January Artists Highlights - Pink

Oleh: welly - 04 Jan 2011

Photobucket

Kenal Alecia Beth Moore? Mungkin enggak banyak yg tau nama itu ya. Tapi kalau Pink, semua pasti jawab kenal banget. Nah, si Pink ini memang bernama asli Alicia Beth Moore. Lahir Pennsylvania pada 8 September 1979 dari ibu seorang perawat dan ayah seorang purnawirawan angkatan bersenjata. Dirinya memulai kisah sukses bermusik dari sebuah girlband yang bernama Choice. Grup ini bermain di genre R&B. Selain Pink, terlibat di dalamnya juga Chrissy Conway dan Sharon Flanagan. Mereka mengirimkan demo ke LaFace Record, yang bos-nya tidak lain dan tidak bukan adalah produser R&B kondang, L.A. Reid. Single mereka sempat dijadikan soundtrack film malah. Tapi sayangnya ini grup enggak panjang umur. Mereka mesti bubar di tahun 1999.

Tapi nyali cewek ini enggak kendur untuk kembali mencoba peruntungan di dunia tarik suara. Dirinya menjadi solois dengan nama Pink tentunya dan dikontrak oleh label serupa dengan grupnya tadi. Jadi dech album "Can't Take Me Home" yang diproduseri sama Babyface. Kamu pasti ingat lagu 'Most Girls', You Make Me Sick', dan 'There You Go' bukan? Nah, ketiganya berasal dari debut album tersebut yang rilis di bulan April tahun 2000. Kalau kamu masih merasa belum ngeh dengan keberadaan Pink saat itu, dia bersama Christina Aguilera, Mya, dan Lil Kim berparade menyanyikan lagu yang diproduseri ama Missy Elliott, 'Lady Marmalade' untuk soundtrack film "Moulin Rouge". Ini enggak bisa jawab enggak tahu, donk. Lagu ini memenangkan penghargaan tertinggi di MTV VMA di tahun 2001, dan bahkan menyabet sebuah Grammy untuk kategori Best Pop Collaboration with Vocals!!!

Enggak cuman R&B, cewek berusia 31 pun menjamah ke genre lainnya, kayak dance dan rock. Itu terasa banget dalam album keduanya "Missundaztood" yang keluar di Nopember 2001. Di bawah label Arista, kita diajak berpesta dengan dance beat 'Get This Party Started', terbius sama rock 'Just Like A Pill', sekaligus merasakan pilunya R&B 'Family Portrait'. Perpaduan karya Linda Perry, Scott Storch, dan Dallas Austin menjadi penyebab keberagaman sound di album tersebut. Tapi keberadaannya sebagai seorang rocker baru diakui oleh Grammy saat album "Try This" dirilis. Single 'Trouble' yang juga dipakai untuk soundtrack film Disney "Princess Diaries" mendapat apresiasi di ajang Grammy, dimana nama Pink diunggulkan untuk kategori Best Female Rock Vocal Performance.

Sukses demi sukses terus dikumpulkannya. Kembali bersama LaFace, dia merilis album "I'm Not Dead" di tahun 2006. Ya sama kayak judulnya, album ini seperti pengakuan comeback seorang Pink. Lagu super nyindir 'Stupid Girls' berasal dari album ini lho. Syukurnya, para kritikus musik menyambut baik comeback tersebut dengan memuji album ini. Dan angka penjualan pun berkata demikian, lebih baik dibanding album sebelumnya. Makin menjadi-jadi, tahun 2008 Pink berjaya! Akhirnya dirinya punya lagu nomor 1 yang pertama, atas namanya sendiri. 'So What' dari album "Funhouse" adalah kolaborasi dahsyat dari Pink bersama Max Martin dan Shellback. Album yang banyak berkisah tentang perpisahannya dengan sang suami Carey Hart ini oleh dikatakan sebagai puncak suksesnya Pink. Peak di posisi 2 Billboard 200 Albums merupakan peak terbaik yang pernah Pink cetak.

Untuk menoleh ke belakang, menyimak apa saja yang pernah dialami Pink dalam bermusik, disajikan dalam paket kompilasi "Greatest Hits...So Far". Kedahsyatan Pink kembali dibuktikan dengan single pertamanya 'Raise Your Glass' yang kembali menampilkan Max Martin + Shellback. Lagu ini pun berhasil menduduki puncak tangga lagu di Amerika. Menyusul, 'F*ckin' Perfect' yang sudah banyak menerima pujian, akan semakin melambungkan calon ibu yang satu ini. Pink berada di puncak suksesnya sebagai seorang artis dan seorang manusia. Albumnya laris manis dan kehidupan rumah tangganya rujuk dan mengharapkan kelahiran seorang putri pada bulan Juli tahun ini. Kita pun harus ikut merayakan eforia tersebut dengan menobatkannya sebagai Artist Highlight edisi Januari ini.

Intro by Ai Hasibuan

Official Website Pink

Ikutan Quiz yang berhadiah 10 CD Pink disini

Baca review albumnya disini

Podcast Artist Highlight Pink by creativedisc

welly
More from Creative Disc