Trending News

Blog Post

Billboard’s Top 20 Music Moments of 2011
Top 10 Lists

Billboard’s Top 20 Music Moments of 2011 

Serunya di akhir tahun adalah tradisi melihat ke belakang apa yang telah terjadi dan mengingat-ingat momen yang paling berkesan selama 12 bulan yang dijalani. Nah, bersama Billboard, mari kita melihat Top 20 Music Moments of 2011, dimana ada 20 peristiwa paling memorable dalam setahun ini yang pastinya akan kita kenang bertahun-tahun ke depan. Urutannya adalah berdasarkan yang kejadian lebih dahulu.

6 Februari: Lupa lirik lagu Nasional.
Momen lupa lirik lagu Nasional tahun 2011 ini yang paling sensasional adalah yang terjadi pada Christina Aguilera di Super Bowl. “The Star Spangled Banner” bertambah durasinya dengan pengulangan di bagian “What so proudly we hailed at the twilight’s last gleaming?”. Tapi kalau kamu kira ini adalah satu-satunya kekacauan terhadap lagu Nasional Amerika Serikat di tahun 2011? Salah. Karena Billboard mencatat beberapa penampilan lain yang gagal; Cymdi Lauper di semifinal US Open, Scotty McCreery di World Series, dan Lauren Alaina di pertandingan futbol saat Thanksgiving.

10 Februari: Friday, Friday, getting down on Friday
Jangan bilang tidak tau menahu soal Rebecca Black. Yep, sensasi YouTube ini mempremirkan video untuk lagu yang juga sensasional, ‘Friday’ di situs tersebut pada 10 Februari. Lirik lagu yang mengundang tawa, “Tomorrow is Saturday, and Sunday comes afterwards” juga penggunaan auto-tune yang maksimal mengundang khalayak ramai berbondong-bondong untuk menyaksikan kehebohannya. Parodi untuk ‘Friday’ pun dimunculkan di “Late Night With Jimmy Fallon” dan Glee Cast menyanyikan ulang lagu ini untuk episode “Prom”-nya.

13 Februari: Expect the Unexpected
Malam penghargaan Grammy adalah hal yang diprediksi sebagai malamnya Eminem dan Justin Bieber. Album “Recovery”-nya Em difavoritkan untuk memenangkan Album of the Year, sementara Justin Bieber adalah nama populer untuk memenangkan Best New Artist. Tapi kenyataannya, mereka berdua disalip masing-masing oleh Arcade Fire dan Esperanza Spalding. Saat diumumkan sebagai pemenang Album of the Year, Barbra Streisand yang menjadi pembaca pemenang melakukan kesalahan kecil ketika membacakannya, sehingga hadirlah pemberitaan lebih lanjut mengenai “Who Is Arcade Fire?”. Nama band ini kemudian menjulang dengan menjadi headliner di Coachella and Bonnaroo, sementara album baru Esperanza akan rilis tahun depan.

16 Februari: Lagu nomor 1 ke-1000 di Billboard Hot 100 Singles
Dalam 52 tahun sejarah chart Hot 100-nya Billboard, tahun ini didapatkan juara ke-1000 yang berhasil direbut oleh Lady Gaga dengan single ‘Born This Way’. “It is a tremendous honor. I would be silly not to say this is the greatest honor of my career,” ungkap Gaga mengenai keberhasilannya ini. Mantapnya, lagu ini debut di posisi juara dan bertahan disana selama 6 pekan. Video klipnya pun punya angka 85 juta views di YouTube.

22 Februari: Adele memulai the Year Of Adele
Nah, ini adalah tanggal perilisan album “21” di Amerika Serikat, dan seminggu berikutnya menjadi juara di chart Billboard 200 Albums. Minggu menjadi juara: 13, dan sampai sekarang masih betah menghuni Top 10. 13 juta kopi album ini terjual di seluruh dunia, dan single andalannya ‘Rolling In The Deep’ menjadi lagu pertama Adele yang juara di Amerika. Tak hanya itu, single ini pun kemudian menjadi juara di chart tahunannya. Selain ‘Rolling’, ‘Someone Like You’ adalah hit global lainnya yang membuat Adele ditetapkan sebagai Artis Penyanyi Tergalau.

