Trending News

Blog Post

Time Tunnel: Savage Garden
Time Tunnel

Time Tunnel: Savage Garden 

The Journey Begin:
Savage Garden yang terdiri atas Darren Hayes yang berada pada vokal dan Daniel Jones di posisi keyboard/gitar merupakan duo dari Brisbane, Queensland Australia yang dibentuk pada tahun 1994. Sang multi-instrumentalist juga produser Daniel Jones-lah yang memprakarsai. Awalnya sendiri juga simple, Daniel mencari seorang vokalis untuk band yang diusung bersama kakaknya, Red Edge. Saat itu, Darren yang sedang kuliah di universitas Australia hanya satu-satunya orang yang mengikuti audisi tersebut dan terbentuklah, Red Edge hingga pada tahun 1994 Darren dan Daniel meninggalkan grup tersebut dan memutuskan untuk membuat materi baru dan menginginkan karir bermusik yang lebih berkembang, dan pada akhirnya mengubah nama grup mereka yang di ambil dari salah satu kalimat novel terkenal karangan Anne Rice, The Vampire Chronicles “The mind of each man is a savage garden“, dan dari sinilah terbentuknya Savaga Garden. Tidak mudah untuk memulai awal perjalanan karir mereka, membuat demo tape sebanyak 150 kopi dan dikirimkan ke label, hanya ada satu produser dan label yang tertarik hingga keberuntungan hinggap dengan bertemu Charles FIsher yang menjadi produser mereka. Charles Fisher sendiri sebelumnya pernah menangani duo Australia juga, Air Supply.

Savage Garden
Tidak sia-sia akan penantian mereka, debut album dengan judul yang sama dengan nama group mereka, Savage Garden dirilis pada tahun 1996. Mengandalkan musik pop dan terkadang diramu dengan campuran elektronika, single pertama “I Want You” selain sukses di Australia, juga sukses di Amerika. Single demi single dirilis dan berhasil menempati chart seperti “To the Moon and Back”, sampai pada single ballad “Truly Madly Deeply” berhasil menempati posisi 1 Hot 100 di Billboard dan UK Chart. Single lain seperti “Break Me Shake Me”, “Universe” “All Around Me”, “Tears Of Pearls” hingga “Santa Monica”, meski tidak menempati posisi chart teratas, membuat duo ini semakin diperhitungkan. Tercatat 18 juta kopi terjual di seluruh dunia. Angka yang fantastis! Disela-sela kesuksesannya, Savage Garden juga merilis single yang masuk ke dalam sebuah soundtrack untuk film The Other Sister, “The Animal Song” dan tentunya berhasil merangsek ke posisi 19 di Hot 100 Billboard, peringkat yang tidak mengecewakan tentunya.

Affirmation
3 tahun setelah merilis debut album, Affirmation dirilis sebagai perjalan dalam karir mereka. Sayangnya, Affirmation menjadi album terakhir kebersamaan Daniel dan Darren. “The Animal Song” yang dirilis sebelumnya juga menjadi bagian pada album ini. Melanjutkan sukses “Truly Madly Deeply”, “I Knew I Loved You” dirilis. SIngle dengan nuansa ballad ini dirilis dan berhasil menempati posisi besar di berbagai chart dunia, kembali menempati posisi nomor 1 di Hot 100 Billboard merupakan single terakhir mereka yang berada di chart tersebut. Hanya itu? “Crash and Burn”, “Chained to You”, “Hold Me” hingga “The Best Thing” yang dirilis terakhir menjadi single penutup album Affirmation. 13 juta kopi untuk penjualan album kedua mereka bukan merupakan angka yang main-main.

Split/Compilation Album
Sudah menjadi hal yang jamak dan lumrah jika pada akhirnya duo ini memutuskan untuk bubar. Di samping banyaknya spekulasi pada tahun 2000 setelah album kedua dirilis, Darren sendiri tampaknya sudah memiliki ancang-ancang untuk bersolo karier. Puncaknya, pada tahun 2001, Darren mengumumkan bahwa mereka memutuskan untuk bubar setelah album kedua dirilis. Untuk reuni yang kabarnya sempat berkembang pada tahun 2007 tampaknya tidak akan terjadi. Keinginan kuat pada Darren untuk bersolo karierlah yang sangat tidak memungkinkan Savage Garden muncul kembali. Meski begitu, Darren mencoba peruntungannya sebagai solois. Meski tidak seberapa sukses, namun single yang dihasilkannya seperti “Insatiable” sempat wara wiri di chart, dan sampai saat ini tidak ada sesuatu yang istimewa baik dari album maupun single dari sang vokalis. Sedangkan Jones sendiri memulai bisnis pribadinyam yakni membuat label rekaman studio dengan nama Meridien Musik dan bertujuan mewadahi penyanyi berbakat di Australia, Bachelor Girl salah satunya yang menjadi jebolan label milik Daniel.

Sebagai akhir kebersamaan mereka, Truly Madly Completely: The Best of Savage Garden dirilis yang berisikan single-single terbaik mereka. Selain dirilis dalam bentuk standar CD, edisi terbatas dalam format CD dan DVD juga tersedia dengan berisikan 7 buah video klip. Tidak hanya berisikan single-single terbaik mereka, Darren Hayes juga menyumbangkan satu buah single “So Beautiful”. Meski hanya mengeluarkan dua buah album, namun untuk ukuran grup seperti Savage Garden, menjual 30juta kopi di seluruh dunia merupakan angka yang luar biasa. Single-singlenya sendiri sampai saat ini masih akan selalu diingat, terutama “Truly, Madly, Deeply” single ballad yang akan membuat siapapun meleleh mendengarnya. “ I wanna stand with you on a mountain, I wanna bathe with you in the sea, I wanna lay like this forever, untill the sky falls down on meso romantic…

(Joe Ari Darius/CreativeDisc Contributors)

Related posts

Leave a Reply