
8. “Flashover” (Simon Taylor-Davies/James Righton/Jamie Reynolds/Steffan Halperin) 5:07
9. “Future Memories” 3:42
10. “Cypherspeed” 5:08

Related posts

Leave a Reply