Trending News

Blog Post

Album of The Day: Switchfoot – Vice Verses
Album of The Day

Album of The Day: Switchfoot – Vice Verses 

Jika banyak band lain yang bongkar pasang ganti personil, tidak demikian dengan band yang satu ini, Switchfoot. Solid! itulah yang satu kata yang bisa diberikan untuk menggambarkan keberadaan band yang sampai saat ini masih beranggotakan dua bersaudara Jon Foreman pada posisi lead vokal dan gitar, Tim Foreman pada bass gitar serta backing vokal, Chad Butler dengan drum serta perkusi, Jerome Fontamillas pada gitar, keyboard serta backing vokal, terakhir Drew Shirley yang masih berada di posisi gitar serta backing vokal. Meski sebelumnya pernah merilis album EP (Extended Play) pada tahun 2010 lalu, namun album studio ke-tujuh mereka Hello Hurricane dirilis pada tahun dan 2009. Untuk semakin melengkapi kebersamaan mereka selama hampir 20 tahun berkarya, Vice Verses dirilis menjelang akhir 2011 ini.

Selain memproduseri sendiri, Vice Verses juga dibantu oleh beberapa produser lain yakni Neal Avron serta Mike Elizondo. Menilik asal usul nama album yang sedikit unik ini, Vice Verses yang juga merupakan track pada album ini, sebelumnya pernah dibawakan secara akustik pada tahun 2009 lalu, dan rencananya juga akan masuk untuk album Hello Hurricane, tapi terjadi perubahan rencana, “Vice Verses” pada akhirnya dirilis dan menjadi judul album ke-delapan band asal San Diego ini. Sedikit berbeda dengan album sebelumnya, Vice Verses mengambil jalur musikalitas yang lebih menitikberatkan pada pukulan drum serta permainan bas Tim Foreman, tapi jangan salah tidak ketinggalan juga instrumen musik lain yang masih tetap digunakan seperti biasa sesuai dengan porsinya.

Apa yang menyebabkan Jon Foreman dkk memilih nuansa musik seperti ini? Keputusan bekerja sama dengan Avron-lah yang sebeleumnya sudah bekerja sama dengan Yellowcard serta New Found Glory yang sedikit memberi perubahan. Tapi jangan khawatir, aroma permainan Switchfoot dkk masih tetap berjalan seperti biasa dan tidak menghilangkan ciri khas mereka. “Dark Horses” salah satunya track yang sekaligus menjadi single ini memang terdengar sangat garang pada distorsi gitarnya hingga berlanjut pada permainan drum, berat tapi mudah untuk dicerna. Begitu pula dengan “Afterlife” track pembuka dengan irama medium tempo ini menjadi pembuka yang sedikit menghentak dan ya, tentunya dengan lirik yang positif. Berlanjut dengan “The Original” dimana mengandalkan up-tempo dan mengajak pendengarnya untuk menjadi dirinya sendiri. Melalui “The War Inside”, Jon mulai bermain dengan permainan olah vokal yang berbeda .

“Restless”, “Thrive” serta “Souvenirs” yang dibawakan dengan nuansa ballad dipadu dengan rock tentunya. Bukan Switchfoot namanya jika tidak membuat track dengan nuansa akustik yang terdengar sedikit gelap melalui “Vice Verses”. Mau sesuatu yang berbeda? “Rise Above It” menjadi track yang sedikit catchy, funky dengan tipikal pop rock yang menghentak, funky musik yang lain? Dengarkan “Selling the News”, Jon Foreman tidak hanya bernyanyi tetapi sepanjang lagu tersebut ia berbicara selayaknya berdemonstrasi atau bahkan berjualan? Hemm, tergantung dari sudut pandang pendengar dalam menilai tentunya. Vice Verses ditutup oleh “Where I Belong” dengan balutan down tempo menjadikan track penutup yang sempurna.

Vice Verses secara keseluruhan memang terdengar berat pada awalnya. Meskipun begitu Switchfoot berani memberikan sesuatu yang sedikit berbeda dari album sebelumnya, dan pastinya Jon dengan cengkok vokalnya yang serak merupakan ciri khas tersendiri kelebihan band ini. Jon mampu memaksimalkan vokalnya dengan segala situasi musik yang dibawakan, hampir semua lirik di album ini ia ciptakan. Pada akhirnya album ini cukup memberikan sesuatu yang berbeda secara materi, pada lirik maupun segi musikalitas, di tengah maraknya musik pop, bubble gum, hingga r&b yang ditawarkan, Vice Verses menjadi materi rock alternative yang tidak perlu dipikirkan dua kali untuk didengar dan dikoleksi!

Official Website

Rate this single: [ratings]

(Joe Ari Darius/CreativeDisc Contributor)

TRACKLIST
1. “Afterlife”
2. “The Original”
3. “The War Inside”
4. “Restless”
5. “Blinding Light”
6. “Selling the News”
7. “Thrive”
8. “Dark Horses”
9. “Souvenirs”
10. “Rise Above It”
11. “Vice Verses”
12. “Where I Belong”

Related posts

Leave a Reply