22 Mei: Kembalinya Billboard Music Awards
Setelah absen lima tahun lamanya, Billboard Music Awards kembali lagi di 2011 ini. Ditayangkan oleh stasiun televisi ABC, BBMAs disaksikan oleh 7,9 juta penonton Amerika. Diselenggarakan di MGM Grand Arena di Las Vegas, acara ini menyuguhkan penampilan apik dari Beyonce, Britney Spears, Neil Diamond, dan masih banyak lagi.

23 Mei: 1st week album sale: over 1 million
Tak hanya single ‘Born This Way’ yang mengukir prestasi tahun ini, tapi juga album “Born This Way”-nya. Dalam seminggu dirilis, album ini mencetak angka penjualan di atas satu juta kopi di Amerika Serikat saja. Strateginya adalah dengan menjual “Born This Way” seharga 99 sen di Amazon secara digital di hari pertama perilisannya. Strategi ini yang kemudian memperketat Billboard dalam memasukkan angka penjualan ke chart mereka, dimana album di bawah harga $3.49 dan single di bawah harga $0.39 tidak akan dihitung sebagai angka penjualan.

21 Juni: Kebangkitan Artis lewat Talent Show
Tahun 2011 ini adalah refreshing untuk talent show di Amerika Serikat. Pertama, American Idol memakai Steven Tyler dan Jennifer Lopez untuk menggantikan Simon Cowell dan Kara DioGuardi, dimana pemenangnya Scotty McCreery menjadi artis country pertama yang album debutnya menjuarai chart Billboard 200. Kedua, acara The Voice dan The X Factor dimulai di Amerika Serikat. The Voice yang ditayangkan di NBC mendapat rating yang sangat bagus, dengan kolaborasi antarjurinya ‘Moves Like Jagger’ mengembalikan Maroon 5 (Adam Levine) dan christina Aguilera kembali ke puncak tangga lagu Billboard selama 4 minggu. Lagu tersebut ditampilkan untuk pertama kalinya di The Voice pada 21 Juni.

15 Juni: Perceraian
Pernikahan Jennifer Lopez dan Marc Anthony pada Juni 2004 lalu ternyata harus berakhir di Juni 2011. Dengan sangat mengejutkan, keduanya mengabarkan bahwa mereka telah sepakat untuk berpisah. Padahal dalam tayangan American Idol Season 10 dimana J.Lo menjadi jurinya, Marc kerap tampil, termasuk menjadi mentor bagi para kontestan di suatu episode. “This was a very difficult decision. We have come to an amicable conclusion on all matters. It is a painful time for all involved and we appreciate the respect of our privacy at this time,” ujar mereka ke media. J.Lo dan Marc dianugerahi anak kembar Emme dan Max yang berusia 3 tahun.

23 Juli: Penambahan 27 Club
Tanggal 23 Juli 2011 terjadi peristiwa tragis saat Amy Winehouse ditemukan meninggal dunia di rumahnya di London. Amy meninggal di usia 27, sehingga bertambahlah lagi artis yang masuk dalam daftar 27 Club, sebuah daftar populer yang merangkum kematian artis pada usia yang sama, yaitu 27 tahun. Meninggalnya Amy diketahui diakibatkan oleh keracunan alkohol. Pasca meninggalnya Amy, kita masih dapat mendengarkan lagu-lagu yang belum pernah rilis sebelumnya seperti “Lioness” yang dirilis pada pertengahan Desember lalu. Menurut produser Salaam Remi, masih ada sekitar 8 album lagi yang bisa dirilis dari Amy untuk 10 tahun ke depan.

30 Juli: Konser Tur Terbesar!
Di akhir Juli, U2 menyelesaikan rangkaian tur mereka. Menghasilkan laba kotor sebesar $736,421,586 dengan 7 juta tiket terjual di seluruh dunia lewat tur “360”. U2 adalah masternya! “This is what drives our business. This is what gets people excited about going to shows, this is what proves that we are the real deal as an industry,” ketua Global Touring Live Nation, Arthur Fogel memberi pernyataan.

8 Agustus: Perang melawan “Leak”
Kebocoran album memang membuat frustasi. Makanya, ucap syukur dari Jay-Z dan Kanye West yang berhasil menyimpan album kolaborasi mereka “Watch The Throne” anti-leak hingga album terbesut benar-benar rilis di 8 Agustus 2011. Selama berbulan-bulan menunggu dan serangkaian listening session yang diadakan, termasuk di American Museum of Natural History di New York, album ini tetap terjaga sehingga tidak mengalami kebocoran.

