Trending News

Blog Post

The Voice: Battle Duets (Episode 3-6)
The Voice US

The Voice: Battle Duets (Episode 3-6) 

The Voice merupakan Reality Show terbaru yang pertama kali tayang di Belanda dan kemudian diadaptasi di Amerika dan disiarkan di NBC. Dengan memilih 4 juri yang sudah ‘expert’ di bidang musik dan genre-nya yaitu: Blake Shelton, Adam Levine (Maroon 5), Christina Aguilera dan Cee Lo Green. 2 Episode awal, para juri diwajibkan memilih 8 orang peserta yang akan dilatihnya, proses pemilihannya cukup unik, yaitu membelakangi peserta yang sedang bernyanyi, dan ketika sang juri merasa ‘cocok’ dengan ‘Voice’ mereka, juri tersebut memencet bel dan kursi mereka akan berputar melihat sang penyanyi. Dan apabila lebih dari 1 juri yang memencet bel, maka hak para peserta untuk memilih juri siapa yang akan jadi ‘coach’ mereka! Dan 2 episode itu sudah kita lewati, dimana kita sekarang akan merekap episode ke-3 hingga ke-6.

Sedikit recap, para penyanyi di acara The Voice ini sebagian besar telah memiliki pengalaman di dunia hiburan yang cukup mengesankan. Ada yang punya 3 bahkan lebih album studio (Tarralyn Ramsey dan Javier Colon), bintang televisi, film, dan internet (Tore & Taylor Thompson, Raquel Castro, dan Kelsey Rey), musisi panggung dan artis rekaman (Rebecca Loebe, Nakia, Casey Desmond, dan Serabee), vokalis band dengan 5 album studio (Dia Frampton dan Vicci Martinez), Broadway Star (Frenchie Davis), artis rekaman (Casey Weston dan Tim Mahoney), penyanyi latar dan penulis lagu (Cherie Oakley).

Dalam 4 episode, ditayangkan pertarungan di atas panggung berbentuk ring tinju untuk menentukan siapa yang akan melaju ke babak berikutnya. Mereka menyanyikan lagu yang sama, yang telah dipilihkan oleh pelatih masing-masing untuk ditampilkan. Dan diurutkan dari masing-masing tim, inilah yang terjadi di Battle Duets.

Photobucket
Battle Duets #TeamXtina, advisor: Sia Furler
Christina Aguilera memilih teman, sekaligus musisi dan pencipta lagu asal Australia, Sia Furler yang membantu Xtina di album “Bionic” sebagai penasihat dia dalam melatih teamnya ini.

Photobucket
May 10th: Tarralyn Ramsey vs Frenchie Davis
Keduanya sama-sama kelas berat. Tapi kalau dinilai dari tipe vokal, Tarralyn menang di power dan Frenchie menang di kontrol. Christina memilihkan lagu ‘Single Ladies’ untuk mereka nyanyikan. Memang, Frenchie menang dari segi penampilan dan vokal di lagu ini, tapi Tarralyn punya vokal membahana yang akan sangat keren kalau dibawa ke babak berikutnya untuk memanaskan kompetisi.

Photobucket
May 17th: Beverly McClellan vs Justin Grennan
Satu-satunya penyanyi cowok di #TeamXtina disandingkan dengan vokalis yang punya gaya kecowok-cowokan. Christina memilih lagu ‘Baba O’Rilley’ untuk dinyanyikan, ini enggak adil buat Justin, karena dirinya bukanlah vokalis rock sedangkan Beverly adalah rocker. Dari pemilihan lagu sampai penampilan, Justin enggak bisa berkutik.

Photobucket
May 24th: Raquel Castro vs Julia Eason
Ini battle paling hancur di #TeamXtina. I gotta say, aku masih heran mengapa Christina bisa miliih Raquel dalam tim-nya. Cewek ini punya suara yang secara konsisten goyang setiap kali dia bernyanyi. Faktor usia? Mungkin. Karena dia masih 16 tahun dan masih bisa berkembang. Dibandingkan Julia yang memang sudah terlihat sangat nyaman, menguasai panggung dan juga vokalnya. Christina memilihkan lagu ‘Only Girl In The World’ yang dinyanyikan layaknya karoke oleh keduanya.

