Trending News

Blog Post

Album of The Day: Patrick Stump – Soul Punk
Album of The Day

Album of The Day: Patrick Stump – Soul Punk 

Sebagian besar orang mengenal Patrick Stump sebagai vokalis dari band Fall Out Boy namun karena pada saat ini Fall Out Boy sedang dalam masa hiatus maka Patrick memutuskan untuk menjalankan project sebagai solo artis dan direleaslah debut album Soul Punk ini. Patrick sudah mengumumkan bahwa Ia akan segera membuat solo album sejak Januari 2010 dan proses pembuatan album ini ternyata memakan waktu jauh lebih lama dari apa yang diperkirakan sehingga Patrick sempat mengeluarkan sebuah EP untuk para fansnya yang sudah tidak sabar menunggu debut albumnya ini. Hal yang spesial dari album ini adalah Patrick menulis semua track dalam album ini, memproduseri sendiri album ini hingga memainkan semua instrumen dalam album ini. Bagi anda yang sudah mengenal Patrick tentunya tidak terlalu kaget karena Patrick adalah seorang instrumentalis yang handal dengan vocal di atas rata-rata. Seperti apakah sound yang ditawarkan dalam album ini, apakah mirip dengan musik yang disajikan Fall Out Boy atau Patrick mencoba untuk keluar dari zona amannya? Mari kita simak bersama-sama.

Melihat lebih jauh ke dalam album berisi 11 track ini, ternyata Patrick mencoba sebuah jalur musik yang berbeda dengan Fall Out Boy dengan mengambil jalur synthrock. Sebuah statement cukup mengejutkan dikeluarkan Patrick bahwa jalur rock bukanlah jalur yang dinikmatinya dan genre RnB adalah genre yang digemarinya sejak Ia kecil sehingga tidaklah heran apabila anda bisa merasakan balutan RnB dalam sebagian lagu dalam album ini. Album ini dibuka oleh sebuah track berjudul Explode. Intro dibuka oleh bebunyian synth serta dentuman drum dan kita bisa mendengar suara Patrick yang powerful mengisi bagian verse. Kemampuan Patrick sebagai composer tidak perlu diragukan dan Ia berhasil menaruh sebuah hook dalam chorus dalam lagu ini. Track selanjutnya ada single pertama dari album ini yaitu The City dalam versi solo dimana tidak menampilkan rap dari Lupe Fiasco. Dari segi musik tidak ada perubahan yang berarti dan kita bisa mendengar bagaimana instrumen drum mendominasi verse dengan ketukannya yang unik. Bagian chorus, sekali lagi Patrick berhasil menaruh racun dengan melodinya yang catchy. Untuk bisa benar-benar lepas dari sound Fall Out Boy tidaklah mudah karena Patrick adalah composer dari lagu-lagu Fall Out Boy sehingga beberapa lagu dalam album ini kita masih bisa mendengar aura Fall Out Boy terutama dari album Folie a Deux dalam lagu Dance Miserable, The I in Lie dan Coast. Kalau anda sempat mendengar lagu Spotlight, maka lagu tersebut juga ada dalam album ini dalam versi New Regrets.

Anda mungkin mengatakan bahwa Patrick mencoba mengikuti trend yang ada pada saat ini dengan mengambil jalur electropop yang menggunakan synth sebagai senjata utamanya, tetapi Patrick berhasil mengolah sound yang dihasilkan dalam album ini dengan baik dan sehingga tidak menimbulkan kesan jenerik. Dalam lagu Run Dry, kita bisa mendengar melodi keyboard mendominasi bagian intronya dan memasuki verse permainan bass dengan teknik slap terdengar dominan. Lagu ini adalah sebuah lagu dengan instrument based yang kuat dan salah satu lagu terbaik dalam album ini. Pada lagu Everybody Wants Somebody kita bisa mendengar bagaimana keahlian Patrick memainkan trumpet dan lagu ini juga memiliki beat yang unik dengan adanya bunyi clapping sound pada bagian versenya. Memasuki chorus, bassline yang catchy menjadi sajian utama serta hook pada bagian akhir chorusnya membuat kita ingin untuk ikut bernyanyi. Salah satu lagu yang spesial dalam album ini adalah Allie dimana lagu ini tidak menampilkan synth melainkan lagu dengan instrument based yang utuh. Dalam lagu ini kita bisa mendengar keahlian Patrick bermain drum, gitar serta bass. Ya inilah lagu dimana Patrick menunjukkan diri bahwa Ia bukan seorang multi-instrumentalis yang kacangan. Album ini ditutup oleh This City versi duet dengan Lupe Fiasco.

Secara keseluruhan, album ini berhasil penyegaran bagi anda yang mungkin terbiasa mendengar lagu-lagu Fall Out Boy, dimana pada album ini anda bisa mendengar sisi lain dari seorang Patrick Stump. Secara chart mungkin album ini tidaklah sukses dan Patrick juga sudah menyiapkan diri untuk hal ini dengan mengatakan bahwa apabila Ia tidak akan charting melalui musiknya ini maka itu bukanlah sebuah masalah karena Ia hanya ingin membuat sebuah album yang Ia sukai. Para kritikus musik memberi review yang positif terhadap album ini dengan memberi nilai diatas rata-rata. Bagi anda yang penasaran seperti apa musik yang diusung Patrick sekarang, silahkan beli albumnya dan buktikan sendiri bahwa Patrick Stump bisa menghasilkan sebuah karya yang positif dengan atau tanpa Fall Out Boy.

Official website

Rate this album: [ratings]

(William Supardi / CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1) Explode
2) This City
3) Dance Miserable
4) Spotlight (New Regrets)
5) The “I” in Lie
6) Run Dry (X Heart X Fingers)
7) Greed
8) Everybody Wants Somebody
9) Allie
10) Coast (It’s Gonna Get Better)
11) This City (Feat. Lupe Fiasco)

Related posts

Leave a Reply