13 Agustus: Panggung Indiana State Fair rubuh
Angin kencang memporak-porandakan panggung Indiana State Fair di Indianapolis, mengakibatkan 7 orang penonton meninggal dunia dan lebih dari 40 orang terluka sesaat sebelum duo country Sugarland tampil. Investagasi mengenai rubuhnya panggung masih dijalankan, demikian juga dengan tuntutan para korban dan keluarga mereka yang ditujukan kepada Sugarland dan pemerintah daerah setempat. 30 menit sebelum rubuh, Sara Bareilles sempat tampil sebagai opening act untuk Sugarland.

17 Agustus: Thank God It’s Friday!
Nyaris gagal, terima kasih kepada Missy Elliott yang kemudian dipasang dalam versi remix ‘Last Friday Night (TGIF)’ yang akhirnya membuat Katy Perry mendapatkan lagu kelimanya yang duduk di kursi juara Billboard Hot 100 Singles yang berasal dari satu album, “Teenage Dream”. Kita semua tau bahwa satu-satunya artis yang bisa berlaku demikian adalah Michael Jackson, yang kini rekornya sedang ingin dilaju oleh Katy Perry yang akan membuat angka 5 in 1 menjadi 6 in 1. “Ever since I was 9 years old, singing into my hairbrush, I’ve dreamed very big dreams, but today is bigger than my dreams,” kenang Katy tentang 17 Agustus 2011.

28 Agustus: Beyonce hamil!
Kehadiran Beyonce di red carpet MTV Video Music Awards tahun ini tidak hanya membawa kejutan penampilan yang akan dilakukannya, tapi juga mengumumkan bahwa dirinya tengah hamil. Tak hanya gaun Lanvin merah yang dikenakannya saat menghadiri pagelaran akbar MTV tersebut yang menujukkan tonjolan perut B, tapi juga sequined tux Dolce & Gabbana yang dipakainya selagi menyanyikan ‘Love On Top’ di atas panggung VMA. Beyonce terus mengelus perutnya selama penampilan tersebut.

28 Agustus: Welcome to The F***ing Future
Tak hanya Arcade Fire dan Esperanza Spalding yang menjadi sorotan di tahun ini, tapi ada juga Tyler, The Creator yang memenangkan “Best New Artist” di VMA 2011. Ciri hip-hop mereka yang identik dengan kegelapan, lirik kontroversial, dan sikap yang konfrontatif diterima di arena pop dengan kemenangan di ajang MTV VMA tersebut.

5 Oktober: Rest In Peace, Steve Jobs
Keberadaan Steve Jobs dan Apple tidak hanya berpengaruh pada teknologi, tapi juga industri musik. Dirinya adalah salah seorang pelopor era musik digital di masa modern ini. Beliau meninggal dunia pada 5 Oktober dikarenakan oleh kanker pankreas.

2 November: Justin Bieber sudah dewasa
Kegemparan dimulai saat seorang wanita bernama Mariah Yeater mengaku bahwa dirinya telah melahirkan seorang anak yang bapaknya adalah Justin Bieber. Mariah pun menjadi sorotan atas tuntutannya kepada idola remaja tersebut. Sekarang, tuntutan Mariah telah dicabut, dan itu memberi keleluasaan bagi Justin untuk membina keharmonisan hubungan kasih antara dirinya dan Selena Gomez.

7 November: Putusan bersalah
Putusan bersalah kepada Conrad Murray, dokter Michael Jackson atas kematian sang King of Pop dikeluarkan. Proses persidangan selama 6 minggu menyatakan bahwa Murray-lah yang bertanggung jawab atas resep obat-obatan yang dikonsumsi MJ hingga menyebabkan beliau meninggal dunia pada tahun 2009 lalu. Pada 29 November, vonis 4 tahun pernjara dijatuhkan kepadanya.

30 November: Kebangkitan dubstep
2011 belum berhenti menaikkan nama-nama baru. Mendekati akhir tahun, Skrillex muncul dalam daftar unggulan Best New Artist Grammy tahun depan. Ini merupakan kejayaan musik elektronika menembus pasar mainstream, dimana untuk pertama kalinya DJ elektronika diunggulkan dalam ketagori tersebut di Grammy.

(Ai Hasibuan / CreativeDisc Contributor)

Related posts

Leave a Reply