Trending News

Blog Post

July Artist of The Month: Lady Gaga
Artist of The Month

July Artist of The Month: Lady Gaga 

Photobucket

Siapa yang enggak kenal Lady Gaga. Bukan hanya musiknya yang infectious, tapi tampilannya yang eksentrik juga menarik minat masyarakat. Sejak keberhasilannya menjadikan debut single ‘Just Dance’ ke puncak tangga lalu Billboard di tahun 2009, nama Lady Gaga enggak pernah berhenti jadi bahan perbincangan. Dirinya muncul dimana-mana, acar televisi, berbagai festival musik, cover majalah, semuanya. Lady Gaga seolah penguasa dunia. Dirinya, musiknya, dan gayanya menjadi kiblat para performer. Hanya dalam waktu singkat, dirinya pun berhasil mensejajarkan namanya dengan Rihanna dan Mariah Carey dalam perolehan lagu nomor 1 terbanyak di chart pop. Menjual album perdananya “The Fame” lebih dari 12 juga kopi di seluruh dunia, membuat stasiun radio di berbagai belahan dunia memutar lagu-lagunya; ‘Poker Face’, ‘Paparazzi’, ‘Eh Eh’, juga ‘LoveGame’.

Tapi itu semua tidak diraihnya dengan cara yang mudah. Karena Stefani Joanne Angelina Germanotta yang lahir di 28 Maret 1986 ini pernah mengalami pahitnya nasib dilempar dari label. Ketika berusia 19 tahun, gadis yang tak sempat menuntaskan studinya di kampus NYU Tisch School of the Arts ini dikeluarkan oleh label yang menontraknya hanya seumur 3 bulan. Berhubung menyerah tidak ada dalam kamusnya, bersama penulis lagu dan produser RedOne, putri dari pasangan Joseph dan Cynthia ini pun memulai karirnya sebagai penulis lagu. Tak hanya itu, Stefani Germanotta Band pun dibentuk bersama teman-temannya dari NYU. Ini semua dilakoninya untuk mewujudkan impian di dunia musik, setelah pengorbanan yang dilakukannya dengan memberhentikan studi. Gadis yang memiliki darah Italia ini pun mulai manggung dalam pertunjukan-pertunjukan neo-burlesque, yang kemudian mempertemukannya dengan Rob Fusari, seorang produser rekaman dan juga pencipta lagu. Beliaulah yang kemudian memberikan nama “Lady Gaga” kepada Stefani sebagai nama panggungnya, dan mengantarkan Gaga pada kontrak dengan Interscope. Lahirlah album “The Fame”, dan perjalanan Gaga menuju sukses telah dimulai.

Kerangka musik dance yang infectious dan konsep tampilan yang eksentrik cepat membuat Gaga tenar. Dirinya digelari Mother Monster sebagai panutan dari para Monster, sebutan untuk penggemarnya. Nama tersebut juga dipakai untuk judul album Gaga berikutnya, “The Fame Monster” yang berisi 8 buah lagu termasuk hit sensasional ‘Bad Romance’. Single ini meroket ke puncak tangga lagu dunia, berikut video klipnya menjadi tontonan terbanyak di YouTube tidak lama setelah premir. Kesuksesan yang enggak kalah jauh juga diraih oleh single ‘Telephone’ dan ‘Alejandro’ dari album yang sama. Semuanya masih dalah rangkaian kegilaan konsep video dan musik jenius Gaga. Dalam derasnya komentar penyimpangan-penyimpangan yang tergambar dalam video klip-video klipnya, Gaga tetap berdiri tegak dan tetap menuai sukses yang tak berujung! Kelebihannya dibanding performer lain adalah dedikasinya untuk dunia musik yang kukuh dari influens legendaris seperti Queen dan David Bowie, juga Madonna, Britney Spears, Michael Jackson, dan Whitney Houston, yang ditampilkannya dengan caranya yang fierce! Gaga pun sempat merilis album “The Remixes” yang berisi rasa baru dari lagu-lagu hit-nya.

Dalam rentang waktu ini, Gaga berkolaborasi dengan sejumlah nama artis papan atas dunia, yang memang kebanyakan tampil dan sukses lebih dahulu daripada dirinya. Akon, Beyonce, New Kids On The Block, Elton John, dan Flo Rida, juga nama baru yang ikut mencuat ke permukaan bersamanya, seperti Colby O’Donnis. Menciptakan lagu untuk Britney, Fergie, The Pussycat Dolls, dan Adam Lambert. Yang asyik dari kepopuleran Lady Gaga ini adalah dia tak sendiri mengangkat namanya ke puncak, tapi juga nama-nama yang berkontribusi untuk musiknya. RedOne menjadi salah satu top producers saat ini, Wale dan Space Cowboy juga kecipratan kesempatan untuk tenar. Gaga pun mulai mengoleksi berbagai penghargaan musik. Namanya mulai muncul di Grammy 2009, dan hingga kini sudah 5 buah Grammy berhasil menjadi miliknya. Sapu bersih di Brit Awards, ASCAP Awards, BMI Awards, menjadi pemenang besar di berbagai ajang penghargaan musik yang digelar oleh MTV, mulai dari MTV Video Music Awards, Europe Music Awards, O Music Awards, Japan Music Awards, dan masih banyak lagi pernghargaan musik yang menjadikan Gaga sebagai pemenangnya. Termasuk yang belum lama ini, Billboard Music Awards, dimana Gaga menang di 3 kategori; Top Pop Artist, Top Dance Artist, dan Top Electronic/Dance Album untuk “The Fame”. Televisi pun mencintainya. Glee membuat episode khusus untuknya, dan American Idol menampilkannya sebagai mentor.

Perjalanan Gaga berlanjut, dengan cara yang semakin sukses dan semakin menanjak tinggi. ‘Born This Way’, single pertama dari album keduanya “Born This Way” yang debut di posisi 1 Billboard Hot 100 Singles dan bertahan disana selama 6 pekan. Disini Gaga fokus pada lirik inspiratif mengenai acceptance, penerimaan terhadap diri sendiri, yang enggak hanya terbatas pada orientasi seksual yang memang menjadi hal yang sangat diperhatikan olehnya, tapi juga bisa diterapkan dalam hal-hal yang lebih umum dari itu. Hingga saat ini, ‘Born This Way’ adalah single terlama yang berhasil nongkrong di posisi puncak. Di saat chart sedang berisi nama-nama beken seperti Katy Perry, Bruno Mars, Jennifer Lopez, Rihanna, dan juga Britney Spears, Gaga mampu menunjukkan keperkasaannya! Sebelum album “Born This Way” diriis, beberapa single dikeluarkan untuk mengukur animo masayarakat terhadap musiknya. Dan hasilnya, tak kalah luar biasa. Single ‘Judas’, ‘The Edge Of Glory’, dan ‘Hair’ debut di posisi tinggi. Dan kini, saat perilisan albumnya tiba, para kritikus musik dan praktisi penjualan memprediksi penjualan album ini akan menjadi fantastis di minggu pertamanya. Itu adalah hal yang tak terhindarkan, jikalau nama sebesar Gaga dengan tingkat antusiasme yang luar biasa terhadap albumnya bersatu. Dunia akan bersorak sorai dalam alunan musiknya, ternganga melihat tampilannya, dan menikmati keberadaannya. She’s Gaga, and she’s our choice for July artist of the month! Supported by Universal Music Indonesia!

Official Website Lady Gaga

Intro by: Ai Hasibuan

Artist Of The Month Lady Gaga by creativedisc

Related posts

Leave a Reply