Trending News

Blog Post

Album of The Day: Eliza Doolittle – Eliza Doolittle
Album of The Day

Album of The Day: Eliza Doolittle – Eliza Doolittle 

Released by: Warner Music Indonesia!

Mungkin belum banyak yang pernah mendengar nama penyanyi muda asal Inggris yang satu ini, namun jika berbicara tentang single pertama dari album berjudul self-titlednya, “Skinny Genes”, kebanyakan orang mungkin bisa langsung menyenandungkannya. Yup, nada yang catchy menjadi salah satu kekuatan utama penyanyi bernama asli Eliza Sophie Caird yang suara dan musiknya sekilas terdengar seperti Lily Allen ini. Dirilis pada 12 Juli 2010 dibawah naungan Parlophone Records, album yang meraih penghargaan platinum sekaligus langsung menduduki peringkat 3 di Inggris ini memiliki durasi 41 menit 12 detik.

Album ini dibuka dengan track berjudul “Moneybox” yang akan membuat kita bergoyang dengan beatnya yang menghentak. Sama seperti cover albumnya yang ‘khas cewek’ dan ‘meledak’ – juga dimulai dengan lagu pertama yang memiliki nada ceria – tentu tidak salah kalau kita akan mengira sesuatu yang manis akan keluar dari album ini.. dan kamu seratus persen benar! Seluruh lagu di album ini memiliki nada yang menyenangkan, easy listening dan sekaligus menenangkan (which is, so girly!) – sehingga bisa dikatakan semua lagu akan dengan mudahnya mengajakmu untuk ikut berdendang dan melekat di telingamu. Saat duduk santai atau saat ingin bergembira, kamu bisa mendapatkan keduanya sekaligus jika mendengar album yang beraliran pop, soul, folk dan sedikit ska ini, karena meskipun ‘bersemangat’, lagu-lagu di albumnya tidak ada yang ‘terlalu bersemangat’ (atau bisa dibilang – ‘berisik’). Tidak perlu takut terganggu dengan arti dari lirik di setiap lagunya yang beritme (yang meski kadang terkesan dipaksakan, hihi!) dan memiliki makna yang membingungkan, karena pada intinya – seperti yang diungkapkannya dalam wawancara pada sebuah media – Doolittle pribadi hanya ingin mempersembahkan lagu yang ‘enak didengar’ kepada para penggemarnya, bukan lagu berat yang memiliki arti dalam. Sedikit berbeda dari kebanyakan penyanyi lainnya, but, way to go, Doolittle!

Vokalnya sendiri bisa dibilang merdu dan jernih (juga sedikit serak di beberapa lagu), dimana ia bisa bernyanyi sempurna dengan nada tinggi (seperti pada track “Missing”) juga rendah dalam “A Smokey Room”. Untuk lebih mendapatkan kesan ceria, ia menambahkan suara siulan ke dalam beberapa lagu seperti “Back To Front” yang menceritakan tentang seseorang yang ingin kembali ke masa lalu dan terus bergembira juga single utamanya “Skinny Genes” yang berbicara tentang bagaimana kebenciannya pada seseorang yang meski menyebalkan, ia tidak ingin meninggalkan orang tersebut. Track berjudul “Mr. Medicine”, “Rollerblades” (yang berurut merupakan single keempat dan ketiganya), “Police Car” dan “So High” sangat cocok didengarkan jika kalian ingin bersantai, bahkan track berjudul “Empty Hand” sangat cocok digunakan sebagai lullaby, karena memiliki alunan dan dentingan lagu yang mirip dengan kotak musik. Beberapa lagu seperti “Go Home” dan “Nobody” memiliki intro yang akan ‘mengikat’ kalian untuk mendengarkannya hingga akhir, dan terakhir, lagu “Pack Up” yang merupakan single keduanya memiliki musik yang seakan mengingatkan kita pada lagu Amy Winehouse.

Fakta lain tentang perempuan ini adalah sebelumnya dia pernah mengeluarkan self-titled EP yang berisi “Rollerblades”, “Moneybox”, “Police Car” and “Go Home” pada 29 November 2009. Well, kembali ke album, secara umum album debutnya ini sangat cocok didengarkan untuk kalian yang ingin mendapatkan mood booster ataupun kalian yang merasa penat dan butuh lagu untuk menenangkan hati. Meski saya sendiri tetap merasa jika Doolittle belum bernyanyi dengan sepenuh hatinya pada album ini, namun tidak dapat disangkal album ini adalah album yang cukup berharga untuk dibeli. Selamat bersenang-senang dengan album Eliza Doolittle!

Official MySpace

Rate this album: [ratings]

(Review by Natya Sekar Arum)

Track listing
1. “Moneybox” Eliza Caird, Matthew Prime, Tim Woodcock Prime 3:04
2. “Rollerblades” Caird, Jonny Sharp, Craigie Dodds Dodds, Sharp 3:03
3. “Go Home” Caird, Phil Thornalley, Mads Hauge Thornalley, Hauge 2:58
4. “Skinny Genes” Caird, Prime, Woodcock Prime 3:05
5. “Mr Medicine” Caird, John Beck, Steven Chrisanthou Chrisanthou 3:27
6. “Missing” Caird, Dodds Dodds 3:43
7. “Back To Front” Caird, Dodds, Will Johnstone Dodds 3:41
8. “A Smokey Room” Caird, Sharp, Dodds Dodds, Sharp 2:53
9. “So High” Caird, James Napier Napier 2:41
10. “Nobody” Caird, Greg Kurstin, Lauren Christy Kurstin 3:00
11. “Pack Up” Caird, Prime, Woodcock, George Powell, Felix Powell Prime 3:11
12. “Police Car” Caird, Dodds Dodds 3:21
13. “Empty Hand” Caird, Kurstin Kurstin 3:05

Related posts

Leave a Reply