Trending News

Blog Post

Album of The Day: Wiz Khalifa – Rolling Papers
Album of The Day

Album of The Day: Wiz Khalifa – Rolling Papers 

Released by: Warner Music Indonesia

Timing adalah segalanya. Saat di pertengahan dekade 2000-2009 Wiz Khalifa memulai perjalanan hidupnya sebagai artis rekaman, dirinya memulai dengan mixtape dan album di bawah label indie, namun berhasil masuk ke jajaran album rap di US. Dan kini, dirinya di bawah nauangan Atlantic merilis album “Rolling Papers” pada akhir Maret lalu yang debut di posisi 2 Billboard 200 Albums. Ini adalah prestasi yang sangat mengagumkan baginya setelah sekian lama menunggu kemunculan namanya ke permukaan dan bersaing dengan nama-nama rapper hip-hop ngetop lainnya di chart.

Dan tepat saja, single andalan dari album ini, ‘Black And Yellow’ berkesempatan nangkring di puncak Billboard Hot 100 Singles dan sejauh ini menjadi salah satu lagu hip-hop dengan penjualan terbaik, mencapai angka lebih dari 3 juta kopi. Terima kasih atas keberadaan Stargate yang mengkomposisikan lagu ini dengan sempurna sebagai hit besar bagi Wiz. Sample dari film “Flashdance” yang muncul juga merupakan faktor penting penentu nge-hits-nya ‘Black And Yellow’.

Selain di ‘Black And Yellow’, Stargate pun muncul di beberapa track lain untuk rapper yang bernama asli Cameron Jibril Thomaz ini, yaitu ‘Roll Up’ dan ‘Wake Up’. Ciri Stargate dalam beat R&B yang kental memang menjadikan keberadaan hip-hop bagi Wiz Khalifa di album ini ramah dengar. Ketiga track karya Stargate ini memang stand out sebagai pilihan utama untuk difavoritkan.

Mengenai judul album, “Rolling Papers”, Wiz Khalifa memang menyengaja judul tersebut atas 3 alasan, gulungan kertas (rokok ganja) yang dihisapnya untuk mencari ide, gulungan kertas (rokok) yang dihisapnya saat dirinya merasa down, dan gulungan kertas yang ditinggalkan saat mulai menulis lagu di handphone. Atas 2 alasan utama di atas, penampakan asap di cover albumnya memang sudah terjelaskan. Tapi enggak ada judul lagu yang melibatkan kata kertas dalam album ini. Beberapa track yang terasa sangat personal dengan kehidupan rapper asal Pennsylvania ini adalah ‘Get Your Sh*t’ dan ‘Fly Solo’ yang juga meleluasakan Whiz menyanyikan lirik di bagian hook lagu-lagunya.

Salah satu yang ditunggu dalam sebuah album oleh rapper adalah kehadiran vokalis tamu. Dalam album Wiz ini, ada Too Short, Chevy Woods, dan Curren$y yang sumbang suara. Mereka masing-masing muncul di lagu ‘On My Level’, ‘Star Of The Show’, dan ‘Rooftops’. Bisa ditebak kehadiran mereka meramaikan suasana album ini. Dan salah satu yang sangat kunantikan kala mendengar album ini adalah lagu up tempo yang menyemarakkan suasana. Syukurlah itu kutemukan di track ke-14, sekaligus track penutup album ini. ‘Cameras’ adalah sebuah danceable hip hop track yang bisa buat kita goyang dan ikut nyanyi di bagian chorusnya yang super catchy. Another stand out track. “Rolling Papers” boleh disimpulkan sebagai langkah awal yang manis sebagai penanda Wiz Khalifa siap bersaing untuk di kancah musik hip hop.

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “When I’m Gone” Cameron Jibril Thomaz, Eric Dan I.D. Labs 4:08
2. “On My Level” (featuring Too $hort) Thomaz, Todd Anthony Shaw, James Scheffer Jim Jonsin 4:32
3. “Black and Yellow” Thomaz, Mikkel S. Eriksen, Tor Erik Hermansen StarGate 3:37
4. “Roll Up” Thomaz, Kevin McCall, Eriksen, Hermansen, Nicole Longmire, Dylan Proctor, Brandon Brantley, Whitney Briggs StarGate 3:47
5. “Hopes & Dreams” Thomaz, Brandon Carrier Brandon Carrier 3:58
6. “Wake Up” Thomaz, Eriksen, Hermansen StarGate 3:46
7. “The Race” Thomaz, Dan I.D. Labs 5:35
8. “Star of the Show” (featuring Chevy Woods) Thomaz, Dan I.D. Labs 4:46
9. “No Sleep” Thomaz, Benjamin Levin Benny Blanco, Noel “Detail” Fisher 3:11
10. “Get Your Shit” Thomaz, Dan I.D. Labs 4:36
11. “Top Floor” Thomaz, Andrew Wansel, Warren Felder Andrew “Pop” Wansel, Warren “Oak” Felder 3:42
12. “Fly Solo” Thomaz, Dan I.D. Labs 3:20
13. “Rooftops” (featuring Curren$y) Thomaz, Shante Franklin, Brandon Green Bei Maejor, Clinton Sparks (co.) 4:20
14. “Cameras” Thomaz, Dan I.D. Labs 4:29

Related posts

Leave a Reply