Trending News

Blog Post

Album of The Day: Michael Jackson – Michael
Album of The Day

Album of The Day: Michael Jackson – Michael 

Image and video hosting by TinyPicMichael Jackson, almarhum sang raja Pop ini melantunkan lagu-lagunya dari liang kubur? Jangan takut dulu, karena album “MICHAEL” yg edar 14 Desemeber 2010 ini, direkam jauh hari sebelom raja Pop itu meninggal dunia. Album ini juga langsung laris manis di komentari para kritisi musik. Adakah MICHAEL akan mengulang kejayaannya? Apa jadinya ketika kolaborasi MJ bersama Akon, dan Will I am, tetapi tanpa adanya ‘roh’ (campur tangan) dari MJ?

Menyimaki 10 lagu baru dalam album MICHAEL, struktur lagunya berasa banget milik MJ, tetapi penggarapannya seakan asal-asalan, seakan meledek, “Toh MJ gak akan bangkit dari kubur!” sayang memang. Lalu banyak kritisi musik yang menghina album MICHAEL yang baru ini, “kurang begitu bagus”. Jangan terburu percaya pendapat mereka, Dengarkan ketulusan michael merangkum album terakhirnya, bandingkan dengan legenda lain yg telah tiada, Freddie Mercuri ataupun Tupac Shakur.. Saya pribadi merasa album MICHAEL ini menyajikan salam terakhirnya, pesan manisnya pada dunia.
Ada pun gossip yg menyebutkan lagu2 di album MICHAEL bukan suara asli MJ, sebenarnya MJ telah melakukan rekaman “penuh” utk masing2 lagu khusus (meskipun jeritan terkadang di permanis oleh software audio pembantu). Ironisnya, MJ memang merencanakan untuk membungkus suara indahnya dengan “R&B robotik effect” ketika membuat album MICHAEL. sehingga ketika sekarang kita mendengarnya pun kita terkecoh untuk mempertanyakan apakah itu suaranya? Percayalah itu adalah suara asli sang raja!

Rencananya MJ bisa saja di kolaborasikan dengan Rihanna, Nicki Minaj, atau Kanye West, tapi sayang MJ telah memilih Akon & Will I am. Maka hanya dua artis itu saja yg beruntung, walau sebenarnya bisa saja dengan tekhnologi canggih dan untuk penjualan, MJ di pasangkan dengan penyanyi top lainnya, tetapi itulah kemauan sang raja.
Akon, sebenarnya kurang ‘nendang’ menemani MJ di single “Hold my hand’ terlebih lagu ini sepintas mirip ‘Remember the time’. Lalu MJ juga menambah beberapa lagu yg cukup membosankan, yaitu ‘Best of joy’ dan ‘(I like) the way you love me’. Untungnya ada beberapa lagu catchy, ‘MONSTER’ yang terdengar seperti ‘Smooth criminal’. Sayangnya rap dari 50 cent bikin lagu ini jadi berantakan.

Yang pantas disimak adalah lagu ‘Hollywood Tonight’, lagu ini sangat catchy, walau setelah beberapakali mendengarkannya langsung jadi bosan. ‘Keep your head up’ adalah lagu sentimentil yang bisa membuat pendengar termehek-mehek. ‘Breaking news’ adalah lagu jagoan yg diandalkan utk dijual, sayangnya sampe berita ini ditulis belom ada videoclip heboh yg biasa dilakukan MJ utk membius “rakyat MJ”

Tapi ada yg luar biasa: di track 9 ‘Behind the mask’ MJ menciptakan melody dan menyanyikan lagu dengan sempurna, R&B dan juga jeritannya pas banget. Untuk yang kangen dengan suara asli MJ tanpa robotik effect, coba dengar ‘Much Too Soon’, mengingatkan kilasnya sang raja dalam album “Thriller”, siapkan tissue karena lagu ini membuat saya menangis.
Terlepas dari kritikan pedas buat sang almarhum tentang album ini. MICHAEL adalah album ‘terakhir’ yang sangat menyenangkan sekaligus menyedihan untuk mengenang masa-masa kejayaan Michael Jackson. Kangen kita kembali tercurah mengorek album lawas MJ, dan MICHAEL adalah koleksi yang patut dimiliki untuk penggemar sang raja.

Official Website Michael Jackson

Review by Anton Setiadi

Track List:
No. Title Writer(s) Producer(s) Length
1. “Hold My Hand” (featuring Akon) Aliaune Thiam, Giorgio Tuinfort, Claude Kelly Michael Jackson*, Akon, Tuinfort 3:32
2. “Hollywood Tonight” Jackson, Brad Buxer; spoken bridge written by Teddy Riley Jackson, Riley, Theron “Neff-U” Feemster* 4:49
3. “Keep Your Head Up” Jackson, Eddie Cascio, James Porte Jackson, C “Tricky” Stewart, Angelikson 5:10
4. “(I Like) The Way You Love Me” Jackson Jackson, Feemster 4:33
5. “Monster” (featuring 50 Cent) Jackson, Cascio, Porte; rap written by Curtis Jackson Jackson, Riley, Angelikson 5:04
6. “Best of Joy” Jackson Jackson, Feemster, Brad Buxer* 3:02
7. “Breaking News” Jackson, Cascio, Porte Jackson, Cascio, Riley 4:14
8. “(I Can’t Make It) Another Day” (featuring Lenny Kravitz) Lenny Kravitz Jackson*, Kravitz 3:54
9. “Behind the Mask” Jackson, Chris Mosdell, Ryuichi Sakamoto Jackson, John McClain 5:03
10. “Much Too Soon” Jackson Jackson, McClain 2:48

Related posts

Leave a Reply