Trending News

Blog Post

Album of The Day: Matthew Morrison – Matthew Morrison
Album of The Day

Album of The Day: Matthew Morrison – Matthew Morrison 

Released by: Universal Music Indonesia

Ada 10 buah track di dalam album selftitled Matthew Morrison ini, yang kalau digeneralisasikan dalam satu genre, maka adult contemporary adalah hasilnya. Oke, mungkin untuk sebuah debut oleh seorang penyanyi dengan usia di atas 30-an pada masa sekarang ini memang enggak terlalu banyak pilihan. Pasalnya, lama kelamaan kebanyakan baru yang bermunculan itu justru orang-orang dengan usia belia dengan beragam musik yang adalah hasil olahan dari sebuah unsur yang dinamakan pop. Maka untuk artis-artis seperti Matthew, yang sebelumnya hanya bermain di Broadway dan baru sekarang berkesempatan mengadu nasib di industri rekaman, jalur yang lebih dewasa dan matang adalah jalurnya. Album “Matthew Morrison” patut dikasih jempol, karena Matthew tidak hanya menyanyikan lagu-lagu di dalamnya, tapi beliau juga menuangkan jiwa dan raganya dalan nyanyiannya.

Single pertama, ‘Summer Rain’ mungkin terdengar sangat ‘Hey, Soul Sister’ dengan segala ciri folk yang terdapat di dalamnya. Matthew ikutan dalam penulisan lagu ceria ini, bersama hit maker Claude Kelly, juga Espen Lind dan Amun Bjorklund (yang memang penulis dan produser lagu ‘Hey, Soul Sister’). Tapi jangan lantas menilai kalau se-album sound-nya serupa, karena penilaian tersebut salah. Ini saja sudah dipatahkan oleh single kedua, ‘Still Got Tonight’. Lagu ini adalah hasil kreasi Andrew Frampton, Steve Kipner, dan Kris Allen. Nah, udah tau kan unsur apa yang kemudian hadir di dalamnya? Alternative yang sedikit nge-rock. Musik dari gitar elektrik dan gebukan drum tersedia di dalamnya. Tapi dari kesemua produser yang ambil bagian dalam pengerjaan album ini, Rob Mathes mengambil peran terbesar dengan terlibat dalam separuh isi album ini. Kalau kamu ingat perayaan inagurasi Obama di tahun 2009 lalu, Rob ini adalah musical director-nya. Dua di antaranya adalah deklarasi ‘My Name’ dan duet Matthew bersama Sting di lagu guidance ‘Let Your Soul Be Your Pilot’.

Nilai plus yang ada di dalam album ini adalah semangat yang tersisip di dalam musik dan lagu-lagunya. Seperti contohnya klasik ‘Over The Rainbow’ yang dibawakan duet bersama Gwyneth Paltrow. Matthew sendiri pernah menyanyikan lagu ini dalam versi Israel Kamakawiwo’ole untuk serial Glee, dan untuk duetnya di album ini, mereka juga menggunakan introductory verse sesuai versi original oleh Judy Garland. I love the acoustic sound to the song. ‘Don’t Stop Dancing’ dan ‘It Don’t Matter To The Sun’ adalah dua track lainnya yang mampu menambah porsi semangat dalam hidup. Kedua lagu ini sejalan membubuhkan nilai positif pada self esteem. Kalau ditanya track apa yang terbaik dalam album ini, maka aku akan menjawab dua lagu jadi satu, ‘Mona Lisas and Mad Haters/Rocket Man’ yang dinyanyikan duet bersama penulis lagu dan penyanyi asli kedua lagu tersebut, Elton John. These songs are soooooo great. Period.

Matthew juga berkesempatan mengasah kemampuan menulis lagunya. Selain ‘Summer Rain’, dia juga menulis lagu ‘My Name’, ‘Hey’, dan ‘It’s Over’. Keberuntungan Matthew lainnya adalah kontribusi para penulis lagu seperti Eg White, Kristian Lundin, juga JC Chasez. One album to buy. Bukan hanya untuk orang-orang yang merasa menggemari serial Glee, tapi juga buat semua kalangan. I, for one, mendengarkan album ini di saat kondisi sedang kekurangan semangat. Dan kemudian mendengarkannya sebagai spirit charger. This album is comforting. If I can feel it, I hope you all can too.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACK LIST
1. “Summer Rain” Matthew Morrison, Espen Lind, Amund Bjørklund, Claude Kelly Espionage 3:32
2. “Still Got Tonight” Andrew Frampton, Steve Kipner, Kris Allen Andrew Frampton, Steve Kipner 4:29
3. “Let Your Soul Be Your Pilot” (with Sting) Sting Rob Mathes 5:30
4. “My Name” Morrison, Eg White Rob Mathes 3:22
5. “Hey” Morrison, Kristian Lundin, Carl Falk, JC Chasez, Dylan Patrick Kristian Lundin, Carl Falk 3:19
6. “Somewhere Over the Rainbow” (with Gwyneth Paltrow) Harold Arlen, E. Y. Harburg Rob Mathes 4:43
7. “Don’t Stop Dancing” Chasez, Matt Squire, Lindy Robbins Matt Squire 2:53
8. “It Don’t Matter to the Sun” Gordon Kennedy, Tommy Sims, Wayne Kirkpatrick Rob Mathes 4:32
9. “Mona Lisas and Mad Hatters / Rocket Man” (with Elton John) John, Bernie Taupin Rob Mathes 6:51
10. “It’s Over” Morrison, Marc Shaiman Marc Shaiman 2:23

Artist Highlight Matthew Morrison by creativedisc

Related posts

Leave a Reply