Trending News

Blog Post

Top 10 Music Video: Red Hot Chili Peppers
Top 10 Lists

Top 10 Music Video: Red Hot Chili Peppers 

Sebagai band dengan perjalanan karir hampir 30 tahun, Red Hot Chili Peppers tentu saja memiliki banyak video musik yang berasal dari 10 album. Kebanyakan video mereka memang bercita rasa seni yang cukup tinggi, sehingga memang akan sedikit sulit untuk mengurutkan menjadi beberapa video terbaik. Namun, berikut ini 10 video mereka yang paling memorable, yang disortir berdasarkan survey melalui twitter dan juga team CreativeDisc.


10. Aeroplane
(Album : One Hot Minute – 1995)

Video untuk Aeroplane sedikit mengingatkan akan konsep video musik pada era 60-an dimana sang artis penyanyi berada disebuah panggung yang berada dalam studio yang diset sedemikian rupa. Biasanya menampilkan banyak penari sebagai gimmick untuk memeriahkan si penyanyi yang tengah tampil. Konsep yang sederhana ini justru mejadi sangat catchy saat RHCP menghadirkan banyak penari yang memakai kostum penuh glitter dan atribut-atribut yang berhubungan dengan pesawat udara. Kehadiran sekelompok anak-anak dipenghujung video menambah istimewa.
Lihat videonya.


09. Scar Tissue
(Album : Californication – 1999)

Video Scar Tissue diarahkan oleh Stéphane Sednaoui, yang sebelumnya telah mengerjakan video Give It Away. Konsepnya sederhana saja, RHCP tengah melakukan perjalanan dengan menggunakan sebuah mobil convertible berjenis Pontiac Catalina 1967. Keempat personel band terlihat lelah dan juga terluka, dengan perban dan darah disekitar tubuh mereka. John Frusciante terlihat mengendari mobil, sebagai metafora kembalinya ia ke band. Adegan lain memperlihatkan band di sebuah lokasi yang tampaknya bekas kebakaran. Terlihat Frusciante memainkan gitar yang tampak rusak dan terbuat dari kertas (?). Memang, meski terlihat sederhana, video ini justru bermain-main dengan metafora yang tengah terjadi dalam perjalanan karir RHCP.
Lihat videonya.


08. The Zephyr Song
(Album : By The Way – 2002)

Video The Zephyr Song dikerjakan oleh duo Jonathan Dayton dan Valerie Faris yang merupakan kolaborator setia RHCP. Dengan style kaleidoscope, dan dipenuhi dengan warna-warni, video ini terasa sangat pyshadelic sekali. Akan sangat susah menarik garis cerita yang linear, jika memang ada. Absurd namun juga terlihat indah, dimana efek visual cenderung pada teknik konvensional, mengandalkan kecakapan trik kamera ketimbang efek komputer.
Lihat videonya.


07. Under The Bridge
(Album : Blood Sugar Sex Magik – 1991)

Under The Bridge disutradarai oleh Gus Van Sant yang saat ini dikenal sebagai salah satu sutradara papan atas Hollywood. Van Sant diajak RHCP mengerjakan video ini karena keterlibatan Flea pada film yang tengah dikerjakannya bersama Van Sant yang berjudul My Own Private Idaho. Pada ajang MTV Video Music Awards 1992, video ini mendapat banyak nominasi, antara lain untuk video terbaik. Dengan nuansa ungu yang menyelimuti, videonya sendiri memakai teknik superimpose sebagai penyelaras adegan Kiedis yang bernyanyi dan juga berbagai footage sebagai latar belakangnya. Perpaduan antara seting outdor dan indor mempertebal kesan tematis yang ingin dibawa oleh videonya.
Lihat videonya.


06. Californication
(Album : Californication – 2000)

Dengan mengadopsi konsep video games, dalam video musik Californicationpara personel RHCP menjadi karakter dalam sebuah gim yang harus menuntaskan berbagai misi agar memeroleh kemenangan. Beberapa video games yang tengah populer saat itu pun kemudian menjadi referensi. Pengerjaan animasi 3Dnya cukup mulus, sehingga kita tidak saja seolah tengah menyaksikan sebuah alur video games akan tetapi juga sebuah animasi yang penuh dengan petualangan.
Lihat videonya.


