fbpx

Trending News

Blog Post

November Artist of the Month: 5 Seconds of Summer
Artist of The Month

November Artist of the Month: 5 Seconds of Summer 

Empat pemuda asal Australia yang tergabung dalam kumpulan 5 Seconds of Summer merupakan salah satu band terpanas di planet ini. Dalam usia karir yang menginjak di tahun ketiga, mereka sudah mengklaim teritori kesuksesan di berbagai belahan bumi. Bukan cuma Australia, mereka juga sudah punya nama di Amerika, Eropa, dan tentunya juga Asia. Kebesaran nama yang mereka punya saat ini tidak lepas dari peran YouTube yang telah mengantarkan karya mereka ke seluruh penjuru bumi. Alhasil, ketika single perdana ‘She Looks So Perfect’ dirilis, 5SOS langsung meroket ke puncak, menjadi idola remaja baru yang dielu-elukan, serta incaran request di stasiun radio dan televisi.

Awal kemunculan Luke Hemmings, Calum Hood, Ashton Irwin, dan Michael Clifford di YouTube adalah menyadur lagu-lagu pop seperti ‘Next to You’ (Chris Brown/Justin Bieber) dan ‘Please Don’t Go’ (Mike Posner) ke dalam format musik yang menjadi element mereka; poprock. Dari sana mereka membangun fanbase yang solid, yang menerima musik cover mereka dengan sangat positif hingga berefek ke tak hanya produktif dalam mengunggah lebih banyak video, tapi juga memprofesionalkan diri sebagai recording artist. Dan tadaaa… saat itu pun akhirnya tiba dengan deal pertama mereka di bidang publishing bersama Sony ATV Music Publishing. Karir yang mulai muncul ke permukaan juga berimbas pada popularitas yang kian mencuat. Desakan itu datang dari One Direction yang menggembar-gemborkan mereka sebagai salah satu band wajib tonton, hingga penggunaan jasa 5SOS sebagai opening act di tur “Take Me Home” dari boyband asal UK tersebut.

Promosi terbaik memang datang dari mulut ke mulut. Pembicaraan mengenai betapa hot-nya band ini kemudian sampai ke telinga berbagai nama, berujung pada sesi penulisan lagu bareng band-band senior seperti McFly, Scouting for Girls, Kaiser Chiefs, dan juga Busted. Tak jauh dari situ, Luke dkk pun memenangkan kontrak terbesar dalam hidup mereka, rekaman bersama Capitol Records! Dengan pengaruh musik yang besar datang dari Blink 182 dan Green Day, band berhasil merilis ‘She Looks So Perfect’ di tahun 2014 sebagai momen breakthrough mereka. Penerimaan lagu ini luar biasa. Di Amerika saja, album mini alias EP yang dicetak berhasil nongkrong di peringkat 2 Billboard 200 Albums. Selain itu, lagu ini juga berhasil duduk di puncak tangga lagu di Inggris dan Australia. Album perdana yang bertajuk “5 Seconds of Summer” berisikan single-single lain yang juga bisa digolongkan sebagai hits, mulai dari ‘Don’t Stop’ yang antemik, ‘Amnesia’ yang dramatik, hingga ‘Good Girls’ yang menggelitik. Kerjasama antara band dengan 1D pun kembali berlanjut dengan kepercayaan kedua kali sebagai pembuka di tur lanjutan, “Where We Are”.

Tapi bukan berarti band ini tidak punya waktu untuk menjalankan tur sendiri. Karena di sepanjang 2014 mereka juga sempat berkeliling dan merekam penampilan live mereka sehingga layak dikoleksi dalam bentuk album “LIVESOS”. Mereka bahkan memberi sesuatu yang ekstra dalam album ini, rekaman studio untuk lagu ‘What I Like About You’, yanng sebelumnya mampir di dalam EP “She Looks So Perfect”.

Rasa-rasanya tak pernah bisa puas mendengarkan 5SOS ini. Kenapa? Karena musik mereka mengandung aspek peremajaan yang kuat, sehingga mampu dijadikan sebagai pelarian dari keseriusan atau rutinitas yang menjemukan, hingga akhirnya tercipta keadaan getaway yang diharap-harapkan. Untuk itu, album studio kedua 5SOS, “Sounds Good Feels Good” ini pun sangat layak untuk ditilik. Dengan dua single yang sudah diperdengarkan sebelumnya; ‘She’s Kinda Hot’ berikut ‘Hey Everybody!’, keempat pria muda ini siap untuk nge-rock out our world. 14 lagu di dalamnya dijamin akan memberikan kita waktu untuk bersenang-senang, tapi ada juga saat dimana kita dimanjakan dengan sound yang ramah.

Album komplit ini, berikut nama 5 Seconds of Summer yang tetap hot meski tidak di musimnya, akan menggiring November kita dalam kondisi yang prima. Spot Artist of the Month persembahan Universal Music Indonesia pastilah sangat cocok diberikan kepada Luke, Calum, Ashton, dan Michael yang semakin gencar memborbardir blantika musik dengan lagu-lagu mereka yang jempolan. Tak hanya itu saja, para fans juga bisa melihat aksi mereka di Indonesia, setelah mereka mengumumkan untuk menggelar konser “Sounds Live Feels Live”, pada tanggal 5 Maret 2016, di ICE, BSD City. Tidak ada batasan bagi band ini. Sehingga kapan pun kita ingin diguncang dengan gaya cadas mereka, 5SOS pasti selalu bisa diandalkan!

Official Website 5 Seconds of Summer
Official Facebook 5 Seconds of Summer
Official Twitter @5SOS

Official Twitter @Universal_Indo
Official Facebook Universal Music Indonesia

Ai Hasibuan
CreativeDisc Contributor
@hasibuanai11

Related posts

Leave a Reply