Trending News

Blog Post

Album of The Day: Joe Jonas – Fastlife
Album of The Day

Album of The Day: Joe Jonas – Fastlife 

Released by: Universal Music Indonesia

Terlalu naif kalau mengotakkan proyek solo Joe Jonas lewat sampul album “Fastlife” ini sebagai suatu “do or die”. Mengingat dalam kumpulan Jonas Brothers pun sudah ada pergerakan corak musik, sehingga gerakan lainnya yang timbul dalam tampilan musik sendiri a la Joe Jonas merupakan tahapan evolusi lanjutan. Dalam menapaki tahapan itu, Joe dibantu oleh nama-nama yang berkompeten membidangi dancepop, antara lain Danja, Rob Knox, Brian Kennedy, Adonis Shropshire, dan Hit-Boy. Karya dari orang-orang tersebut pernah kita nikmati lewat vokal Britney Spears, Justin Timberlake, Jesse McCartney, Ciara, juga Chris Brown. Dan di banyak lagu, Joe ikut menulisnya. Suatu kebiasaan yang sudah dimulai saat masih bermusik bersama saudara-saudaranya.

Bermodalkan hal tersebut, album yang dirilis pada 11 Oktober 2011 ini mendapat review yang lumayan positif. Beberapa menyebutnya sebagai album yang personal sehingga tercermin kesan effortless. Yang lain menandai album ini sebagai transisi menuju kedewasaan bermusik. Sedangkan untuk Joe sendiri, album ini memang sengaja dikondisikan sebagai rekaman yang upbeat, sehingga para pendengar bisa menangkap konsep fun yang merupakan tujuan utamanya. Bisa dipastikan, asupan danceable track tersebut dominan di album ini. Di track pembuka ‘All This Time’, single andalan kedua ‘Just In Love’ (termasuk versi remix yang menampilkan rap oleh Lil Wayne), dan juga track yang menjadi judul album ini ‘Fastlife’.

Begitu juga dengan lagu-lagu slow dalam album ini, menjadi punya rasa dancey karena beat yang diperdengarkan mengajak kesitu. ‘Sorry’, ‘Lighthouse’, dan juga single pertama dari album ini ‘See No More’. Beat yang ada menguasai cerita yang tertanam dalam liriknya. Meskipun demikian, ini bukanlah sebuah kelemahan. Justru kecerdikan dalam mengepak makna yang mellow ke sajian yang enjoy. Minusnya album ini terletak pada beat yang generik dan cenderung mengantarkan kita pada titik jenuh. ‘Love Slayer’, ‘Make You Mine’, dan ‘Kleptomaniac’ punya potensi untuk itu.

Apakah album ini bisa diterima merupakan tantangan tersendiri yang harus Joe hadapi. Di samping betapa personalnya album ini untuk Joe tentang sedikit cuplikan dari kehidupan yang dialaminya beberapa tahun ke belakang, sound yang ditawarkan merupakan kejutan. Mengingat tidak semua orang menyukai yang namanya kejutan, disitulah terletak tantangannya. Berkaca dari kesuksesan yang diraih oleh Rob Thomas saat menggelar musiknya di luar band Matchbox Twenty, ada harapan buat Joe bisa meraih hal serupa. Sudah pernah ada contoh yang bisa diterima, saat tampilan musik solo begitu berbeda dari tampilan musik bersama band. Selanjutnya, you decide!

Official Website

Rate this album: [ratings]

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “All This Time” Joe Jonas, Nathaniel Hills, Kevin Cossom, Marcella Araica Danja 4:27
2. “Just in Love” Jonas, Robin Tardoss, James Fauntleroy II, LaShawn Daniels Rob Knox 3:27
3. “See No More” Jonas, Brian Kennedy, Chris Brown Brian Kennedy 3:52
4. “Love Slayer” Jonas, Hills, Cossom, Araica Danja 4:10
5. “Fastlife” Jonas, Tardoss, Fauntleroy II, Daniels Rob Knox 4:01
6. “Make You Mine” Jonas, Hills, Claude Kelly, Araica Danja 4:12
7. “Sorry” Jonas, Tardoss, Fauntleroy II, Daniels, Nuno Bettencourt Rob Knox 5:03
8. “Kleptomaniac” Tiffany Fred, Adonis Shropshire Adonis Shropshire 4:04
9. “Not Right Now” Jonas, Hills, Cossom, Araica, James Washington Danja 3:49
10. “Take It and Run” Hills, Cossom, Araica Danja 4:36
11. “Lighthouse” Chauncey Hollis, Brown, Kevin McCall Hit-Boy 3:45
12. “Just in Love” (featuring Lil Wayne) Jonas, Tardoss, Fauntleroy II, Daniels, Dwayne Carter Rob Knox 3:27

Related posts

Leave a Reply