05. By The Way
(Album : By The Way – 2002)

Konsep video yang disutradarai oleh duo Jonathan Dayton dan Valerie Faris (Little Miss Sunshine) ini tidak mengikuti alur lirik yang terdapat dalam lagunya. Alih-alih mempunyai narasi layaknya seperti sebuah film pendek. Film action lebih tepatnya. Dikisahkan Anthony hendak naik taksi. Yang ia tidak ketahui, sang supir taksi adalah seseorang yang cukup “menantang” secara kejiwaan. Sepanjang durasi, kita akan melihat sang supir taksi yang membawa mobilnya secara ugal-ugalan dalam kecepatan penuh. Melalui ponselnya, Anthony kemudian meminta teman-temannya untuk menyelamatkan dirinya. Adegan penuh aksi ini membuat video ini terasa penuh dengan adrenalin, terutama pada saat adegan Anthony mencoba keluar dari taksi gila tersebut dalam kecepatan tinggi.
Lihat videonya.


04. Dani California
(Album : Stadium Arcadium – 2006)

Video Dani California dikerjakan oleh Tony Kaye, yang juga menyutradari film kontroversial, American History X. Melalui video ini, RHCP tampaknya ingin mengenang dan juga memberi penghormatan pada sejarah music rock. Dibuka dengan gambar yang hitam-putih, RHCP tampak seperti peniru Elvis Prestley beserta anggota bandnya. Selanjutnya mereka bertranformasi menjadi The Beatles dan begitu seterusnya, mengikuti evolusi kejayaan musik rock itu sendiri sampai pada akhirnya mereka ditampilkan dengan menjadi diri mereka sendiri. Yang paling memorable mungkin saat Anthony dan kawan-kawan meniru gaya Kurt Cobain yang bergaya anteng.
Lihat videonya.


03. My Friends
(Album : One Hot Minute – 1995)

terdapat dua versi untuk single My Friends ini. Versi pertama adalah versi artistik yang disutradari oleh Anton Corbijn sedangkan versi kedua, yang disutradarai oleh Gavin Bowden, adalah yang tampil dengan sederhana, menampilkan RHCP di sebuah studio rekaman. Versi artistik dianggap terlalu absurd untuk konsumsi umum, sehingga RHCP merasa perlu untuk mengerjakan video yang lebih “umum”. Mungkin untuk era dimana video ini dilepas, agak sulit bagi kalangan awam untuk dapat menikmati video yang menampilkan RHCP dalam berbagai kostum yang surealis, termasuk berbaju perempuan tersebut, namun justru video inilah yang terasa berkesan dan bisa disebut sebagai salah satu musik video klasik.
Lihat videonya.


02. Otherside
(Album : Californication – 2000)

Kembali lagi merupakan kerjasama RHCP bersama duo duo Jonathan Dayton dan Valerie Faris. Kali ini mengambil inspirasi dari film ekspresionisme Jerman di awal abad ke 19. Tidak heran gambar-gambar pucat dan kelam dan cenderung monokromatis mendominasi. Atmosfir gothic pun kemudian memenuhi videonya, dimana adegan-adegan absurd memenuhi layar. Pemilihan tema seperti ini untuk music videonya terasa cukup tepat untuk mewakili esensi lagunya yang cukup gelap. Perpaduan ekspresionisme dan surealisme menjadikan Otherside tidak hanya artistik namun juga salah satu video terbaik yang pernah dikerjakan oleh RHCP.
Lihat videonya.


01. Give It Away
(Album : Blood Sugar Sex Magik – 1991)

Dishot dalam warna hitam-putih, video Give It Away adalah hasil karya sutradara Stéphane Sednaoui. Latar belakang Sednaoui sebagai fashion photographer jelas sangat mempengaruhi dalam pengerjaan video ini. MV ini tidak memiliki narasi yang linear. Well, mungkin nyaris tidak memiliki narasi yang utuh, karena video sendiri seperti kumpulan montase para personel RHCP dalam mengekspresikan diri mereka masing dalam kostum yang cukup kinky. Sednaoui kemudian bereksperimen dalam berbagai teknik sinematografi, seperti pengambilan angle kamera yang tidak biasa, reverse effect, teknik editing dan sebagainya. Hasilnya seperti sebuah pameran artistik sebuah hasil karya fotografi, namun juga tetap enerjik sebagai sebuah music video. Rasanya video ini salah satu yang sudah bisa dianggap klasik dari barisan video musik yang dikerjakan oleh RHCP.
Lihat videonya.

(Haris / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply