Behind The Music: Aldo Nova

Oleh: welly - 13 Jan 2011

Image and video hosting by TinyPicAldo Nova, terlahir atas nama Ado Caporuscio, seorang penyanyi, penulis lagu, musisi, dan juga produser musik asal Montreal, Quebec, Canada. Ya, Quebec juga kampung halaman Celine Dion, dimana banyak karya musik pria ini dinyanyikan oleh sang Diva. Aldo Nova tidak langsung terjun ke industri musik sebagai seorang produser musik semata, karena dia juga seorang penampil. Pada tahun 1982, dirinya di bawah label Portrait Records, yang kemudian berubah menjadi Epic. Album pertamanya dikasih judul "Aldo Nova" dan berhasil peak di posisi 8 US Billboard 200 Albums. Hebat kan? Single andalannya, 'Fantasy' berhasil masuk ke posisi 23 di Hot 100 Singles, dan berjaya di chart Mainstream Rock. Lagu ini juga dipakai untuk tayangan televisi, "Rob & Big", seruah serial yang ditayangkan MTV dari tahun 2006 sampai 2008, 24 tahun setelah single-nya dirilis.

Kesuksesan single 'Fantasy' ini tidak disusul oleh satupun karya Aldo Nova setelahnya. Album-album "Subject...Aldo Nova" (1983), "Twitch" (1985), "Blood on the Bricks" (1991), dan "Nova's Dream" (1997) tidak nge-hit. Jadilah sebutan one hit wonder disandangnya. Selanjutnya, Aldo baru banting setir jadi orang di belakang layar. Beliau main bareng band-band Blue Oyster Cult, Saints & Sinners, juga Jon Bon Jovi. Dirinya menjabani semua yang ia bisa, bermain instrumen untuk mereka, menulis lagunya, ataupun memproduseri musiknya. Pria kelahiran 13 Nopember 1956 ini pun ikutan mengerjakan beberapa lagu dalam beberapa album Celine Dion. Mulai dari album "Unison" dan juga "Falling Into You". Single 'Have A Heart' dan 'Dreaming Of You' adalah karyanya, juga 'Your Light' dan 'I Love You' yang meskipun tidak dirilis sebagai single tapi tetap tenar sebagai lagu cinta terfavorit milik Celine Dion.

Selanjutnya, kerjasama Aldo Nova bareng Celine Dion ada di album "A New Day Has Come". Single hit 'A New Day Has Come' itu co-wrote Aldo bersama Stephan Moccio, komposer musik dari Kanada juga. Tapi sukses besar yang diraihnya sebagai pencipta lagu adalah ketika gabung bersama Chris Braide dan Gary Burr di lagu "This Is The Night'. Lagu ini diciptakan khusus untuk Clay Aiken dalam gelaran final American Idol di tahun 2003 lalu. Dengan demam acara pencarian bakat tersebut, kontan single ini pun menjuarai tangga lagu Amerika dan menjadi best selling single di tahunnya.

Lagu-lagu Aldo Nova pun sempat disenandungkan oleh artis-artis kayak Faith Hill, Agnes Carlsson, Garou, dan Marilou Bourdon. Tapi kebanyakan memang untuk Celine Dion. Contohnya adalah single 'You And I' dari album "A New Day...Live In Las Vegas", juga 4 buah lagu untuk album "Taking Chances"; 'A Song For You', 'Can't Fight The Feeling', 'Fade Away', dan 'Shadow Of Love'. Dimana selain menulis lagu, pria 54 tahun ini juga bermain berbagai instrumen di dalamnya, seperti gitar, synthesizer, dan perkusi. Tahun lalu, saat Celine Dion dikabarkan akan merilis album terbaru dalam bahasa Inggris dan Perancis, mungkin Aldo Nova akan terlibat dalam proses pengerjaan album tersebut. Let's hope that they will continue making hits!

Songwriter/Producer

Artist Title Year

- Blue Öyster Cult "Take Me Away" 1983 Music/Lyrics

- Nicole McCloud "Don't You Want My Love" 1985

- Céline Dion "Partout je te vois" 1987

"Have a Heart" 1990

"Des mots qui sonnent" 1991

"Dreamin' of You" 1996 Music/Lyrics/Producer

"I Love You" Music/Lyrics

"Your Light" Music/Lyrics/Producer

- Saints & Sinners Saints & Sinners 1992

- Faith Hill "I Love You" 1998

- Jon Bon Jovi "Mister Big Time"

- Garou "Au plaisir de ton corps" 2000 Music/Lyrics

"Le monde est stone" 2001 Producer

- Chenoa "Una mujer (I'm A Woman)" 2002 Music/Lyrics

- Clay Aiken "This Is the Night" 2003 Music/Lyrics

- Garou "L'aveu" 2004 Producer

"Pour l'amour d'une femme" Music/Lyrics/Producer

- Céline Dion "You and I"

- Agnes Carlsson "I Believe" 2005 Music/Lyrics

- Marilou Bourdon "Le coeur de mon coeur" Music/Lyrics/Producer

- Garou "Que le temps" 2006 Producer

"Trahison"

- Céline Dion "A Song for You" 2007 Music/Lyrics

"Can't Fight the Feelin"

"Fade Away"

"Shadow of Love"

welly
More from Creative Disc