Photobucket
May 31st: Cherie Oakley vs Lily Elise
Ini battle paling seru di #TeamXtina. Baik Lily maupun Cherie, keduanya sama kuat dan sama pengennya untuk melaju ke babak berikutnya. Di awal, Lily bilang kalau pilihan lagu Christina untuk mereka, ‘Since U Been Gone’ dinilai sedikit menguntungkan bagi Cherie berkaitan dengan vokal country-nya. Cherie punya personality yang sangat menawan, sedangkan Lily punya passion yang kuat dalan kepribadiannya. Dan di panggung, keduanya membawa suasana persaingan yang jempolan. Keduanya sama kuat, sehingga siapapun yang melaju pasti membanggakan.

Photobucket
Battle Duets #TeamCeeLo, advisor: Monica
Cee-Lo Green memilih Grammy Winner R&B Singer, Monica sebagai penasihatnya untuk melatih teamnya ini.

Photobucket
May 10th: Nikki Dawson vs Vicci Martinez
Cee Lo sepertinya punya penglihatan tersendiri bagaimana untuk memilih kontestan yang akan bersanding di babak ini dan pilihan lagu yang cukup adil untuk mereka. Nikki dan Vicci dipilihkan lagu ‘Perfect’ milik Pink. Seru sih melihat mereka berdua di panggung menyanyikan lirik-lirik yang memelas. Aksi panggung Vicci benar-benar ganggu. Kaki mengangkang dan dihentak-hentakkan.

Photobucket
May 17th: Nakia vs Tje Austin
Lagu yang dipilihkan Cee Lo ‘Closer’ oleh Ne-Yo sedikit menguntungkan bagi Tje. Soalnya Nakia adalah vokalis yang sepertinya enggak bisa memakan semua jenis lagu. Battle ini enggak sepanas battle #TeamCeeLo yang pertama.

Photobucket
May 24th: Kelsey Rey vs Tori & Taylor Thompson
Come on, dunia juga tau Kelsey adalah vokalis yang jauh lebih baik dibanding Thompson Sisters. Lagu ‘Unwritten’ pun dikuasai olehnya. Vokal Thompson Sisters goyang disetiap bagian. Enggak ada nada tinggi yang sanggup mereka capai. Mereka ditaklukkan oleh lagunya. Sedangkan Kelsey, dia nyanyi jauh lebih santai dan dia lebih siap untuk bersaing di Live Show.

Photobucket
May 31st: Curtis Grimes vs Emily Valentine
I chose Emily kalau secara vokal, tapi melihat pasangan ini dan kondisi artis yang sudah terpilih di #TeamCeeLo, juga pilihan lagu yang mereka nyanyikan, semuanya sangat menguntungkan bagi Curtis. Well hey, lagu country ‘Need You Now’ untuk vokalis country. Ciuman di akhir penampilannya benar-benar enggak penting!

Photobucket
Battle Duets #TeamAdam, advisor: Adam Blackstone
Mungkin kita jarang mendengar nama Adam Blackstone, tapi sebagai orang dibalik layar, nama Adam cukup dikenal sebagai Music Director untuk Maroon 5 tentunya dan juga beberapa artis seperti Eminem, Janet Jackson bahkan Kanye West. Pilihan yang tepat oleh Adam Levine!

Photobucket
May 10th: Casey Weston vs Tim Mahoney
Keduanya pernah merilis album, keduanya juga vokalis yang baik. Tim jauh di depan untuk pengalaman dibanding Casey. Tapi lagu yang dipilihkan Adam untuk mereka, ‘Leather And Lace’ berada di tengah-tengah, masing-masing punya kesanggupan untuk menyanyikan lagu tersebut.

Photobucket
May 17th: Javier Colon vs Angela Wolff
Enggak adil memasangkan seseorang dengan salah satu kemampuan vokal terbaik di acara ini dengan seseorang yang terpilih berdasarkan kesempatan kedua. Semuanya sangat menguntungkan bagi Javier, meskipun Angela mati-matian menyanyikan ‘Stand By Me’ dengan jiwa dan raganya.

Photobucket
May 24th: Devon Barley vs Rebecca Loebe
Untuk fair, seharusnya Adam memasangkan Javier dengan Rebecca, dan Devon dengan Angela. Sehingga ada kesempatan bagi setiap mereka untuk melanjut ke babak berikutnya. Yang ini juga sepertinya semua keberuntungan di dunia ini dipegang oleh Rebecca. Tapi hasilnya? Kebalikannya!

Photobucket
May 31st: Jeff Jenkins vs Casey Desmond
Entah bagaimana bisa setiap pria dipasangkan dengan setiap wanita di #TeamAdam dalam Battle Duets ini. Mungkin persaingan akan lebih heboh kalau Jeff disandingkan dengan Casey Weston, bukan Casey Desmond.

Photobucket
Battle Duets #TeamBlake, advisor: Reba McEntire
Kalo di team ‘Country’ ini, Blake punya senjata andalan yaitu penasihatnya yang sudah kelas berat yaitu sang legenda dibidang Country, Reba McEntire.

Photobucket
May 10th: Tyler Robinson vs Patrick Thomas
Kalau ada 2 nama yang seharusnya melaju ke Live Show dari #TeamBlake, kedua orang itu haruslah Tyler dan Patrick. Tapi Blake telah memasangkan keduanya untuk menyanyikan ‘Burning Love’. Ini adalah battle paling seru di #TeamBlake. Keduanya sangat kompetitif. Tyler berada di atas Patrick untuk kemampuan vokal dan penampilan.

Photobucket
May 17th: Jared Blake vs Elenowen
Jared dirugikan dari pilihan lagu, dan kalau dilihat hubungan Blake dengan country, pemasangan dirinya dengan Elenowen pun bisa jadi merugikan baginya. Tapi Jared enggak putus asa, sehingga lagu ‘Ain’t No Mountain High Enough’ dan panggung dikuasainya.

Photobucket
May 24th: Serabee vs Dia Frampton
Pemasangan Dia melawan Serabee dianggap pelatih lain sebagai “odd pairing”. Serabee pun dianggap menyanyi berlebihan, meskipun dirinya sanggup mengambil semua nada tinggi bukan berarti dirinya bisa terus-terusan melakukan hal tersebut. Sementara Dia Frampton bertindak di atas panggung seperti peran protagonis yang sedang disika.

Photobucket
May 31st: Xenia vs Sara Oromchi
Who cares, dalam battle ini semua mata dan telinga pasti tertuju pada Xenia. Sara yang hanya mendapatkan tak lebih dari 10 detik sorotan dalam babak Blind Auditions pun menampilkan vokal yang secara konsisten goyang di panggung, membuat pemirsa bertanya-tanya, mengapa dirinya bisa terpilih saat itu. Penampilan ini sangat melempem. Enggak ada yang bisa nyanyi ‘I’ll Stand By You’ dalam nada yang tepat. Semuanya keteteran. Battle terparah, sebaris dengan Dia vs Sarabee.

Dan 16 nama yang melaju ke babak Live Show adalah sebagai berikut:
1. Frenchie Davis
2. Vicci Martinez
3. Casey Weston
4. Patrick Thomas
5. Beverly McClellan
6. Nakia
7. Javier Colon
8. Jared Blake
9. Raquel Castro
10. Tori & Taylor Thompson
11. Devon Barley
12. Dia Frampton
13. Lily Elise
14. Curtis Grimes
15. Jeff Jenkins
16. Xenia

Dari sini, semua terserah para Amerika mau menentukan siapa yang akan melanjut, siapa yang akan tersisih. Live Show akan dimulai pekan depan, dan semoga persaingan semakin panas supaya kita tetap menyaksikan acara yang seru ini!

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply